x

Madura United Liburkan Tim Sebelum Kembali Fokus Pertahankan Posisi Puncak Liga 1

Jumat, 23 September 2022 10:17 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Protes pemain Madura United ketika berpeluang cetak gol ke gawang Persija, tapi wasit sudah meniup pluit berakhirnya pertandingan di BRI Liga 1, Sabtu (17/09/22).

INDOSPORT.COM - Madura United menempuh kebijakan berbeda dibanding tim Liga 1 lainnya dalam menyusun program selama jeda kompetisi karena FIFA Matchday.

Jika tim-tim lain di Liga 1 baru memulai kembali program latihan usai menjalani masa libur, Madura United justru sebaliknya.

Baca Juga

Tim berjulukan Laskar Sape Kerrab justru baru menerapkan masa libur untuk semua program yang berhubungan dengan sepak bola pada Kamis (22/9/22).

Sebelumnya, Beto Goncalves dkk masih menjalankan program latihan seusai menjalani jadwal pekan ke-10 Liga 1 di markas Persija Jakarta, Sabtu (17/9/22) kemarin.

"Saya memberi libur untuk tim. Saya pikir, pemain pantas mendapatkan ini," ucap Pelatih Madura United, Fabio Araujo Lefundes.

Baca Juga

Pelatih asal Brasil itu memang tidak menyebut persis sampai kapan libur untuk anak asuhnya selama jeda internasional.

Namun, kemungkinan besar masa libur Madura United berlangsung selama 3 sampai 4 hari, dan dimulai kembali pada pekan depan.

"Kami punya waktu yang cukup banyak jelang melakoni jadwal pertandingan berikutnya, melawan Borneo FC," tutur Lefundes.

Baca Juga

Ya, Madura United baru dijadwalkan bertemu Borneo FC pada dua pekan ke depan. Mereka kembali bermain away ke Samarinda pada Sabtu (1/10/22) mendatang.

Jadwal itu selaras dengan agenda FIFA Matchday yang melibatkan Timnas Indonesia, yaitu melawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022.


1. Pertahankan Posisi Puncak

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes (tengah) bersama pemainnya Esteban Vizcarra saat konferensi pers usai menghadapi Persib, Sabtu (30/07/22). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT))

Masa libur memang dimaksudkan untuk memberi kelonggaran aktivitas bagi pemain, di luar hal-hal yang berkaitan dengan sepak bola.

Pasalnya, Zulfiandi dkk dituntut untuk kembali menata fokus tinggi ketika memulai kembali program latihan nanti.

Baca Juga

Terutama bagaimana caranya untuk bisa mempertahankan posisi puncak klasemen Liga 1 yang diraih dengan perjuangan susah payah sejak pekan pertama kompetisi.

"Saya berharap fokus pemain tetap tinggi ketika kami kembali berlatih nanti. Kondisi mereka akan lebih siap," harap Fabio Lefundes. 

Baca Juga

Saat ini, Madura United memang berada di puncak klasemen dengan 23 poin dari 10 laga. Namun, posisi itu tak aman karena PSM Makassar, Bali United dan Persija Jakarta sudah mengumpulkan 21 angka.
 


2. Persaingan Ketat Madura United dan Bali United

Kiper Madura United Muhammad Ridho Djazulie.

Kiper Bali United, Muhammad Ridho Djazulie, menilai persaingan papan atas Liga 1 2022/2023 masih terbuka lebar. Skuad Serdadu Tridatu punya kans untuk menggeser Madura United dari puncak klasemen.

Performa Madura United pada sepuluh partai awal Liga 1 memang mengejutkan. Pelatih asal Brasil, Fabio Lefundes berhasil membentuk skuad yang tangguh setelah musim lalu sempat kesusahan.

Baca selengkapnya: Ridho Djazulie Bicara Persaingan Ketat Madura United dengan Bali United

Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Fabio Araujo Lefundes

Berita Terkini