x

Piala AFF 2022 Kian Dekat, Timnas Indonesia Waspadai Sosok Mata-mata Ini Kontra Curacao

Jumat, 23 September 2022 21:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Park Hang-seo sibuk mata-matai rival Vietnam jelang Piala AFF 2022 dan laga timnas Indonesia vs Curacao bisa masuk agenda scouting selanjutnya.

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2022 memang baru bergulir 20 Desember mendatang, namun tampaknya Park Hang-seo sudah mulai mengawasi gerak-gerik lawan-lawan Vietnam nanti.

Permainan Thailand sudah ia mata-matai dan mungkin saja target pelatih asal Kore Selatan itu adalah timnas Indonesia yang bakal menghadapi Curacao pada Sabtu (24/09/22) mendatang.

Baca Juga

Park Hang-seo tertangkap kamera sedang menonton langsung laga antara Thailand vs Malaysia di ajang King's Cup 2022 yang berlangsung di Chiang Mai Stadium pada Kamis (22/09/22) lalu.

Thailand memang rival yang wajib masuk dalam daftar pengamantannya karena bisa dibilang mereka lah rival terberat Vietnam di Piala AFF 2022 nanti.

The War Elephants adalah juara bertahan dari edisi 2020 lalu dan kini sudah mengantongi enam titel.

Baca Juga

Sementara itu The Golden Star Warriors baru dua kali menjadi kampiun namun satu diantaranya diraih pada 2018 silam saat Park Hang-seo sudah bertugas sebagai nakhoda.

Timnas Indonesia pun boleh dibilang adalah unggulan ketiga setelah lagi-lagi harus puas menjadi runner-up untuk kali keenam tahun lalu.

Tim Garuda kini semakin matang di bawah asuhan Shin Tae-yong. Koneksi antar pemain dipastikan akan kian berkembang seiring berjalannya waktu karena sebagian besar masih berusia muda.

Baca Juga

Tidak akan mengejutkan jika esok hari Park Hang-seo akan menunjukkan batang hidungnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api saat timnas Indonesia vs Curacao digelar.

Dedikasi pelatih berusia 64 tahun itu pada tugasnya memang tidak tertandingi mengingat Vietnam juga sebenarnya sedang sibuk dengan agenda uji coba melawan Singapura (21/09/22) dan India (27/09/22).


1. Timnas Indonesia Sudah Jauh Lebih Kuat

Skuat timnas Indonesia

Jika memang nanti menyempatkan diri menonton langsung, maka Park Hang-Seo masih akan menyaksikan banyak nama-nama familiar yang ia hadapi di Piala AFF 2020.

Sebut saja Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, hingga Ricky Kambuaya.

Baca Juga

Akan tetapi Shin Tae-yong juga tetap menyiapkan kejutan lain yang ia bawa untuk menghadapi Curacao.

Diantaranya adalah dipanggilnya kembali Yakob Sayuri, Dimas Drajad, serta Muhammad Ferarri dan Marc Klok.

Baca Juga

Keempat pemain tadi belum punya terlalu banyak pengalaman di timnas Indonesia level senior terutama di rezim Shin Tae-yong.

Jika bermain apik dan konsisten bersama klub, bukan tidak mungkin mereka juga akan dibawa ke Piala AFF 2022.

Baca Juga

Park Hang-seo dan Vietnam patut waspada dengan potensi timnas Indonesia di Piala AFF 2022 karena masih banyak amunisi yang belum mereka keluarkan.

Sebut saja tiga calon pemain naturalisasi, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama yang harus sudah bisa dipanggil untuk menghadapi Curacao namun terhalang masalah administrasi.


2. Fans Timnas Indonesia Nantikan Shin tae-yong Taklukkan ASEAN

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Dua partai uji coba melawan Curacao adalah agenda terdekat timnas Indonesia dan Shin Tae-yong saat ini namun rupanya fans justru tidak sabar ingin sang pelatih mengukir rekor lain.

Yakni melengkapi daftar negara Asia Tenggara yang pernah ia kalahkan sebagai nakhoda Tim Garuda dengan menggebuk Thailand.

Di bawah komando Shin Tae-yong sejak 2020 silam, perlahan tapi pasti timnas Indonesia mulai bisa bicara banyak lagi di kancah internasional.

Juru taktik berpaspor Korea Selatan itu sukses mengakhiri puasa 15 tahun mengikuti Piala Asia tim asuhannya dengan membawakan tiket putaran final edisi 2023 mendatang.

Baca selengkapnya:  Timnas Indonesia Bakal Jumpa Curacao, Fans Ingin Lihat Shin Tae-yong Sapu Bersih Rekor Ini

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoTimnas VietnamPark Hang SeoPiala AFF 2022

Berita Terkini