x

Timnas Indonesia U-20 Dapat Bocoran, Pelatih Vietnam Curhat soal Sisi Buruk Anak Asuhnya

Kamis, 15 September 2022 15:25 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-20 tampaknya bisa sedikit bersiap diri lantaran Pelatih Vietnam membocorkan sisi buruk anak asuhnya saat Kualifikasi Piala Asia U-20 20223. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-20 tampaknya bisa sedikit bersiap diri lantaran Pelatih Vietnam U-20 membocorkan sisi buruk anak asuhnya saat di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 telah dimulai, Timnas Indonesia U-20 maupun Timnas Vietnam berhasil mendulang poin penuh di pertandingan pertama mereka.

Baca Juga

Timnas Indonesia sendiri berhasil menaklukkan Timor Leste di laga perdana dengan skor telak 4-0, Rabu (14/09/22).

Serupa dengan Timnas Indonesia yang meraih kemenangan, Timnas Vietnam pun tampaknya juga demikian. The Golden Stars pun berhasil membabat Hong Kong dengan skor 5-1.

Torehan tersebut kini mengantarkan pasukan Dinh The Nam memuncaki klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 disusul oleh Timnas Indonesia di posisi kedua.

Baca Juga

Berhasil menang dan berada di puncak klasemen Grup F, tampaknya tak menjadikan sang pelatih Dinh The Nam ayem.

Pelatih berusia 57 tahun tersebut masih menyebut anak asuhnya memiliki banyak kekurangan, bahkan juga ada beberapa pemainnya yang masih merasa bingung beradaptasi saat berada di atas lapangan.

“Kami senang dengan skor tersebut, tetapi kami tetap ingin para pemain tampil lebih baik,” ujar Dinh The Nam dilansir dari Bongda.

Baca Juga

“Kecuali beberapa wajah yang pernah bermain di V-League, beberapa pemain lain bermain internasional di turnamen resmi untuk pertama kalinya, sehingga mereka tidak tampil bagus,”

“Seperti Thai Son atau Duc Anh, mereka baru bisa bermain di pertandingan persahabatan internasional dengan U-20 Palestina di Phu Tho, jadi masih ada kebingungan (adaptasi) saat bermain melawan U-20 Hong Kong," tambah pelatih Timnas Vietnam U-20 itu.


1. Dinh The Nam Ungkap Pemainnya Masih Kerap Loyo

Pelatih Vietnam, Dinh The Nam soal lawan Indonesia dan pemain yg diwaspadai. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Meraih hasil bagus tampaknya bukanlah akhir dari para pemain Timnas Vietnam U-20 untuk bebas dari kritikan, termasuk dari sang pelatih, Dinh The Nam.

Setelah mengakui bahwa anak asuhnya masih memiliki kesulitan saat beradaptasi dengan para pemain di atas lapangan, tampaknya ada hal lain yang juga disoroti oleh pelatih berusia 57 tahun tersebut.

Baca Juga

Dinh The Nam bahkan turut menyoroti ketika anak asuhnya justru mengendur setelah mereka berhasil memimpin pada pertandingan melawan Hong Kong kemarin.

Sang pelatih berujar bahwa para pemainnya memiliki masalah terkait daya tahan fisik dan semangat bersaing mereka setelah berhasil unggul jauh.

“Perlu dikatakan bahwa para pemain (Timnas Vietnam) agak kendur setelah memimpin 4 gol. Sampai batas tertentu, ini mungkin terkait dengan masalah kekuatan dan semangat bersaing,"

Baca Juga

Kendati begitu, Dinh The Nam tetap merasa puas. Meski dirinya menyadari bermain menyerang adalah solusi agar bisa lolos, ia tetap ingin menekankan hal lain kepada anak asuhnya.

Dinh The Nam berujar saat melawan Hong Kong, dirinya hanya ingin memupuk semangat kesatuan dan chemistry dari para pemainnya terlebih dahulu.

“Serangan eksplosif adalah solusi, tetapi saya masih ingin seluruh tim bermain lebih kompak sebagai sebuah tim,” ucap Dinh The Nam dilansir dari Bongda.

Baca Juga

Pelatih Timnas Vietnam U-20 tersebut juga turut menyoroti kegagalan timnya dalam melakukan cleansheet. Akan tetapi, Dinh tidak menganggap kesalahan para pemainnya sebagai sebuah kesalahan berarti.

“Ini adalah situasi di mana Van Khang mencoba untuk bermain bertahan. Khang terjerat dan tidak sengaja melakukan kesalahan,” kata Dinh The Nam.


2. Vietnam Beri Ancaman Untuk Indonesia

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 saat di Piala AFF U-19 2022.

Tekad Vietnam untuk menjadi kompetitor hebat bagi Timnas Indonesia U-19 mulai tergambar pada laga pertama Grup F Babak Kualifikasi Piala Asia U-20.

Vietnam sukses mengamankan tiga poin pertamanya saat melibas Hong Kong dengan skor telak 5-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (14/09/22).

Kemenangan ini membuat Vietnam untuk sementara berada di puncak klasemen Grup F dengan tiga poin dan surplus 4 gol (5-1).

"Kami menyambut baik atas hasil tiga poin. Ini momen baik sebelum kami menghadapi laga yang lebih sulit ke depan," beber Pelatih Vietnam, Dinh The Nam dalam sesi post-match press conferrence.

"Ini menjadi modal bagus untuk kami, karena dua laga ke depan sangat penting. Yaitu melawan Timor Leste dan juga Timnas Indonesia," ujar pelatih Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20, Dinh The Nam.

Baca Selengkapnya: Kualifikasi Piala Asia U-20: Libas Hong Kong, Vietnam Tebar Ancaman untuk Timnas Indonesia

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalVietnam U-19Timnas VietnamBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Dinh The NamKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini