x

Liga Inggris: Samai Rekor Assist Steven Gerrard, Kevin De Bruyne Sangat Gembira

Senin, 19 September 2022 22:04 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Liverpool Virgil van Dijk dan pemain Manchester City Kevin De Bruyne di Liga Inggris, Minggu (10/04/22). Foto: REUTERS/Phil Noble

INDOSPORT.COM - Kevin de Bruyne bahagia bisa membantu Manchester City menang sekaligus menyamakan rekor assist di Liga Inggris (Premier League) milik Steven Gerrard

Manchester City sukses meraih kemenangan telak saat menghadapi Wolverhampton Wanderers 3-0 di laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-8 di Stadion Molineux, Sabtu (17/09/22) lalu.

Baca Juga

Tim tamu unggul lebih dahulu melalui gol cepat Jack Grealish di menit ke-1. Erling Haaland kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-16.

Skor 0-2 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Manchester City masih menunjukan dominasinya. Alhasil mereka mencetak gol ketiga, lewat kaki Phil Foden di menit ke-69.

Satu pemain jadi sorotan di laga ini yakni Kevin De Bruyne. Gelandang asal Belgia ini memang tidak mencetak gol, tapi kontribusinya sangat vital dengan sumbangan dua assist.

Baca Juga

Ia jadi pelayan untuk gol Jack Grealish dan Phil Foden. Total De Bruyne telah mengemas 92 assist di pentas Liga Inggris, dan menjadikannya sebagai salah satu mesin assist terbaik di kompetisi ini.

Tidak hanya pandai memberikan umpan, tapi ia juga cukup tajam di depan gawang lawan. Buktinya, ia sudah membuat 58 gol untuk Manchester City di Liga Inggris.

De Bruyne mencatatkan statistik itu bersama dua klub, yakni Chelsea dan City. Namun, hampir semuanya ini dia bukukan bersama City.

Baca Juga

Jumlah 92 assist itu juga membuat sang gelandang berada di peringkat ketujuh pemasok assist sepanjang masa. Legenda Manchester United, Ryan Giggs, masih berada di puncak dengan 162 assist.

''Bagus untuk membantu tim saya. Saya berusaha menciptakan peluang sebanyak mungkin untuk tim, dan jika mereka mencetak gol, saya akan memberikan assist," ujarnya.

"Itu pekerjaan bersama dan bagus bisa melakukan itu. Saya telah melakukan hal yang sama sejak datang ke sini. Itu masih terus berlangsung,'' kata De Bruyne, dikutip dari Manchester Evening News.


1. Catatan Assist Kevin De Bruyne

Selebrasi pemain Manchester City, Kevin De Bruyne usai mencetak gol ke gawang Liverpool di Liga Inggris, Minggu (10/04/22). Foto: Reuters/Carl Recine

Total, pemain internasional Belgia itu telah mengoleksi 92 assist dalam 127 pertandingan di Liga Inggris.

Jumlah itu sama dengan yang dihasilkan legenda Liverpool, Gerrard, yang memainkan pertandingan dua kali lipat lebih banyak dari De Bruyne. 

Baca Juga

Jumlah 92 assist itu juga membuat sang gelandang berada di peringkat ketujuh pemasok assist sepanjang masa. Legenda Manchester United, Ryan Giggs, masih berada di puncak dengan 162 assist.

Meski perannya cukup vital terhadap performa Manchester City dalam meraih kemenangan, namun publik justru kerap mengelu-elukan pemain yang mencetak gol seperti Erling Haaland misalnya.

Sikap itu membuat mantan pemainnya, Joleon Lescott geram. 

Baca Juga

Menurutnya mereka selalu memuji penampilan Erling Haaland tanpa menyisakan pujian sedikit pun kepada penggawa lain, termasuk Kevin De Bruyne.

Padahal, De Bruyne merupakan salah satu pemain yang paling berjasa di Man City dalam kurun waktu beberapa musim terakhir.

Namun, sejak kedatangan Haaland di bursa transfer musim panas, pujian yang dilontarkan para fan kepada De Bruyne menurun tajam.

Baca Juga

"Sangat lucu ketika melihat Erling [Haaland] lebih sering diperbincangkan akhir-akhir ini. Bahkan, pahlawan tim ini, Kevin [De Bruyne] sampai tak terdengar lagi namanya," kata Lescott kepada BT Sport.


2. Ketar-ketir Halaand Cedera, Guardiola Sampai Kirim Tim Medis

Pep Guardiola saat memimpin Manchester City di ajang Piala FA melawan Fulham (05/02/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola khawatir dengan kondisi Erling Braut Haaland di kompetisi UEFA Nations League

Sehingga Pep Guardiola mengirim tim medis kepercayaannya di Manchester City, untuk mendampingi Erling Haaland menghadapi ajang UEFA Nations League.

Kondisi itu dimaksudkan untuk tetap menjaga kondisi, dan kebugaran Erling Braut Haaland selama meninggalkan klub saat jeda internasional, untuk membela negaranya.

Melansir dari Daily Mail, Guardiola mengirimkan Mario Pafundi, yang merupakan fisioterapis olahraga, yang ditunjuk sejak musim pertama pelatih asal Spanyol itu di The Cityzens.

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh pelatih tim nasional Norwegia, Stale Solbakken, yang menganggap bahwa dirinya telah bergabung dengan skuatnya.

Baca selengkapnya: Ketar-ketir Halaand Cedera, Guardiola Sampai Kirim Tim Medis Kepercayaannya ke Skuad Norwegia
 

Manchester CityKevin De BruyneLiga Inggris

Berita Terkini