x

Momen Kiper Timnas Indonesia U-20 Cahya Supriadi Lakukan Penyelamatan Ciamik Sebelum Terkapar

Sabtu, 17 September 2022 09:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Penjaga gawang Cahya Supriadi melakukan penyelamatan ciamik untuk Timnas Indonesia U-20 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 sebelum terkapar di lapangan.

INDOSPORT.COM – Penjaga gawang Cahya Supriadi melakukan penyelamatan ciamik untuk Timnas Indonesia U-20 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 sebelum terkapar di lapangan.

Seperti diketahui, Cahya Supriadi mengalami cedera parah saat beraksi bersama skuad Timnas Indonesia U-20 melawan Hong Kong di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (16/09/22) malam WIB.

Baca Juga

Cahya Supriadi terkapar tidak sadarkan diri usai mengalami benturan keras dengan bek Timnas Garuda Nusantara, Rahmad Beri Santoso.

Rahang kiper muda Persija Jakarta itu terbentur dengan tendangan Rahmat Beri Santoso, yang bermaksud menyapu bola di area pertahanan di menit ke-60.

Kondisi Cahya pun sempat membuat seisi penonton di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya khawatir. Lantaran dia langsung dibopong keluar lapangan dengan mobil ambulance.

Baca Juga

Pihak medis bertindak sigap dengan langsung membawanya ke Rumah Sakit Mitra keluarga Satelit Surabaya. Beruntung, Cahya Supriadi dikonfirmasi sudah dalam keadaan sadar.

Hal ini tentunya membuat seluruh pendukung Timnas Indonesia lega dengan kondisi Cahya Supriyadi. Mengingat perannya belum tergantikan selama 2 laga Indonesia di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Cahya Supriadi sebelumnya juga turut mengantar Indonesia mengalahkan Timor Leste, Rabu (14/9/22) kemarin. Bahkan, dia mencatat clean sheet dalam kemenangan 4-0 itu.

Baca Juga

Dalam laga melawan Timor Leste tersebut, terdapat dua penyelamatan ciamik yang dilakukan Cahya Supriadi. Ini membuatnya dijuluki ‘Ter Stegen Karawang’.

Pertama terjadi pada menit ke-34. Penyerang Timor Leste, Zenivio Conceicao, mendapatkan bola dengan bebas di depan gawang Timnas U-19.


1. Aksi Save Ciamik Cahya Supriadi di Kualifikasi Piala Asia U-20

Kiper muda Persija Jakarta U-18, Cahya Supriadi.

Penyerang bernomor punggung 11 itu langsung melepaskan tendangan keras mengarah ke gawang. Namun, Cahya Supriadi dengan sigapnya melompat tinggi dan menepis bola dengan satu tangannya.

Baca Juga

Penyelamatan Cahya lainnya terjadi di menit ke-24. Luis Figo melakukan penetrasi berlanjut sepakan keras ke gawang. Namun, Cahya dengan sigapnya melakukan penyelamatan.

Sementara saat menghadapi Hong Kong, Cahya Supriadi bermain lebih tenang di bawah mistar gawang. Terutama di babak pertama, dia tidak banyak menerima tekanan.

Baca Juga

Namun satu-satunya upaya penyelamatan yang dilakukan Cahya Supriadi di laga tersebut justru berakhir bencana saat dia bertabrakan dengan rekan sendiri.

Cederanya Cahya Supriadi langsung direaksi Shin Tae-yong dengan menurunkan Aditya Arya Nugraha pada menit ke-60, saat kedudukan Timnas Indonesia U-20 sudah unggul 3-0.

Kiper muda milik Persebaya Surabaya itu pun tampil lugas saat harus menghadapi momen penalti akibat pelanggaran handsball.

Baca Juga

Dia sukses menepis tendangan penalti pemain pertama Hong Kong. Sayang, bola rebound sukses dituntaskan Chen Ngo Hin menjadi gol untuk mempersempit skor.

Selanjutnya, dua tambahan gol tercipta untuk memastikan Marselino Ferdinan dkk menang 5-1 atas Hong Kong pada matchday kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.


2. Kondisi Terkiri Cahya Supriadi Usai Terkapar

Kiper muda Persija Jakarta U-18, Cahya Supriadi.

Sementara itu, dokter Syarif Alfi, selaku Kepala Tim Medis PSSI, mengabarkan langsung kondisi Cahya Supriadi yang telah menjalani pemeriksaan CT Scan dan foto rontgen di kepala.

Menurut hasil pemeriksaan yang dikonsultasikan dengan dokter bedah syarag, kondisi Cahya Supriadi saat ini mulai membaik. Dia juga sudah sabar dan kondisi stabil.

"Setelah melalui observasi, kemudian pemeriksaan ct scan, dan foto rontgen di kepala, serta dikonsultasikan dengan dokter bedah syaraf, hasil CT Scan dan rontgen menunjukkan Cahya dalam keadaan baik,” ujar dr. Syarif Alwi, Head of Medical PSSI.

“Sekarang, pasien atau Cahya dalam keadaan sadar dan stabi. Doakan semoga ananda Cahya cepat sembuh,” lanjut  dr. Syarif Alwi.

Baca selengkapnya: Kondisi Terkini Kiper Timnas Indonesia U-20 Cahya Supriadi: Hasil CT Scan Tak Ada Masalah

Timor LesteHong KongKiperTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Cahya SupriadiKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini