x

Waduh! Usai Aji Santoso, Giliran Pemegang Saham Persebaya Tolak Mundurnya Azrul Ananda

Sabtu, 24 September 2022 17:10 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Prio Hari Kristanto
Presiden Persebaya, Azrul Ananda, menyampaikan bocoran pemain baru di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (11/01/20).

INDOSPORT.COM - Koperasi Abadi Persebaya (KSP) sebagai salah satu pemegang saham di PT Persebaya Indonesia menolak Azrul Ananda mundur sebagai CEO klub yang berkompetisi di Liga 1 tersebut.

Penolakan ini tertuang dalam surat KSP bernomor 09/KSAP/IX/2022 yang dibuat di Surabaya, 22 September 2022.

Baca Juga

Di dalam surat yang ditandatangani ketua KSP, Cholid Goromah, menyebutkan dasar penolakan Azrul Ananda mundur sebagai CEO Persebaya.

"Keputusan yang dihasilkan dari pertemuan anggota KSP menolak pengunduran diri saudara (Azrul Ananda, red) dari CEO PT Persebaya Indonesia," kata Cholid Goromah, Jumat (23/09/22).

Menurut anggota KSP, alasan Azrul Ananda mundur sebagai CEO Bajul Ijo tidak ada alasan yang kuat. KSP juga menerangkan, alih-alih kecewa dengan kepemimpinan Azrul Ananda sebagai CEO Persebaya. 

Baca Juga

Mereka justru terbantu saat menjalin kerja sama dengan Azrul Ananda, bahkan sukses meraih prestasi.

"Selama kerja sama yang telah berjalan sejak 2017. KSAP merasa dihargai dan mendapatkan banyak manfaat baik dari sisi material lewat kepedulian pada anggota KSAP yang notabene owner klub anggota Persebaya maupun imateril," jelas KSAP.

Baca Juga

Salah satu prestasi yang sukses diraih Persebaya di era Azrul Ananda adalah juara Liga 2 2017 sekaligus promosi ke Liga 1.

Sebagai informasi, sebelum Azrul Ananda mengambil alih pengelolaan. Persebaya terlibat dualisme hingga dikeluarkan dari anggota PSSI.


1. Azrul Ananda Mundur

Perkenalan skuat Liga 1 2020, Persebaya Surabaya dipimpin oleh presiden klub, Azrul Ananda.

Sebelumnya, Azrul Ananda mengumumkan mundur dari CEO Persebaya Surabaya, Jumat (16/09/22). Pengumumannya mundur dari tim kebanggaan Bonek dan Bonita disampaikan sehari setelah laga Persebaya vs RANS Nusantara.

Meskipun mundur, saat itu Azrul mengatakan tetap memenuhi kewajiban dan tanggung jawabnya di Persebaya hingga Liga 1 2022-2023 berakhir.

Baca Juga

Sontak keputusan Azrul Ananda mundur sebagai CEO Persebaya mengagetkan banyak orang karena tidak ada tanda-tanda sebelumnya.

Saat ini dari Azrul Ananda masih belum memberikan tanggapan resmi atas sikap yang sudah diambil oleh KSAP.

Aji Santoso berharap Azrul tak jadi mundur

Selain itu, Aji Santoso sebagai pelatih juga berharap Azrul Ananda tak jadi mundur sebagai CEO PT Persebaya Indonesia. Menurutnya sosok Azrul Ananda sudah tepat memimpin Persebaya, bahkan sukses meraih juara Liga 2.

Baca Juga

Selain itu, Azrul Ananda menurut Aji Santoso sangat gila bola dan total dalam mengelola tim sepak bola dengan baik.

"Jadi kalau saya sih kepingin ya bisa tetap di sini, karena beliau orang yang komitmen, punya pendirian yang bagus dan punya karakter yang bagus," jelas Aji Santoso.

Baca Juga

Namun kembali lagi harapan tinggal harapan, semuanya kembali kepada keputusan Azrul Ananda. "Saya tidak meragukan apa yang disampaikan beliau pasti dijalani," lanjut pelatih asal Kepanjen, Malang itu.


2. Azrul Ananda Beberkan Nasib Pelatih dan Pemain

Ribuan Bonek yang memadati tribun utara Stadion Maguwoharjo, Sleman. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Azrul Ananda resmi melepas jabatannya sebagai presiden klub Persebaya Surabaya, Jumat (16/09/22), imbas hasil minor yang didapatkan di Liga 1 2022/23.

Persebaya Surabaya dalam situasi yang panas, ketika gagal meraih kemenangan atas Rans Nusantara FC pada laga pekan kesepuluh Liga 1 2022/23, Kamis (15/09/22).

Bermain dengan status sebagai tuan rumah di Gelora Delta Sidoarjo, Persebaya justru dikandaskan Rans dengan skor akhir 1-2.

Sempat memimpin pada babak pertama lewat gol Sho Yamamoto, Bajul Ijo justru terkena comeback lewat brace Edo Febriansyah.

Hasil ini membuat Persebaya tercecer di peringkat 14 klasemen sementara Liga 1 2022/23, berbanding terbalik dengan musim lalu, di mana Bajul Ijo penguasa papan atas.

Baca selengkapnya: Mundur dari Persebaya Surabaya, Azrul Ananda Beberkan Nasib Pelatih dan Pemain

Persebaya SurabayaAji SantosoAzrul AnandaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini