x

Rapor Debut 3 Eks Penyerang Timnas, Ramadhan Sananta Tak Perlu Khawatir Main Jelek

Sabtu, 24 September 2022 17:25 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Penyerang belia klub Liga 1 PSM Makassar, M Ramadhan Sananta.

INDOSPORT.COM – Rekor kurang mentereng penyerang debutan timnas Indonesia patut diwaspadai talenta muda PSM Makassar, Ramadhan Sananta, dalam agenda FIFA Matchday kontra Curacao.

Seperti diketahui, timnas Indonesia akan menghadapi Curacao dalam laga FIFA Matchday pada Sabtu (24/9/22) malam WIB.

Baca Juga

Dalam laga yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini, Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil beberapa nama baru.

Ada Muhammad Ferarri, bek timnas Indonesia U-20 hingga yang menyita perhatian adalah penyerang belia milik PSM Makassar, Muhammad Ramadhan Sananta.

Ramadhan Sananta tentu menjadi perhatian pada pertandingan timnas Indonesia kali ini, lantaran penampilannya bersama PSM Makassar cukup menawan.

Baca Juga

Tercatat tiga gol sudah dicetak penyerang berusia 19 tahun ini bersama Juku Eja dalam pertandinga Liga 1 yang sudah berlangsung beberapa waktu belakangan.

Pesona Ramadhan Sananta pun sudah cukup untuk membuat Shin Tae-yong memanggil ke timnas Indonesia senior, ditambah pemain PSM Makassar lainnya, Yakob Sayuri.

Baca Juga

Kendati demikian, Ramadhan Sananta pun tak perlu khawatir untuk menjalani debutnya di timnas Indonesia melawan Curacao nanti, karena tidak semua debutan berlangsung mulus di pertandingan pertamanya.

Merangkum beberapa sumber, berikut catatan debut penyerang-penyerang yang kemudian jadi andalan timnas Indonesia dalam jangka yang panjang.


1. Cristian Gonzales

Mantan pemain Timnas Indonesia Cristian Gonzales.

Cristian Gonzales merupakan salah satu penyerang fenomenal yang dimiliki timnas Indonesia, lantaran baru dinaturalisasi ketika umurnya sudah cukup uzur.

Sempat membela timnas U-20 Uruguay, Gonzales akhirnya menjalani debut bersama timnas Indonesia menjelang Piala AFF 2010.

Baca Juga

Kala itu, mantan rekan se-tim legenda Inter Milan, Alvaro Recoba ini bersaing bersama beberapa pemain lain, seperti Bambang Pamungkas yang juga masuk skuat.

Namun demikian, debut Cristian Gonzales bukanlah di laga Piala AFF 2010, melainkan dalam laga uji coba antara timnas Indonesia vs Timor Leste

Hasilnya, penyerang yang akrab dijuluki El Loco ini mencetak dua gol yang membawa kemenangan bagi timnas Indonesia dengan skor 6-0.

Kurniawan Dwi Yulianto

Penyerang yang akrab disapa Si Kurus ini tampil kurang menawan dalam laga debutnya bersama timnas Indonesia pada 1995.

Kala itu, Kurniawan Dwi Yulianto turun pertama kali bersama Timnas Indonesia pada tahun 1995 menghadapi negara kuat, Thailand.

Baca Juga

Nahas, laga debut Kurniawan di timnas Indonesia berakhir tragis usai dikalahkan Thailand dengan skor tipis 1-2. Gol timnas Indonesia kala itu dibuat oleh Fakhri Husaini dan menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan SEA Games 1995.


2. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia

Penyerang legendaris timnas Indonesia ini bahkan menjalani debut Timnas Indonesia di usia yang lebih muda dari Ramadhan Sananta, yaitu 18 tahun.

Lawan yang dihadapi oleh Bambang Pamungkas pun tak sembarangan, yaitu tim asal Eropa Timur, Lithuania.

Bambang Pamungkas kala itu mampu mencetak satu gol dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Lithuania, yang kemudian usai dengan skor imbang 2-2.

Selepas pertandingan itu, Bambang Pamungkas pun cukup rutin dipanggil timnas Indonesia dan mencetak 42 gol dari total 88 pertandingan.

Baca Selengkapnya: Liga 1: Bepe Berharap Persija Berikan Pertandingan Perpisahan untuk Ismed Sofyan

Cristian GonzalesBambang PamungkasKurniawan Dwi YuliantoPSM MakassarTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTim Nasional CuracaoBerita Timnas IndonesiaRamadhan Sananta

Berita Terkini