x

Piala Asia U-20: Iri Kesuksesan Timnas Indonesia, Vietnam U-20 Segera Rekrut Kompatriot Shin Tae-yong?

Kamis, 22 September 2022 17:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Iri dengan kesuksesan Timnas Indonesia, Timnas Vietnam U-20 diusulkan untuk merekrut kompatriot Shin Tae-yong, pelatih berpaspor Korea Selatan.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-20 berhasil menegaskan kegemilangan mereka di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, salah satunya saat mengalahkan Vietnam.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023, setelah Marselino Ferdinan dkk memastikan kemenangan 3-2 atas Vietnam di Gelora Bung Tomo, Minggu (18/09/22).

Setelah sebelumnya mengalahkan Timor Leste dan Hong Kong, maka Timnas U-20 menjadi pemuncak klasemen dan otomatis lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Sementara Vietnam beruntung karena jadi runner-up terbaik dan melenggang ke Piala Asia U-20 2023 dengan perasaan hampa.

Baca Juga

Ya, ketika mereka kalah saat menghadapi Timnas Indonesia U-20, maka kualitas para pemain hingga pelatih menjadi tanda tanya.

Banyak yang menyesalkan mengapa VFF (federasi sepak bola Vietnam, setara PSSI) menggunakan pelatih lokal Dinh The Nam.

Padahal, saat ini pelatih Timnas Vietnam U-23, Gong Oh-kyun sedang menganggur dan bisa ditarik ke tim U-20 jika diperlukan.

Baca Juga

Dilansir dari media Vietnam, Bongda.com, masyarakat Vietnam menyesalkan mengapa federasi tidak menunjuk Gong Oh-kyun, eks asisten Shin Tae-yong, untuk jadi pelatih.

"Berbicara tentang pelatih Dinh The Nam, dia nyaris tak berdaya saat menyampaikan (strategi) kepada pemain dalam suasana seperti itu (stadion full)," tertulis di Bongda.


1. Gong Oh-kyun jadi Pesaing Shin Tae-yong

Asisten pelatih asal Korea Selatan, Gong Oh-Kyun.

Masih dari situs Bongda, publik Vietnam menuntut adanya perubahan untuk kursi kepelatihan Timnas Vietnam, jelang Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan mendatang.

Mereka berharap Timnas Vietnam bisa menggunakan pelatih kelas dunia seperti Shin Tae-yong, dan Gong Oh-kyun adalah orang nomor satu yang direkomendasikan.

Baca Juga

Gong Oh-kyun pernah menjabat sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, ini juga menjadi salah satu keuntungan bagi Vietnam nantinya.

"Menyaksikan kepemimpinan pelatih Shin Tae-yong, banyak orang menyayangkan mengapa Timnas Vietnam U-20 tidak memiliki pelatih asing yang hebat."

"VFF saat ini memiliki pelatih Gong Oh-kyun yang sangat baik dan bebas bekerja hingga SEA Games ke-32 Mei 2023, tetapi tidak memanfaatkannya," dinukil via Bongda.

Baca Juga

"Gong Oh-kyun sebenarnya adalah orang yang sangat baik dalam melatih tim muda. Pencapaian paling mengesankan dari pria berusia 47 tahun ini adalah Timnas Korea U-20."

"Pada Piala Dunia U-20 2019, Korea secara mengejutkan bisa mengalahkan tim Jepang, Senegal dan Ekuador, memenangkan hak ke final, hanya kalah dari Ukraina," tulisnya.

Harapan yang sama juga dilontarkan oleh mantan pemain Timnas Vietnam, Nguyen Manh Dung, yang menginginkan Gong Oh-kyun jadi pesaing Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Mengapa PSSI dapat mengirimkan Shin Tae-yong dan memimpin Timnas Indonesia U-20, meskipun dia adalah pelatih kepala di Timnas U-23 dan senior?" ujar Manh Dung.

"Inilah cara kerja, cara menggunakan uang dan memanfaatkan orang. VFF (federasi di Vietnam) juga harus belajar dari mereka," tukas eks pemain berusia 41 tahun itu.


2. Lolos Piala Asia U-20 2023

Aksi pemain Timnas Indonesia Hokky Caraka saat di hadang pemain Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Termasuk Timnas Indonesia U-20, berikut adalah negara yang telah memastikan lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Korea SelatanVietnamPelatihTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Gong Oh-kyun

Berita Terkini