x

4 Pemain Papan Atas yang Bisa Pensiun setelah Tunaikan Misi Khusus di Piala Dunia 2022

Jumat, 23 September 2022 21:06 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat sejumlah pemain yang bisa pensiun setelah Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: REUTERS-Gonzalo Fuentes.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 di Qatar akhir tahun nanti bisa jadi panggung terakhir sejumlah pemain di turnamen akbar empat tahunan ini.

Dari masa ke masa, Piala Dunia telah menelurkan banyak pahlawan hebat yang berjaya bersama tim masing-masing.

Baca Juga

Sebut saja beberapa di antaranya: Ronaldo Nazario, Kylian Mbappe, Rivaldo, Park Ji-sung, dan masih banyak lagi.

Sebagai event yang paling prestisius di level tim nasional, Piala Dunia sering menjadi ajang unjuk gigi para pemain muda.

Di sisi lain, para pemain tua pun tidak ingin ketinggalan. Bahkan, sebagian besar mereka sampai rela melakukan apa saja demi bisa tampil di kompetisi besar ini.

Baca Juga

Digelar empat tahun sekali, artinya, tidak banyak pesepak bola yang bisa tampil di Piala Dunia hingga berkali-kali sepanjang kariernya.

Pemain juga manusia biasa yang akan terus menua dari hari ke hari. Begitu pula dengan sosok-sosok berikut ini.

Pasalnya, mereka sudah sampai ke titik yang memungkinkan untuk gantung sepatu kapan saja, bisa satu, dua, tiga tahun ke depan. Atau bahkan, dalam hitungan bulan saja.

Baca Juga

Kira-kira siapa saja pemain tersebut, yang mungkin pensiun setelah Piala Dunia 2022 dan tidak akan kembali untuk edisi 2026 mendatang?

Berikut ulasannya.


1. Lionel Messi dan Luka Modric

Lionel Messi Asaat berseragam Timnas Argentina. Foto: REUTERS-Peter Cziborra.

Lionel Messi

Akan berlaga di Piala Dunia 2022 di usia 35 tahun. Meski belum tergolong tua di level klub, ia mungkin menyadari bahwa sepak terjangnya bersama timnas sebaiknya diakhiri dalam waktu dekat.

Pasalnya, untuk edisi 2026 mendatang, ia akan berusia 39 tahun dan di sisi lain Timnas Argentina juga butuh regenerasi dalam skuadnya.

Baca Juga

Sejauh ini, pemain berjuluk La Pulga tersebut sudah berpartisipasi di empat gelaran Piala Dunia. Akan tetapi, belum satu pun gelar juara berhasil diraihnya.

Pencapaian terbaik Lionel Messi bersama Timnas Argentina adalah edisi 2014, di mana mereka kalah tipis dari Jerman di final.

Mario Gotze berhasil mengubur dalam-dalam hasrat Lionel Messi untuk mengangkat trofi Piala Dunia yang saat itu sudah berada di depan matanya.

Baca Juga

Pertandingan antara kedua kesebelasan pun terbilang sengit lantaran gol semata wayang Mario Gotze tersebut hadir saat babak perpanjangan waktu.

Seorang Lionel Messi yang nampaknya sudah cukup kenyang dengan gelar saat bersama Barcelona, dan kini masih memburu tambahan lagi bersama PSG, masih belum bisa pecah telur di Piala Dunia.

Hajatan di Qatar tahun ini pun bisa menjadi kesempatan terakhirnya untuk menambah satu lagi trofi bergengsi di level timnas, setelah memenangkan Copa America tahun lalu.

Baca Juga

Luka Modric

Tidak berbeda jauh dengan Lionel Messi yang mengalami patah hati di Piala Dunia 2014, Luka Modric juga mengalami kejadian serupa yang tidak kalah menyakitkan.

Masih ingat? Ia secara brilian berhasil membawa Timnas Kroasia sebagai tim kuda hitam, melangkah ke final Piala Dunia 2018, namun perjuangannya harus kandas di tangan Prancis. 

 

2. Ada Juga Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema

Cristiano Ronaldo saat bermain untuk Timnas Portugal. Foto: Matthias Hangst/Getty Images.

Sebagai salah satu pemain kawak yang sudah mencicipi asam manis karier di dunia si kulit bundar, Luka Modric mungkin akan mulai memikirkan potensi pensiun setelah Piala Dunia 2022 Qatar.

Saat ini, ia berusia 37 tahun. Di edisi 2026 nanti, ia akan sudah menginjak kepala 4 dan cukup kecil kesempatan baginya untuk bermain bersama Timnas Kroasia.

Baca Juga

Tidak seperti Lionel Messi yang setidaknya sudah pernah memenangkan Copa America, Luka Modric belum mencicipi gelar juara apa pun di level timnas.

Tidak ayal, Piala Dunia 2022 bisa jadi upaya terakhirnya untuk mencatatkan gelar sebelum betul-betul gantung sepatu.

Cristiano Ronaldo

Jika menyebut nama Lionel Messi, nampaknya tidak lengkap apabila tidak menyeret-nyeret pemain Manchester United ini ikut serta.

Baca Juga

Sepanjang kariernya bersama Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo juga belum pernah memenangkan Piala Dunia.

Prestasi terbaiknya adalah memenangkan Euro dan UEFA Nations League, sehingga satu tambahan trofi Piala Dunia tentu bakal sangat berarti baginya sebelum pensiun.

Cristiano Ronaldo saat ini berusia 37 tahun.

Baca Juga

Karim Benzema

Mungkin masih akan bermain di Piala Dunia edisi berikutnya, namun ada kemungkinan akan memilih pensiun di edisi kali ini.

Hanya saja, Karim Benzema di Piala Dunia 2022 memiliki misi khusus untuk menang setelah di edisi 2018 lalu tidak merasakan nikmatnya kemenangan bersama Timnas Prancis di Rusia. 

Cristiano RonaldoLuka ModricLionel MessiPiala DuniaKarim BenzemaPiala Dunia 2022Bola InternasionalOne Football

Berita Terkini