x

3 Fakta Mencengangkan Kim Min-Jae, Eks Anak Asuh Shin Tae-yong yang kini Cemerlang di Napoli

Rabu, 21 September 2022 00:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Kim Min-jae pemain anyar Napoli. Foto: Instagram@kimminjaetv

INDOSPORT. COM - Bek tengah asal Korea Selatan, Kim Min-jae, mampu menunjukkan performa cemerlang bersama Napoli, di sepanjang bergulirnya awal musim 2022/23.

Kim Min-jae sebenarnya masih tergolong penggawa anyar, karena baru direkrut Napoli pada bursa transfer musim panas 2022 kemarin.

Pelatih Napoli, Luciano Spalletti, mendatangkan bek berusia 25 tahun itu dari klub Liga Turki, Fenerbache, seharga 18,5 juta euro.

Baca Juga

Menjalani musim perdananya berseragam Partenopei, karier Min-jae langsung melejit, bahkan menjadi tumpuan utama lini belakang timnya.

Ia tercatat hanya sekali absen dari total sembilan laga resmi yang telah dimainkan Napoli pada awal musim ini, baik Liga Italia, maupun Liga Champions.

Sementara dalam delapan laga yang mana Min-jae turun berlaga, ia selalu merumput selama 90 menit penuh, alias tidak tergantikan.

INDOSPORT lantas coba mengulas lebih jauh mengenai profil Min-jae, yang ternyata diselimuti sejumlah fakta mencengangkan!


1. 1. Eks Anak Asuh Shin Tae-yong

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Korea Selatan.

Karier sepak bola Kim Min-jae diselimuti kisah masa lalu yang cukup dekat dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Min-jae ternyata pernah beberapa kali merasakan ditangani langsung oleh Shin Tae-yong di skuat Timnas Korea Selatan.

Sekitar tahun 2017 hingga 2018, Shin Tae-yong masih melatih Timnas Korea, sementara Kim Min-jae menjadi salah satu pemain yang diandalkan.

Shin Tae-yong tercatat tujuh kali memainkan Kim Min-jae untuk mengisi barisan pertahanan Korea dalam laga internasional.

Baca Juga

Bahkan Min-jae sebenarnya masuk ke proyeksi skuat utama Korea rancangan Shin Tae-yong yang hendak dibawa ke Piala Dunia 2018.

Namun petaka terjadi sebulan sebelum Piala Dunia 2018 bergulir, Min-jae mendadak menderita cedera parah yang membuatnya harus absen panjang.

Usai Piala Dunia 2018 rampung, Min-jae comeback di skuat Korea dalam laga persahabatan kontra Costa Rica, 7 September 2018.

Namun Shin Tae-yong sudah tak melatih Korea lagi sejak 31 Juli 2018, dan posisinya digantikan oleh juru taktik asal Portugal, Paulo Bento.

2. Menjuarai Asian Games 2018 di Indonesia

Skuat Korea Selatan di Asian Games 2018

Sebulan sebelum comeback bersama Timnas senior Korea pada 7 September 2018, Kim Min-jae dipanggil Korea U-23 untuk berlaga di ajang Asian Games 2018.

Sepanjang mengikuti kompetisi yang diselenggarakan di Indonesia tersebut, peran Min-jae begitu vital buat timnya.

Ia menjadi tulang punggung lini belakang Korea U-23 hingga lolos ke babak final, dan akhirnya keluar sebagai juara.

Nama Min-jae hanya sekali absen kala Korea U-23 menang 2-0 atas Iran U-23 di babak 16 besar, sedangkan sisanya selalu tampil penuh sejak menit awal.


2. 3. Cemerlang Bersama Napoli

Aksi akrobatik pemain Napoli, Giovanni Simeone, saat melawan Liverpool di Liga Champions.

Kim Min-jae menunjukkan performa yang begitu mengesankan bersama skuat Napoli di awal musim 2022/23.

Ia mampu mendapatkan tempat utama di lini belakang, karena kinerja cakap Min-jae memang terlihat konsisten sejauh ini.

Tujuh pekan Liga Italia 2022/23 berjalan, Min-jae hanya sekali absen, dan mencatatkan rata-rata rating performa 7.46 versi situs Whoscored.

Angka rating tersebut merupakan yang tertinggi ketiga di antara seluruh pemain Liga Italia, hanya kalah dari Teun Koopmeiners (Atalanta) dan Paulo Dybala (AS Roma).

Baca Juga

Performa apik Min-jae yang terbaru adalah ketika membantu Napoli menghancurkan AC Milan di laga lanjutan Liga Italia pekan ke-7.

Bermain sejak menit awal, Min-jae sukses mengantarkan timnya meraih kemenangan 2-1 atas Rossoneri di San Siro.

Min-jae bermain sangat apik dalam laga itu, terbukti ia mendatkan rating performa 7.4 versi situs Whoscored (rating tertinggi di antara semua pemain Napoli).

NapoliLiga ItaliaShin Tae-yongKim Min-jae

Berita Terkini