x

Teka-teki Pemanggilan M. Rafli ke Timnas, Pengamat Minta Shin Tae-yong Transparan

Selasa, 20 September 2022 14:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
M Rafli berselebrasi usai mencetak gol kedua Timnas U-23;

INDOSPORT.COM - Pemanggilan striker Arema FC, Muhammad Rafli ke timnas Indonesia menyimpan teka-teki. Apakah ada andil sang mertua, Iwan Budianto?

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong telah memanggil 23 pemain untuk membela timnas Indonesia di FIFA Matchday 2022, menghadapi Curacao.

Baca Juga

Sejumlah pemain Liga 1, hingga pemain yang berkarier di luar negeri, terpantau telah mengikuti TC timnas Indonesia di Bandung.

Menariknya, satu dari sekian nama yang dipanggil oleh Shin Tae-yong ke timnas, adalah Muhammad Rafli yang memiliki statistik kurang mentereng di Liga 1.

Mewakili banyaknya pertanyaan netizen, komentator dan pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel mengkritisi pemanggilan M. Rafli ke timnas Indonesia.

Baca Juga

"Ada empat striker dari 23 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, yaitu Dimas Drajat, Dendi Sulistyawan, Ramadhan Sananta, dan Muhammad Rafli," ungkap Bung Towel.

Tiga nama pertama, memang memiliki statistik yang mumpuni di Liga 1, sehingga layak dipanggil ke timnas. Namun, Rafli adalah pengecualian yang cukup aneh.

"Dimas Drajat memang memperlihatkan performa yang baik bersama Persikabo di awal musim, dengan empat gol dan satu assist," jelas Bung Towel lewat Youtube.

Baca Juga

"Dendi Sulistyawan dengan dua gol dan dua assist-nya, juga Ramadhan Sananta, pemain muda PSM Makassar yang di awal musim ini mencuri perhatian dengan tiga golnya."

"Namun Muhammad Rafli, striker Arema FC, sampai saat ini belum mencetak gol sama sekali. Kalau kita lihat performanya di Arema juga belum mengesankan," ujar Bung Towel.


1. Ada Faktor Iwan Budianto dalam Pemanggilan Rafli?

Iwan Budianto resmi terpilih jadi Wakil Ketua Umum PSSI mendampingi Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Secara statistik, Muhammad Rafli tampil dalam enam pertandingan bersama Arema FC di Liga 1 2022-2023. Striker berusia 23 tahun itu hanya sekali menjadi starter, sisanya cadangan.

Rafli juga sempat absen membela Singo Edan selama tiga pekan. Dilansir dari situs Transfermarkt, ia menderita cedera, tetapi belum diketahui cedera apa yang dimaksud.

Baca Juga

Hal ini semakin menambah teka-teki, apa alasan Shin Tae-yong memanggil M. Rafli ke timnas Indonesia, saat performanya masih belum impresif bersama klub di Liga 1 2022.

"Pertanyaannya, kenapa Muhammad Rafli dipanggil, bahkan bukan yang pertama kali. Kenapa Rafli menghuni timnas Indonesia secara reguler?" tanya Bung Towel lagi.

"Shin Tae-yong perlu menjawab apa yang jadi pertanyaan publik, terkait pemanggilan M. Rafli sebagai striker timnas Indonesia."

Baca Juga

Dari banyaknya spekulasi, ada satu yang paling mencuri perhatian, yakni hubungan antarai striker Arema FC, M. Rafli dengan Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.

M. Rafli menikah dengan Laras Carissa Devinta, yang notabene putri Iwan Budianto. Sehingga, relasi keduanya ialah menantu dan mertua.

"Sudah jadi rahasia umum, M. Rafli ini kan menantu dari Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, ini campur aduk, menggantung dan abu-abu," blak-blakan Bung Towel.

Baca Juga

"Kita ingin hindari dalam pengembangan sepak bola dan Timnas Indonesia, kita tidak ingin isu pemain titipan muncul, atau ada budaya sungkan dalam timnas," tegasnya.

"Menurut saya akan sangat baik jika Shin Tae-yong memberikan alasan yang clear, transparan di depan publik, sehingga tak ada gosip miring terkait pemanggilan ini."


2. Daftar Pemain Timnas Indonesia vs Curacao

Egy Maulana Vikri sudah bergabung dengan Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (19/05/21).

1. Asnawi Mangkualam Bahar - Ansan Greeners
2. Egy Maulana Vikri - FC Vion Zlate Moravce
3. Witan Sulaeman - AS Trencin
4. Elkan William Tio Baggott - Gillingham FC
5. Sadill Ramdani - Sabah FC
6. Pratama Arhan - Tokyo Verdy
7. Fachruddin Aryanto - Madura United
8. Rizky Ridho Ramadhani - Persebaya Surabaya
9. Marselino Ferdinan - Persebaya Surabaya
10. Koko Ari Araya - Persebaya Surabaya
11. Rachmat Irianto - Persib Bandung
12. Ricky Kambuaya - Persib Bandung
13. Marc Klok - Persib Bandung
14. Syahrian Abimanyu - Persija Jakarta
15. Muhammad Ferarri - Persija Jakarta
16. Muhammad Riyandi - Persis Solo
17. Yakob Sayuri - PSM Makassar
18. Muhammad Ramadhan Sanantha - PSM Makassar
19. Syahrul Trisna Fadillah - Persikabo 1973
20. Muhammad Dimas Drajad - Persikabo 1973
21. Muhammad Rafli - Arema FC
22. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara FC
23. Nadeo Arga Winata - Bali United

Iwan BudiantoTommy WellyTimnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoArema FCMuhammad RafliBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongBung Towel

Berita Terkini