x

Nuansa Kental Belanda ala Curacao, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Selasa, 20 September 2022 18:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Para pemain Curacao yang dipanggil untuk lawan Timnas Indonesia. Foto: instagram/curacao_football.

INDOSPORT.COM - Curacao menjadi calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday yang laganya akan digelar pada Sabtu tanggal 24 September 2022.

Setelah itu, kedua tim bakal berhadapan lagi pada 27 September mendatang.

Baca Juga

Jelang duel akhir pekan nanti, Timnas Curacao sudah mencatatkan hasil yang impresif saat bertanding melawan tim-tim dari Asia.

Meski namanya mungkin tidak terlalu familier di telinga penikmat sepak bola awam, Curacao sudah pernah menghajar tim tangguh Asia, Vietnam, di ajang King’s Cup 2019.

Saat itu, mereka bermain imbang 1-1 melawan Vietnam di partai final, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Baca Juga

Akan tetapi, setelah 2x15 menit tidak ada satu pun tim yang berhasil mencetak tambahan gol. Alhasil, pertandingan beralih ke babak adu penalti.

Timnas Curacao pun tampil sebagai pemenang setelah unggul adu penalti dengan skor tipis 5-4 atas Vietnam.

Terlepas dari pertandingan menghadapi Vietnam tersebut, nampaknya cukup banyak orang masih belum tahu siapa sebenarnya Timnas Curacao ini.

Baca Juga

Curacao merupakan negara yang berada di wilayah Laut Karibia. Terdiri dari beberapa pulau kecil, ibu kotanya adalah Willemstad.

Selain itu, Curacao sempat menjadi bagian dari Belanda Antilles sampai tahun 2010 lalu.


1. Nuansa Belanda di Timnas Curacao

Pemain Curacao jelang hadapi Timnas Indonesia. Foto: instagram/curacao_football.

Lalu berbicara tentang tim sepak bolanya, Timnas Curacao ternyata tidak lepas dari nuansa Belanda seperti sejarah negara mereka dulu.

Dalam bahasa Belanda, tim sepak bola ini bernama Curaçaose Voetbal Bond (CVB) yang didirikan pada tahun 1921.

Baca Juga

Pelatih

Dimulai dari sosok pelatih yang didominasi orang-orang Belanda termasuk juru taktik yang sekarang, Remko Bicentini.

Lahir di Nijmegen, sosok yang satu ini pernah berprofesi sebagai pemain sepak bola meski kariernya hanya berkutat di level amatir.

Sejumlah klub yang pernah dibelanya adalah De Treffers, SJN, Nijmeegse Boys, VV Germania. Ia lalu ditunjuk sebagai pelatih tim sepak bola Belanda Antilles pada 2009 lalu.

Baca Juga

Ia sempat beberapa kali keluar masuk menangani Timnas Curacao selama berkarier sebagai pelatih. Yang terkini, ia kembali bergabung pada tahun 2022 ini.

Selain Remko Bicentini yang keluarganya juga berperan dalam membangun sepak bola di Caracao, timnas sepak bola negara ini juga sempat beberapa kali dibesut pelatih asal Belanda.

Dua di antaranya adalah Patrick Kluivert dan Guus Hiddink. Nama yang pertama, selain terkenal saat masih jadi pemain, sepak terjangnya di dunia kepelatihan dan manajemen juga sudah diakui.

Baca Juga

Selain menangani Curacao, mantan pemain Timnas Belanda ini juga pernah melatih tim junior Ajax dan Jong Twente.

Ia juga sempat menjabat sebagai petinggi di Paris Saint-Germain (PSG) dan akademi Barcelona yang sangat terkenal, La Masia.

 

2. Sempat Ada Guus Hiddink

Pemain Curacao jelang hadapi Timnas Indonesia. Foto: instagram/curacao_football.

Sementara itu, Guus Hiddink juga bukan nama baru di jagat sepak bola. Eks pemain PSV Eindhoven tersenut pernah menangani tim-tim besar seperti Real Madrid, Valencia, dan Chelsea.

Ia pun tutut mengabdikan diri di PSV Eindhoven sebagai juru taktik pada akhir tahun 1980-an sebelum kembali pada 2000.

Baca Juga

Di level timnas,Guus Hiddink pernah tercatat sebagai pelatih Australia, Korea Selatan, Belanda, Turki, Rusia, dan pastinya Curacao.

Setelah gagal membawa Curacao ke kualifikasi Piala Dunia 2022, pelatih kawak ini tertular COVID-19 pada tahun 2021, yang membuat Patrick Kluivert masuk sebagai pelatih sementara.

Tidak lama kemudian, Guus Hiddink secara resmi mengundurkan diri sebagai pelatih kepala Curacao dan mengumumkan pensiun dari karier kepelatihan dan manajemennya pada usia 74 tahun.

Baca Juga

Lalu ada Art Langelar yang ditunjuk Guus Hiddink saat menjabat direktur teknis Timnas Caracao pada April 2022.

Namun sayang kisahnya bersama Timnas Caracao tidak berlangsung lama. Ia angkat kaki bersama Guus Hiddink pada bulan Agustus lalu.

Pemain

Beralih ke para anggota Timnas Curacao yang beberapa di antaranya, bahkan cukup banyak, bermain di klub Belanda.

Baca Juga

Mereka tersebar di sejumlah klub seperti PEC Zwolle, TOP Oss, RKC Waalwijk, Jong PSV, dan masih banyak lagi.

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday pekan ini akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Sabtu (24/9/22) pukul 17.00 WIB.

Timnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoBerita Timnas IndonesiaOne Football

Berita Terkini