x

Ditanya Hasil Laga Timnas Indonesia U-20 vs Hong Kong, Shin Tae-yong: Saya Bukan Tuhan

Kamis, 15 September 2022 19:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menargetkan kemenangan atas Hong Kong di laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Jumat (16/09/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menargetkan kemenangan atas Hong Kong di laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Jumat (16/09/22). Tapi, dia tak menjanjikan berapa gol yang akan dicetak.

Baca Juga

Baginya, tiga poin wajib diraih atas Hong Kong agar jalan ke babak utama Piala Asia U-20 tahun depan terbuka lebar. Skuad Garuda tidak boleh lengah karena banyak saingan dari grup lain yang mengincar tiket tersebut.

"Untuk pertandingan besok, wajib menang. Tapi untuk skornya, saya bukan Tuhan jadi tidak tahu," kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan tidak khawatir dengan pemain Hong Kong yang punya postur tinggi. Timnas U-20 harus bermain sebagai kesatuan untuk bisa kalahkan lawan.

Baca Juga

Hal tersebut sudah dibuktikan Vietnam yang membantai Hong Kong dengan skor 5-1 pada Rabu (14/09/22) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Kami tidak perlu khawatir masalah postur tubuh atau tinggi. Kami hanya fokus pada mobilitas dari 11 pemain yang akan dimainkan besok," tutur Shin Tae-yong.

"Semuanya akan tergantung pada mobilitas pemain Timnas Indonesia U-20 seperti apa untuk menang," imbuhnya.

Baca Juga

Untuk persiapan lawan Hong Kong, Shin Tae-yong memimpin latihan di Lapangan Thor, Surabaya, Kamis (15/09/22) siang tadi, mulai pukul 11.00 WIB dan berlangsung selama satu jam.

Dia sengaja memilih waktu latihan di siang hari dengan alasan khusus. Selain membuat jam istirahat pemain jadi lebih panjang, latihan siang membantu metabolisme pemain.

Pada laga perdana Grup F, Timnas U-20 menang 4-0 atas Timor Leste. Hokky Caraka jadi sorotan lewat tiga gol pada menit ke-12, 30 dan 49, sedangkan satu gol lainnya dilesakan Rabbani Tasnim menit ke-89. 


1. Evaluasi setelah Laga Kontra Timor-Leste

Shin Tae-yong masih menilai ada sejumlah catatan untuk evaluasi dari laga kontra Timor-Leste. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Shin Tae-yong masih menilai ada sejumlah catatan untuk evaluasi dari laga kontra Timor-Leste. Hal itu terindikasi dari lengahnya sejumlah pemain Timnas Indonesia dalam bertahan dalam mengantisipasi serangan lawan.

Timor-Leste terlihat beberapa kali memborbardir pertahanan Indonesia dengan serangan balik cepat.

Baca Juga

Sementara itu, Timnas Indonesia kini menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Tuan rumah miliki tiga poin, sama halnya dengan Vietnam, tapi kalah agresivitas gol.

Vietnam berhak ada di urutan pertama Grup F karena menang 5-1 atas Hong Kong pada laga kemarin sore.

Baca Juga

Dari empat negara di Grup F, hanya juara grup yang dipastikan lolos lebih cepat ke babak utama Piala Asia U-20. Sementara itu, runner-up masih harus bersaing dengan lima runner dari grup lain (5 runner-up terbaik)


2. Benamkan Timor Leste, Shin Tae-yong Beberkan Rahasianya

Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia menang atas Timor-Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Juru taktik Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong membeberkan rahasia sukses membenamkan Timor Leste di matchday pertama Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada Rabu (14/09/22).

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengatakan bahwa pasukan Garuda Muda pandai memanfaatkan momentum.

Diketahui sebelumnya jika Timnas Indonesia U-20 sukses mencapai ekspektasi publik sepak bola di Tanah Air, menyusul kemenangan telak 4-0 atas Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (14/9/22).

Kemenangan pada laga pertama babak Kualifikasi Piala Asia U-20 itu jelas menjadi modal berharga bagi tim berjulukan Garuda Muda itu mencapai target lolos ke putaran final.

Dengan hasil ini mengantar TImnas Indonesia U-20 menempel ketat Vietnam yang memuncaki klasemen Grup F dengan tiga poin, seiring kemenangan 5-1 atas Hong Kong.

Baca selengkapnya: Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Benamkan Timor Leste, Shin Tae-yong Beberkan Rahasianya

Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini