x

Curacao Kena Comeback, Kemenangan Timnas Indonesia Disorot Media Eropa

Minggu, 25 September 2022 21:21 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Media olahraga Belanda, Sportnieuws, ikut meliput hasil pertandingan uji coba timnas Indonesia vs Curacao yang dimenangkan oleh Tim Garuda 3-2.

INDOSPORT.COM - Kesuksesan timnas Indonesia memenangi duel dramatis kontra Curacao, Sabtu (24/9/22), rupanya tidak hanya menjadi bahan perbincangan di dalam negeri.

Media luar seperti Sportnieuws dari Belanda pun ikut meliput hasil partai ini dimana Tim Garuda menekuk La Pantera Azul dengan skor tipis 3-2.

Baca Juga

"Juninho Bacuna tidak mampu menolong Curacao dari kekalahan di Indonesia," begitu tulis Sportnieuws dalam judul artikel mereka edisi Minggu (25/09/22).

"Curacao gagal mengalahkan Indonesia dalam uji coba pada Sabtu lalu. Indonesia yang punya luas wilayah 4.000 kali lebih besar menang dengan skor 3-2,"

Baca Juga

"Pelatih Remko Bicentini sempat tersenyum di awal setelah Rangelo Janga, pemain CFR Cluj, mencetak gol cepa. Bintang kelahiran Amsterdam Marc Klok, kemudian bisa membawa skor kembali imbang 1-1 untuk Indonesia,"

"Fachrudin Aryanto, Juninho Bacuna, dan Muhammad Drajad mencetak sisa gol. Sementara itu penggawa Excelsior yakni Nathan Markelo mencatat debut internasionalnya dan begitu juga Kevin Felida dari RKC Waalwijk," begitu pemberitaan mereka.

Baca Juga

Wajar bila media Belanda memberitakan laga ini. Pasalnya baik Curacao maupun Indonesia merupakan bekas negara jajahan mereka.

Curacao, yang dulunya bernama Antillen Belanda, bahkan hingga kini masih berada di bawah payung Kerajaan Belanda.


1. Akui Kekalahan

Shin Tae-yong dan Remko Bicentini.

Kekalahan dari timnas Indonesia sendiri diterima dengan lapang dada oleh pelatih Curacao, Remko Bicentini. Anak asuhnya mungkin kesulitan beradaptasi dengan iklim maupun perbedaan waktu namun ia tidak segan mengaku kalah.

Baca Juga

"Tentu kita kecewa dengan hasil ini karena kita ingin menang tapi kekalahan memang bisa terjadi dalam sebuah pertandingan," beber Bicentini pada jumpa pers.

"Ini tontonan yang menarik bagi penonton yang ada di stadion. Saya rasa Curacao membuat dua atau tiga kesalahan fatal," tambahnya lagi.

Baca Juga

Masih ada kesempatan bagi Curacao untuk membalas kekalahan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Laga uji coba kedua dengan timnas Indonesia sudah dipastikan akan digelar  di Stadion Pakansari pada Selasa (27/9/22).

Baca Juga

Dengan waktu rehat yang lebih panjang, Curacao mungkin bisa bermain lebih baik pekan depan. Timnas Indonesia juga mungkin akan lebih lemah.

Alasannya, pelatih Shin Tae-yong bisa menurunkan pemain pelapis untuk menghindari kelelahan dan cedera bagi para pemain inti di laga pertama.


2. Bobotoh Ingin Bintang Curacao Main di Persib Bandung

Juninho Bacuna, pemain Curacao (nomor 7). Foto: Juninho Bacuna

Selain mendapat lawan uji coba yang sepadan di jeda internasional dengan menghadapi timnas Indonesia, para pemain Curacao tampaknya juga bisa sekaligus mencari klub baru untuk masa depan.

Contohnya Juninho Bacuna yang ditawari oleh banyak penggemar sepak bola Tanah Air untuk merumput di Liga 1 Indonesia untuk Persib Bandung saja apabila hendak menyudahi karier Eropa mereka.

Bacuna saat ini masih berkarier di kasta kedua Liga Inggris yang biasa dikenal sebagai Championship. Gelandang berusia 25 tahun kelahiran Groningen, Belanda, tersebut memperkuat Birmingham City.

Hal itu sudah bisa menjadi bukti kebolehannya dalam mengolah si kulit bundar. Makanya, tidak heran suporter Persib ingin Bacuna suatu saat bisa memperkuat klub kesayangan mereka.

Baca selengkapnya: Posting Foto Berlatar Belakang Logo Persib, Bintang Curacao Didoakan Main di Liga 1

BelandaTimnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional Curacao

Berita Terkini