x

Liga 1: Pelatih Kepala Persis Solo Belum Nongol, Jaime dan Rodri Masih Latihan Terpisah

Kamis, 22 September 2022 09:41 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Persis Solo belum memanfaatkan jeda Liga 1 Indonesia untuk adaptasi strategi baru, bahkan sosok pelatih anyar laskar Sambernyawa pun masih tanda tanya.

INDOSPORT.COM - Persis Solo belum memanfaatkan waktu jeda kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini untuk adaptasi strategi baru. Bahkan delapan hari jelang laga melawan PSM Makassar, pelatih anyar belum juga nongol.

Laskar Sambernyawa cukup lama menunda waktu untuk memilih pelatih baru, setelah Jacksen Ferreira Tiago mundur dari tim senior pada 19 Agustus 2022 lalu.

Baca Juga

Dalam sebulan ini, roda kepelatihan dipimpin Rasiman. Mantan asisten pelatih Madura United ini memimpin dalam lima partai di Liga 1 2022/2023.

Bali United menjadi tim terakhir yang dihadapi Rasiman. Setelah itu, Persis Solo sempat libur dan memulai latihan lagi pada Rabu (19/9/22) lalu.

Sempat ada kabar bahwa latihan perdana setelah libur akan dipimpin pelatih baru. Namun nyatanya, hingga latihan hari ketiga, program masih dipimpin Rasiman bersama staf kepelatihannya.

Baca Juga

Dari sumber terpercaya INDOSPORT, sosok pelatih baru ini sebenarnya sudah ada dalam genggaman. Namun begitu, ia masih belum tiba di Solo.

"Informasi yang saya dapat, pelatihnya dari Eropa. Nantinya Rasiman tetap ada dalam tim bersama pelatih baru ini karena progresnya bagus," kata sumber INDOSPORT yang enggan disebutkan namanya.

Pada latihan setelah libur, seluruh skuat sudah hadir dalam latihan yang berlangsung di Lapangan Banyuanyar, Solo, Rabu (21/9/22) sore.

Baca Juga

Salah satu nama yang merapat adalah Andri Ibo yang sempat absen pada latihan perdana. Begitu pula dengan Zanadin Fariz yang baru kembali setelah memperkuat Timnas Indonesia U-20.

Dalam sesi latihan ini, Jaimerson Xavier dan Fernando Rodrigues sudah ada di lapangan. Namun, keduanya masih menepi dan belum full mengikuti sesi latihan.


1. Dua Pemain Asing Persis Latihan Terpisah

Pertandingan antara Persis Solo melawan PSIS Semarang di BRI Liga 1 2022..

Caretaker Persis Solo, Rasiman, menuturkan kondisi hamstring Jaime masih belum 100 persen setelah dilakukan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Sementara Fernando masih ada luka jahit setelah operasi di pipi.

"Fernando sudah gabung, cuma dia baru 50 persen. Masih ada jahitan di dalam. Jadi, saya masih hati-hati, takutnya jahitannya terbuka. Mudah-mudahan akhir pekan ini dia bisa fit," tutur Rasiman.

Baca Juga

"Untuk Jaimerson masih di pinggir. Dari hasil MRI masih belum 100 persen, mungkin kita akan tes lagi apakah dia sudah bisa join sama tim atau belum," lanjut Rasiman.

Rasiman ogah dengan mudah memberi pintu bagi pemain yang baru sembuh cedera untuk gabung dengan tim. Ada tahapan yang harus dilalui setelah pemain cedera, untuk kembali ke latihan penuh.

"Ada parameter tes yang harus dilewati saat pemain cedera. Kita tidak mau pemain yang cedera langsung masuk tim. Ada kemungkinan untuk dia cedera lagi," papar Rasiman.

Baca Juga

Setelah nantinya kembali, pemain yang sempat cedera juga tak akan langsung dimainkan dalam pertandingan Liga 1 2022/2023. Rasiman menyebut semua harus dilakukan secara bertahap.


2. Rasiman Tetap Latih Persis

Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

Hal ini juga dijalani Irfan Bachdim setelah sembuh dari cedera. Bachdim sempat menjalani uji coba melawan tim Liga 3, Persebi Boyolali, sebelum tampil melawan Bali United.

"Setelah dari cedera, untuk bermain lagi, pemain harus tampil dulu dalam laga uji coba. Jadi, tidak bisa langsung tiba-tiba masuk lapangan, karena akan berisiko. Saya juga menghargai pemain yang tidak cedera," ungkap Rasiman.

Baca Juga

Belum diketahui kapan sesi latihan Persis Solo akan dipimpin pelatih baru. Jika pun rekrutan anyar datang, kemungkinan Rasiman masih memegang penuh strategi melawan PSM Makassar.

Laga melawan PSM akan dihelat di Stadion Manahan Solo pada Kamis (29/9/22) mendatang. Persis Solo kabarnya juga punya agenda uji coba sebelum melawan PSM.

Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Rasiman

Berita Terkini