x

Rapor Timnas Indonesia Saat Hadapi Tim Asal CONCACAF, Berpotensi Menang Lawan Curacao?

Rabu, 21 September 2022 10:26 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM – Menilik rapor pertemuan Timnas Indonesia dengan tim asal CONCACAF jelang duel FIFA Matchday melawan Curacao.

Timnas Indonesia akan melakoni FIFA Matchday dengan menjamu tim CONCACAF, yakni Curacao sebanyak dua kali pada jeda internasional saat ini.

Baca Juga

Dijadwalkan, Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao sebanyak dua kali masing-masing pada tanggal 24 dan 27 September 2022.

Laga ini sendiri telah dinantikan oleh Timnas Indonesia dan para pendukungnya. Sebab, duel ini memiliki dua tujuan penting bagi skuad Garuda.

Tujuan pertama adalah mengukur kekuatan Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong yang telah melatih selama dua tahun lebih.

Baca Juga

Lalu tujuan kedua adalah guna menaikkan ranking Timnas Indonesia di FIFA. Kebetulan, Curacao sendiri merupakan salah satu negara di 100 besar ranking FIFA.

Saat ini, Curacao berada di peringkat ke-84, sedangkan Timnas Indonesia berada di peringkat ke-155 atau terpaut 71 peringkat.

Jika Timnas Indonesia bisa menang atas Curacao nanti, ranking skuad Garuda pun akan melonjak drastis di ranking FIFA, yang jelas akan memberikan keuntungan.

Baca Juga

Terlepas dari hal tersebut, Timnas Indonesia sendiri belum pernah menghadapi Curacao dalam sejarah sepak bolanya.

Namun, Timnas Indonesia pernah menghadapi beberapa wakil CONCACAF dalam beberapa kesempatan. Lalu, bagaimana rapor skuad Garuda melawan wakil zona tersebut?


1. Head to Head Timnas Indonesia vs Wakil CONCACAF

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Tercatat, Timnas Indonesia telah bertemu tim-tim asal CONCACAF atau Konfederasi Amerika Utara, Tengah, dan Karibia itu sebanyak empat kali di ajang FIFA Matchday.

Adapun empat wakil CONCACAF yang dihadapi Timnas Indonesia sebelumnya adalah Jamaika, Kuba, Puerto Rico, dan Guyana dengan catatan 2 kemenangan, 1 hasil imbang dan 1 kekalahan.

Bagaimana hasil Timnas Indonesia melawan tim-tim asal CONCACAF? Apakah skuad Garuda punya potensi menang atas Curacao kelak? Berikut rapornya.

Baca Juga

1. Timnas Indonesia vs Jamaika

Timnas Indonesia pernah berhadapan dengan Jamaika pada 2007 silam di ajang FIFA Matchday. Saat itu, The Reggae Boyz merupakan tim kuat karena berada di ranking 97 dunia.

Meski begitu, Timnas Indonesia yang berada di ranking 133 dunia mampu membuat Jamaika mati kutu, dengan meraih kemenangan 2-1.

Saat itu, dua gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Bambang Pamungkas. Sedangkan satu gol Jamaika dicetak Wory Wolfe.

Baca Juga

2. Timnas Indonesia vs Kuba

Usai lama tak bertanding dengan wakil CONCACAF, Timnas Indonesia kembali melakoni pertandingan FIFA Matchday melawan Kuba yang merupakan wakil kawasan tersebut.

Hal tersebut terjadi pada 2014 silam, di mana saat itu Timnas Indonesia dilatih oleh Alfred Riedl. Sebagai informasi, pertandingan melawan Kuba sendiri digelar di tempat netral, yakni Spanyol.

Dalam pertandingan itu, Kuba mampu mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor tipis 1-0. Kekalahan itu pun dirasa cukup mengesankan bila melihat kondisi saat tim nasional saat itu.


2. Catatan Lainnya

Timnas Indonesia vs Jordania di laga kedua Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/06/22).

3. Timnas Indonesia vs Puerto Rico

Duel melawan wakil CONCACAF ini terjadi pada tahun 2017 lalu. Bisa dikatakan, laga ini adalah laga paling berimbang dibanding dua laga sebelumnya.

Bukan tanpa alasan mengapa laga ini disebut imbang. Selain karena hasil yang berkesudahan 0-0, laga ini mempertemukan dua tim yang punya ranking FIFA rendah.

Baca Juga

Saat itu, Timnas Indonesia berada di peringkat ke-162, sedangkan Puerto Rico berada di peringkat ke-166. Kesamaan posisi di ranking dunia pun membuat laga harus berkesudahan 0-0.

4. Timnas Indonesia vs Guyana

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia dengan wakil CONCACAF terjadi pada 2017. Selepas menghadapi Puerto Rico, skuad Garuda kemudian menantang Guyana 5 bulan kemudian.

Baca Juga

Soal ranking, Guyana saat itu hanya berada satu strip di atas Puerto Rico dan terpaut 3 peringkat dari Timnas Indonesia yang duduk di peringkat ke-162.

Hasilnya, Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan 2-1 atas Guyana. Saat itu dua gol skuad Garuda diborong oleh Ilija Spasojevic.

FIFAJamaikaTimnas IndonesiaPuerto RicoKubaBola InternasionalTim Nasional CuracaoGuyanaShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini