x

Prediksi Ranking Timnas Indonesia Usai Taklukkan Curacao, Kian Ancam Malaysia!

Minggu, 25 September 2022 10:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Indonesia diprediksi bakal naik tiga anak tangga di peringkat dunia FIFA usai menaklukkan Curacao pada FIFA Matchday yang digelar Sabtu (24/09/22) malam

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia diprediksi bakal naik tiga anak tangga di peringkat dunia FIFA usai menaklukkan Curacao pada FIFA Matchday yang digelar Sabtu (24/09/22) malam WIB.

Bertanding di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat, Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan manis atas Curacao dengan skor 3-2.

Baca Juga

Kemenangan ini jadi sebuah hal yang istimewa bagi pasukan Shin Tae-yong mengingat Curacao merupakan lawan yang sulit untuk ditaklukkan Marc Klok dkk.

Secara peringkat FIFA dan kedalaman skuad, Curacao berada di atas Garuda. Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat 153, sedangkan Caracao berada di 84 Dunia.

Skuat Garuda awalnya sempat tertinggal lebih dulu dari Curacao melalui gol yang dicetak oleh Rangelo Maria Janga (7').

Baca Juga

Namun, timnas Indonesia kuat Garuda berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Marc Klok (18') dan balik unggul 2-1 melalui Fachruddin Aryanto (23').

Tak lama berselang, Curacao berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Juninho Gracilelo Bacuna (25').

Indonesia tak menyerah dan akhirnya bisa mengamankan kemenangan, setelah di menit ke-56 Dimas Drajad mengubah skor menjadi 3-2.

Baca Juga

Melansir dari Footy Rankings di Twitter, kemenangan atas Curacao ini memberi tambahan poin untuk Timnas Indonesia. Poin Timnas Indonesia di ranking dunia FIFA bertambah +7,41.

Tambahan poin ini berpengaruh pada posisi skuad Garuda di ranking FIFA. Diperkirakan Timnas Indonesia bakal naik tiga anak tangga dari posisi sebelumnya di urutan ke-153 dunia.


1. Timnas Indonesia Semakin Ancam Malaysia

Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/09/22).

Sebaliknya, Curacao harus rela kehilangan poin -7.41 karena kalah dari Timnas Indonesia. Akibatnya, posisi mereka harus rela turun satu anak tangga dari posisi sebelumnya.

Kenaikan posisi berkat kemenangan atas Curacao ini  membawa Timnas Indonesia semakin dekat dengan salah satu rivalnya di Asia Tenggara, yakni Malaysia yang kini berada di posisi ke-47 dunia.

Baca Juga

Namun demikian, Harimau Malaya mampu naik satu anak tangga usai membungkam Thailand di semifinal Kings Cup 2022, Kamis (24/09/22).

Bertanding di Stadion Chiang Mai, Malaysia mengalahkan tuan rumah Thailand lewat adu penalti 5-3, setelah hasil imbang 1-1 di waktu normal.

Thailand, sementara itu, kekalahan tersebut membuat mereka diprediksi bakal turun tiga anak tangga dari posisi sebelumnya di urutan ke-114 dunia.

Baca Juga

Timnas Indonesia berpeluang menambah poin lagi jika mereka berhasil mengalahkan Curacao di pertemuan kedua FIFA matchday.

Pertandingan leg kedua Timnas Indonesia vs Curacao dijadwalkan akan berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, pada Selasa (27/09/22).


2. Apresiasi Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama pemainnya Dimas Drajad, usai FIFA Match Day menghadapi Curacao.

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Curacao, dengan skor 3-2 pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (24/09/22). Shin Tae-yong angkat topi dengan kerja keras anak asuhnya.

"Pertama-tama, Curacao FIFA rankingnya memang di atas kita, jauh ya, secara postur tubuh pun memang lebih baik dari tim Indonesia," kata Shin Tae-yong setelah pertandingan.

Pada pertandingan tersebut, skuat Garuda sempat tertinggal lebih dulu dari Curacao melalui gol yang dicetak oleh Rangelo Maria Janga (7'). Namun, timnas Indonesia mampu bangkit hingga akhirnya bisa memenangkan laga dengan skor 3-2.

"Memang banyak hal yang menyusahkan tim kita, sampai gol pertama pun kita kemasukan, tapi tetap kita bisa membalikkan skor dan memang punya kehausan terhadap kemenangan di home," ungkapnya.

Pelatih asal Korea Selatan ini, mengucapkan selamat kepada anak asuhnya yang mampu bermain penuh motivasi dan mempertahankan keunggulan di FIFA Matchday tersebut.

Baca selengkapnya: Timnas Indonesia Menang atas Curacao, Shin Tae-yong Apreasiasi Kerja Keras Pemainnya

FIFATimnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini