x

Pantas Saja Tolak Timnas Indonesia, Ini Skuat Bertabur Bintang Belanda untuk Debut Mees Hilgers!

Jumat, 23 September 2022 18:21 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Belum bisa bela timnas Indonesia, Mees Hilgers kini bakal bermain bersama Sven Botman, Ryan Gravenberch, dan Xavi Simmons di Belanda junior.

INDOSPORT.COM - Pemain berdarah Indonesia, Mees Hilgers, kemungkinan besar akan segera mendapat debutnya bersama Belanda U-23 pada Jumat (23/09/22) malam ini.

Dalam laga uji coba kontra Belgia U-23, defender 21 tahun tersebut akan didampingi banyak nama-nama tenar yang membuat siapapun menjadi paham kenapa ia memilih sangara negara kelahirannya ketimbang timnas Indonesia.

Baca Juga

Hilgers sebelumnya sama sekali belum pernah membela Belanda di level manapun. Mungkin karena ia tidak tergolong jangkung (183 cm) untuk ukuran bek tengah.

Hanya saja kariernya meroket setelah sejak 2021/2022 lalu menjadi penampil reguler untuk klub kasta teratas Liga Belanda, FC Twente.

Status starter masih bisa Hilgers pertahankan musim ini dan ia sudah tampil enam kali di kompetisi domestik untuk membawa kesebelasannya bertengger di lima besar klasemen sementara.

Baca Juga

Kemudian KNVB, federasi sepak bola Belanda, memutuskan untuk memberinya kesempatan untuk bergabung bersama De Oranje muda asuhan Erwin van de Looi pada jeda internasional kali ini.

Mees Hilgers nantinya bisa bersanding dengan bek-bek muda top Eropa seperti bintang Newcastle United, Sven Botman, juga pemain belia milik Liverpool yang kini dititipkan pada Schalke 04 yakni Sepp van den Berg.

Lini tengah Belanda U-23 juga sama mewahnya dengan keberaaan Ryan Gravenberch (Bayern Munchen) dan eks Barcelona dan Paris Saint-Germain yaitu Xavi Simmons yang kini membela PSV Eindhoven.

Baca Juga

Di barisa depan ada bomber Ajax Amsterdam, Brian Brobbey, yang sempat dikaitkan dengan Manchester United. Juga ada Joshua Zirkzee yang merupakan jebolan Bayern Munchen dan kini merumput untuk Bologna.

Nama-nama tadi jauh lebih populer dan berkualitas ketimbang opsi pemain yang ada di timnas Indonesia senior sekalipun sehingga pilihan karier internasional Hilgers membuat publik mafhum.


1. Terhalang Restu Orangtua

Mees Hilgers.

Sebenarnya Mees Hilgers sudah begitu dekat dengan timnas Indonesia belum lama ini setelah PSSI menawarkannya menjadi pemain naturalisasi.

Hanya saja setelah mendapat lampu hijau dari sang pemain, rupanya pihak keluarga tidak merestui program tersebut.

Baca Juga

Diyakini orangtua Hilgers tidak ingin putra mereka kehilangan paspor Belanda mengingat Indonesia tidak mengenal kewarganegaraan ganda.

Bagi Hilgers yang masih muda dan punya masa depan cerah, paspor Belanda tidak boleh sampai hilang karena peruntungannya di Liga Belanda bisa berubah.

Baca Juga

FC Twente harus mendaftarkannya sebagai pemain asing jika menjadi WNI dan itu bukan hanya masalah pendataan saja karena keuangan klub juga nanti terkena imbasnya.

Timnas Indonesia dan fansnya sebenarnya masih bisa berharap jika suatu saat nanti Hilgers akan mengenakan jersey merah-putih namun hanya jika ia tidak sampai menembus skuat Belanda senior dan mendapat lebih dari tiga caps.

Baca Juga

Dengan demikian PSSI bisa memberikan lagi proposal naturalisasi mereka. Terutama jika pemerintah mau mmeberi kelonggaran soal peraturan kewarganegaraan demi peningkatan prestasi olahraga.

Saat ini yang bisa kita lakukan hanya mendoakan karier sepak bola Mees Hilgers terus meroket entah bersama timnas Indonesia maupun Belanda.


2. Shin Tae-yong Apresiasi Dukungan untuk Timnas

Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Shin Tae-yong sedang merasakan kebahagiaan luar biasa usai keberhasilannya meloloskan timnas Indonesia ke ajang Piala Asia U-20.

Lewat sebuah postingan di Instagram, pelatih asal Korea Selatan tersebut menyampaikan terima kasih pada setiap elemen Tim Garuda yang sudah memberinya support tanpa henti.

Sebelum mengunci satu tiket ke Uzbekistan, tempat berlangsungnya Piala Asia U-20 2023, Shin Tae-yong sempat berada di bawah tekanan.

Pasalnya setelah lebih dari dua tahun menjabat sebagai juru taktik timnas Indonesia di berbagai kelompok usia berbeda, ia belum juga meraih trofi.

Ia bahkan sudah disalip oleh Bima Sakti, yang pada beberapa waktu lalu membawa Garuda Muda U-16 menjuarai Piala AFF U-16.

Baca selengkapnya: Girang Diarak Pemain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Terima Kasih Semuanya!

BelandaNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalMees Hilgers

Berita Terkini