x

Ada Keputusan Cermat Shin Tae-yong di Balik Penampilan Marselino Ferdinan di Timnas Indonesia U-20

Senin, 19 September 2022 17:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan usai mencetak ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Minggu (18/09/22).

INDOSPORT.COM - Kesuksesan Timnas Indonesia U-20 melaju ke putaran final Piala Asia, tak lepas dari racikan taktik Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala.

Pelatih asal Korea Selatan itu memang cermat dalam mengambil keputusan, termasuk perihal pergantian pemain dengan pertimbangan kondisi fisik dan sebagainya.

Baca Juga

Hal itu tampak pada keputusannya yang selalu menurunkan Marselino Ferdinan tidak dalam waktu penuh alias 90 menit dalam 3 laga kualifikasi Grup F.

"Marselino Ferdinan harus saya perhitungkan kondisi fisiknya agar tampil prima," ucap Shin Tae-yong saat post-match press conferrence di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9/22).

"Dia sudah terlalu lelah di level klub karena selalu dimainkan secara penuh di kompetisi Liga 1," eks gelandang Seongnam Ilhwa Chunma tersebut.

Baca Juga

Perhitungan Shin Tae-yong memang akurat. Marselino Ferdinan benar-benar menjadi kartu as bagi Indonesia ketika turun baik sebagai pengganti maupun starter.

Bintang di lini tengah Persebaya Surabaya itu berkontribusi saat Indonesia melumat Timor Leste 4-0 Rabu (14/9/22). Kendati dia bermain sampai menit 63, sebelum digantikan Zanadin Fariz.

Sedangkan ketika mengalahkan Hong Kong 5-1 Jumat (16/09/22), Marsel ikut menyumbang gol pada menit 90, atau 10 menit setelah masuk menggantikan Arsa Ramadhan.

Baca Juga

Lalu ketika Indonesia mati-matian mengalahkan Vietnam Minggu (18/09/22), adik gelandang PSIS Semarang, Oktafianus Fernando itu lagi-lagi jadi pembeda hasil akhir.

Marselino membuka gol kemenangan Indonesia pada menit 60, setelah masuk sebagai pengganti Ronaldo Kwateh pada awal babak kedua.


1. Perhitungan Cermat

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan usai mencetak ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Minggu (18/09/22).

Hal ini pun semakin menegaskan bahwa Shin Tae-yong benar-benar tipikal pelatih yang memperhitungkan segala hal dengan cermat.

Bagaimana dia berani untuk tidak memberi waktu bermain secara penuh kepada Marselino Ferdinan, yang menjadi andalan utamanya di lini tengah Timnas U-20.

Baca Juga

"Dia juga belum pulih betul (kondisi fisiknya) sebelum bergabung dengan timnas. Itu lah alasan saya menurunkannya tidak secara penuh," urai STY.

Sehingga, peran Marsel yang sukses menjadi pembeda ketika Indonesia kesulitan membongkar pertahanan Vietnam harus diberikan apresiasi.

"Sebagai pelatih, saya harus mengerti kondisi pemain. Tapi dia lalu masuk, mencetak gol dan menambah kepercayaan diri tim ini mengejar kemenangan," tuntas dia.

Baca Juga

2. Pertama Kali

Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sementara itu, kemenangan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini menandai pertama kalinya Shin Tae-yong dan skuad Garuda Muda mengalahkan Vietnam.

Timnas Indonesia U-20 menaklukkan Vietnam dengan skor 3-2 laga pamungkas Grup F, Minggu (18/09/22) malam WIB. 

Hasil ini membuat Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.  

Timnas Indonesia di bawah besutan Shin Tae-yong sudah lima kali bertemu Vietnam pada semua ajang kelompok umur. Empat laga sebelumnya berakhir dua kali kalah dan dua kali imbang.

Shin Tae-yong dan murid-muridnya kalah telak 0-4 di kualifikasi Piala Dunia, 0-3 di SEA Games ke-31 Hanoi, serta hanya meraih hasil imbang 0-0 di Piala AFF 2020 dan 0-0 di turnamen Piala AFF U-29 2022.

Baca selengkapnya: Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia 2023, Catatan Impresif Shin Tae-yong Disorot Media Vietnam

Bola InternasionalMarselino FerdinanShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini