x

Timnas Indonesia Bakal Jumpa Curacao, Fans Ingin Lihat Shin Tae-yong Sapu Bersih Rekor Ini

Kamis, 22 September 2022 07:13 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Shin Tae-yong selama menukangi timnas Indonesia sudah pernah mengalahkan semua negara di Asia Tenggara kecuali Thailand di level manapun.

INDOSPORT.COM - Dua partai uji coba melawan Curacao adalah agenda terdekat timnas Indonesia dan Shin Tae-yong saat ini namun rupanya fans justru tidak sabar ingin sang pelatih mengukir rekor lain.

Yakni melengkapi daftar negara Asia Tenggara yang pernah ia kalahkan sebagai nakhoda Tim Garuda dengan menggebuk Thailand.

Baca Juga

Di bawah komando Shin Tae-yong sejak 2020 silam, perlahan tapi pasti timnas Indonesia mulai bisa bicara banyak lagi di kancah internasional.

Juru taktik berpaspor Korea Selatan itu sukses mengakhiri puasa 15 tahun mengikuti Piala Asia tim asuhannya dengan membawakan tiket putaran final edisi 2023 mendatang.

Baca Juga

Pada level U-20 pun sukses serupa juga Shin Tae-yong gapai. Belum lama ini Garuda Muda juga ia bawa menembus Piala Asia U-20 yang digelar tahun depan.

Hanya saja di level regional rupanya masih cukup banyak tantangan yang belum bisa dipecahkan oleh pria kharismatik berusia 51 tahun tersebut.

Baca Juga

Salah satunya adalah meraih kemenangan atas sangara Thailand di level manapun senior ataupun junior.

Tercatat ada lima kali kesempatan bagi Shin Tae-yong untuk menjatuhkan The War Elephants namun paling banter hanya bisa mengumpulkan tiga hasil imbang.


1. Nantikan Piala AFF 2022

Timnas Indonesia vs Thailand.

Pada kualifikasi Piala Asia U-20 2023 lalu timnas Indonesia baru saja sukses mematahkan kutukan tidak pernah menang melawan Vietnam di bawah Shin Tae-yong.

Maka dari itu publik sepak bola tanah air percaya jika rentetan hasil minor kontra Thailand pun akan segera bisa diakhiri.

Baca Juga

Sejak lama Negeri Gajah Putih memang menjadi raja di Asia Tenggara dan bahkan kompetisi serta kualitas individu mereka jadi yang terbaik satu ASEAN.

Klub-klub Thailand sudah rutin mengikuti Liga Champions Asia plus bintang-bintang mereka pun telah banyak yang laku merantau di kompetisi elite Benua Kuning.

Baca Juga

Akan tetapi tidak ada yang tidak mungkin. Selalu ketatnya pertemuan antara timnas Indonesia dan Thailand sejak diakusisi oleh Shin Tae-yong adalah bukti jika gap yang tadinya begitu lebar sudah semakin menipis.

Paling dekat kedua negara bisa bertemu lagi di ajang resmi adalah di fase grup Piala AFF 2022 mendatang, 29 Desember dengan Gelora Bung Karno sebagai arenanya.

Baca Juga

Ini adalah pertemuan pertama timnas Indonesia dan Thailand di level senior setelah sebelumnya saling sikut di final Piala AFF 2020 lalu.

Diharapkan para pemain naturalisasi seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama saat itu sudah bisa ikut bertanding dan meringankan tugas Shin Tae-yong merajai Asia Tenggara.


2. Shin Tae-yong Ucapkan Terimakasih untuk Dukungan Fans Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong sedang merasakan kebahagiaan luar biasa usai keberhasilannya meloloskan timnas Indonesia ke ajang Piala Asia U-20.

Lewat sebuah postingan di Instagram, pelatih asal Korea Selatan tersebut menyampaikan terima kasih pada setiap elemen Tim Garuda yang sudah memberinya support tanpa henti.

Sebelum mengunci satu tiket ke Uzbekistan, tempat berlangsungnya Piala Asia U-20 2023, Shin Tae-yong sempat berada di bawah tekanan.

Pasalnya setelah lebih dari dua tahun menjabat sebagai juru taktik timnas Indonesia di berbagai kelompok usia berbeda, ia belum juga meraih trofi.

Ia bahkan sudah disalip oleh Bima Sakti, yang pada beberapa waktu lalu membawa Garuda Muda U-16 menjuarai Piala AFF U-16.

Baca selengkapnya: Girang Diarak Pemain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Terima Kasih Semuanya!

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandShin Tae-yong

Berita Terkini