x

Timnas Indonesia U-20 vs Hong Kong: Menanti Kejutan STY untuk Robi Darwis

Jumat, 16 September 2022 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Hong Kong di matchday kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Jumat (16/9/22) di Gelora Bung Tomo.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Hong Kong pada  matchday kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Jumat (16/09/22) di Gelora Bung Tomo.

Komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh mengaku tengah menantikan kejutan Shin Tae-yong, apakah Robi Darwis akan kembali tampil sebagai bek tengah.

Baca Juga

Perlu diketahui, Robi Darwis merupakan wonderkid Persib Bandung yang sejatinya berposisi sebagai gelandang bertahan.

Namun entah mengapa, saat Timnas U-20 menghadapi Timor Leste, Shin Tae-yong justru memasang Robi Darwis sebagai center back dan membantu pertahanan.

Hasilnya cukup memuaskan, Robi Darwis berhasil membawa Timnas Indonesia U-20 meraih cleansheet atau tidak kebobolan.

Baca Juga

Maka dari itu, menarik untuk menantikan apakah Robi Darwis akan kembali menjadi bek tengah, atau justru ada kejutan lainnya.

"Saya melihat eksperimen yang penuh risiko yang dilakukan oleh Shin Tae-yong, yakni menempatkan Robi Darwis di luar posisi aslinya," ulas Binder di Youtube.

"Shin Tae-yong memainkan Robi Darwis sebagai salah satu center back, ini bukan posisi natural dari Robi Darwis," lanjutnya.

Baca Juga

"Memang ini adalah pertandingan pertama dan melawan salah satu tim underdog, tapi kan tetap saja berisiko jika Robi Darwis tak bisa membaca pergerakan Timor Leste."

Secara kekuatan, Hong Kong mungkin lebih baik dari Timor Leste. Maka dari itu, Timnas U-20 tidak boleh sembarangan melakukan eksperimen jika tak mau permainan buyar.


1. Kontribusi Robi Darwis untuk Timnas U-20

Legenda Persib yang juga pelatih tim Porprov Kota Bandung, Robby Darwis berfoto bersama gelandang Persib, Robi Darwis di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (13/07/22).

Melihat penampilan Robi Darwis bersama Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, cukup menjanjikan. Ia bisa berkontribusi penuh walau jadi bek tengah.

Bahkan, Robi Darwis memberikan 2 assist dari 4 gol yang dilesakkan oleh Timnas Indonesia U-20. Tak pelak, gelandang muda Persib Bandung itu langsung menuai pujian.

Baca Juga

"Namun yang kita lihat, justru Robi Darwis terlihat nyaman bermain di lini pertahanan, karena dia bisa membaca serangan yang dibangun oleh Timor Leste," kata Binder.

Namun, menurut catatan Binder Singh, ada beberapa momentum di mana Robi Darwis dkk terlambat kembali ke lini pertahanan, sehingga Garuda Muda nyaris kebobolan.

"Robi Darwis juga sesekali ikut membantu membangun serangan, tiga center back maju ke lini tengah," ungkap Binder Singh.

Baca Juga

"Maka dari itu, beberapa kali kita terkena counter attack, karena terlambat untuk bisa balik ke posisi, apalagi gelandang bertahan juga ikut menyerang," ujar komentator itu.

Binder berharap saat Timnas Indosport U-20 bersua Hong Kong, hari ini, Jumat (16/09/23), Robi Darwis dkk tidak mengulangi kesalahan yang sama, agar tetap meraih cleansheet.

Baca Juga

"Lawan Hong Kong harus benar-benar rapat, mereka tidak boleh dianggap remeh, karena kan nanti Hong Kong juga bermain dengan 11 pemain," tegas Binder Singh.

"Saya juga menunggu apakah Robi Darwis akan kembali ditempatkan sebagai salah satu center back, atau dimajukan ke posisi naturalnya sebagai gelandang bertahan."


2. Prediksi Pemain Timnas U-20 vs Hong Kong

Selebrasi gol pemain Timnas Indonesia U-20 ke gawang Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Timnas Indonesia U-20 (3-5-2): Cahya Supriadi; Muhammad Ferrari, Robi Darwis, Dimas Juliono; Kakang Rudianto, Frengky Missa, Ginanjar Wahyu, Arkhan Fikri, Marselino Ferdinan; Rabbani Tasnim, Hokky Caraka.

Jadwal dan Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F:

Rabu, 14 September 2022

Vietnam 5-1 Hong Kong
Indonesia 4-0 Timor Leste

Jumat, 16 September 2022

Timor Leste vs Vietnam
Hong Kong vs Indonesia

Minggu, 18 September 2022

Hong Kong vs Timor Leste
Indonesia vs Vietnam

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Binder SinghRobi DarwisKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini