x

Update Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh: Disetujui DPR, Selangkah Berseragam Timnas

Selasa, 20 September 2022 17:50 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
INDOSPORT.COM – Berikut adalah update naturalisasi dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia yakni, Sandy Walsh dan Jordi Amat, yang dilaporkan akan siap mengikuti Piala Asia 2023. Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah berlangsung sejak lama. Pasalnya kedua pemain diharapkan bisa segera membela tim nasional Indonesia. Dilaporkan bahwa sidang paripurna Komisi III dan X DPR RI, telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk dua bakal calon pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh. Melansir dari situs resmi DPR, hal tersebut dilakukan berdasarkan Surat Presiden nomor R26 dan R27 tanggal 17 Juni 2022, tekait proses naturalisasi Jordi dan Sandy. Rapat tersebut menindaklanjuti permintaan dari pimpinan DPR RI serta pimpinan Fraksi-Fraksi pada tanggal 19 September 2022, untuk membahas Surat Presiden diatas. Sehingga, dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-5, yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Korpolkam, Lodewijk F. Paulus, telah menyetujui naturalisasi Jordi Amat, dan Sandy Walsh. Selanjutnya, menunggu keputusan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang dituangkan lewat surat Keputusan Presiden. Dan jika semuanya lancer, maka Jordi dan Sandy akan segera mengucap sumpah atau janji sebagai Warga Negara Indonesia, di kantor wilayah atau Kanwil Kemkumham yang ditunjuk. Jordi Amat sendiri saat ini memperkuat klub Liga Malayasia, Johor Darul Ta’zim. Sedangkan, Sandy Walsh masih membela KV Mechelen, klub divisi pertama Liga Belgia. Sebelumnya, keduanya diharapkan bisa tampil membela Timnas Indonesia, kala menghadapai Curacao, dalam laga pershabatan FIFA matchday. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM – Berikut update dua pemain naturalisasi timnas Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat, yang dilaporkan akan siap mengikuti Piala Asia 2023.

Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah berlangsung sejak lama. Pasalnya, kedua pemain diharapkan bisa segera membela timnas Indonesia.

Baca Juga

Dilaporkan bahwa sidang paripurna Komisi III dan X DPR RI, telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk dua bakal calon pemain timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Melansir situs resmi DPR, hal tersebut dilakukan berdasarkan Surat Presiden nomor R26 dan R27 per 17 Juni 2022, tekait proses naturalisasi Jordi dan Sandy.

Rapat tersebut menindaklanjuti permintaan dari pimpinan DPR RI serta pimpinan Fraksi-Fraksi pada Senin (19/9/22), untuk membahas Surat Presiden di atas.

Baca Juga

Sehingga, dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-5, yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Korpolkam, Lodewijk F. Paulus, telah menyetujui naturalisasi Jordi Amat, dan Sandy Walsh.

Selanjutnya, menunggu keputusan dari Presiden RI, Joko Widodo, yang dituangkan lewat surat Keputusan Presiden. Jika semuanya lancar, Jordi dan Sandy akan segera mengucap sumpah atau janji sebagai WNI di Kanwil Kemkumham.

Baca Juga

Jordi Amat sendiri kini memperkuat klub Liga Malaysia, Johor Darul Ta’zim. Sedangkan, Sandy Walsh masih membela KV Mechelen, klub divisi pertama Liga Belgia.

Sebelumnya, keduanya diharapkan bisa tampil membela timnas Indonesia, kala menghadapi Curacao, dalam laga uji coba berlabel FIFA matchday.


1. Peluang Jordi Amat dan Sandy Walsh Main vs Curacao

Timnas Indonesia memulai persiapan jelang menghadapi laga FIFA Match Day melawan Curacao pada 24 dan 27 September mendatang. Foto: PSSI

Agenda terdekat yang akan dijalani tim nasional Indonesia adalah melawan Curacao, dalam laga uji coba, pada Sabtu (19/9/22).

Pertandingan yang termasuk dalam agenda FIFA matcday tersebut rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/22).

Baca Juga

Dengan menindaklanjuti proes naturalisasi Jordi Amat, dan Sandy Walsh yang telah menunjukkan progress positif, maka keduanya berpeluang bisa memainkan debutnya sesegera mungkin.

Kendati demikian, Sekertaris Jendral PSSI, Yunus Nusi belum bisa memastikan bahwa keduanya bisa tampil dalam laga melawan Los Azulez.

Pasalnya, menurut Yunus, proses administrasi sudah selesai, sekarang tinggal menunggu keputusan Kepres, sehingga bisa dilanjutkan dengan pengambilan sumpah.

Baca Juga

Ditambah, kedunya juga masih harus menunggu pengesahan dari FIFA, setelah resmi menjadi warga negara Indonesia.

Diperkirakan butuh waktu satu hingga dua minggu dari FIFA untuk melakukan pengesahan karena terjadi perpindahan federasi.

Di sisi lain, diketahui, Jordi Amat merupakan keturunan Indonesia yang lahir dan besar di Barcelona, Spanyol. Pemain sepak bola berusia 30 tahun itu mengaku memiliki darah Indonesia dari neneknya.

Baca Juga

Sementara, Sandy Walsh lahir di Belgia dari ayah kelahiran Inggris keturunan Irlandia, dan ibunya kelahiran Swiss-Belanda keturunan Indonesia.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa keduanya masih memiliki darah Indonesia, seperti permintaan dari pelatih Indonesia, Shin Tae-yong yang hanya menginginkan pemain keturuan Indonesia.


2. Saingan Utama Indonesia untuk Tuan Rumah Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat preskon usai pertandingan.

PSSI menilai Korea Selatan adalah pesaing untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Indonesia telah mengajukan penawaran untuk empat tahun tersebut. 

Seperti diketahui, ada negara yang mengajukan diri jadi tuan rumah Asia tahun depan, setelah tiga China diri. Tiga negara itu adalah Indonesia, Korea Selatan dan Qatar.

Ada Australia yang juga sempat tertarik, tapi kemudian menarik diri sewaktu-waktu sebelum penutupan penawaran. 

Baca selengkapnya: PSSI Sebut Negara Shin Tae-yong jadi Saigan Utama untuk Tuan Rumah Piala Asia 2023

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalLiga IndonesiaSandy WalshJordi Amat

Berita Terkini