x

Melihat Penampilan Bek Persija Saat Kawal Ronaldo di UEFA Nations League, Mengecewakan!

Senin, 26 September 2022 19:42 WIB
Editor: Juni Adi
Bek tengah Persija, Ondrej Kudela (17) bermain 68 menit untuk Timnas Ceko menghadapi Portugal semalam setelah masuk sebagai pemain pengganti di menit 22.

INDOSPORT.COM - Bek klub Liga 1, Persija Jakarta, Ondrej Kudela, tampil membela negaranya Republik Ceko menghadapi Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo. Bagaimana penampilannya?

Sejumlah kompetisi sepak bola di dunia termasuk di Eropa seperti Liga Spanyol, Liga Italia dan Liga Inggris saat ini tengah mengalami masa jeda lantaran adanya agenda pertandingan internasional resmi FIFA atau FIFA Matchday.

Baca Juga

Para pemain biasanya dipulangkan ke negaranya untuk memperkuat tim nasionalnya masing-masing, baik di laga uji coba maupun melakoni pertandingan bersifat kompetisi seperti UEFA Nations League.

Salah satunya adalah bek Persija Jakarta, Ondrej Kudela. Ia dipanggil untuk memperkuat timnas Republik Ceko menghadapi dua pertandingan UEFA Nations League melawan Portugal dan Swiss.

Republik Ceko melawan Portugal dilaksanakan pada Minggu (25/09/22) sedangkan melawan Swiss digelar pada Selasa (27/09/22) mendatang.

Baca Juga

Terkait pemanggilan tersebut, Kudela mengaku sangat gembira. Pasalnya ia tidak menyangka di usianya yang sudah menginjak 35 tahun, dan berkompetisi di Asia Tenggara, kemampuannya ternyata masih dibutuhkan.

"Saya senang bisa dipanggil kembali ke timnas. Hal ini menandakan saya menunjukkan performa yang baik selama bermain di Persija,” kata Kudela dilansir laman resmi klub.

"Secara pribadi pasti ingin memberikan yang terbaik untuk timnas Ceko. Kami akan menghadapi dua negara yang akan bermain di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

"Tentu bagus untuk kami jika bisa memenangkan pertandingan tersebut,” Kudela menambahkan.

Selain itu, Ondrej Kudela menyatakan timnas Republik Ceko sudah punya sejumlah pemain yang cocok menggantikannya. Satu di antaranya adalah Jacub Brabec yang kini memperkuat klub Yunani, Aris Saloniki.

Melawan Portugal yang sudah dilaksanakan, Ondrej Kudela diturunkan oleh pelatih Jaroslav Silhavy sebagai pemain pengganti di menit ke-22. Apakah ia berkontribusi memuaskan?


1. Penampilan Mengecewakan Ondrej Kudela

Bek asing anyar Persija, Ondrej Kudela.

Bek Persija, Ondrej Kudela, dipercaya tampil oleh pelatih timnas Rep Ceko, Jaroslav Silhavy di menit ke-22, menggantikan Jakub Brabec yang cedera.

Ia dimasukan saat pertandingan genting melawan Portugal, daripada bek lainnya karena dianggap paling berpengalaman. 

Baca Juga

Oleh sebab itu Silhavy tak berpikir panjang meski sang pemain sudah tidak lagi muda dan berkompetisi di liga ternama Eropa.

Sayang, ia gagal memberikan kontribusi terbaiknya karena Republik Ceko harus tunduk 0-4 dari Portugal. Masing-masin gol dicetak oleh Diogo Dalot (2 gol), Bruno Fernandes, dan Diogo Jota.

Namun Silhavy enggan menyalahkan anak asuhnya atas kekalahan ini termasuk Kudela yang mengawal lini belakang Rep Ceko.

Baca Juga

"Kami memercayai para pemain yang kami panggil. Tidak ada satu pemain pun di lapangan yang memberikan kinerja yang benar-benar buruk," katanya dikutip dari iSport.cz.

"Ondra [sebutan Ondrej Kudela] sudah terbiasa dengan posisi yang dimainkan Jakub Brabec [bek tengah]. Kami tahu dia, dia pemain berpengalaman. Keputusannya lugas," komentar Silhavy tentang Kudela lanjutnya.

Jika dilihat dari pertandingannya, memang Ondrej Kudela tampil kurang maksimal pada laga itu. Merujuk dari Sofascore, ia bahkan diberi rating 5,9 saja.

Pemain senior ini tercatat hanya melakukan dua kali sapuan sepanjang 68 menit bermain. 

Baca Juga

Padahal lini belakang timnas Rep Ceko terus-terusan dibombardir oleh Cristiano Ronaldo dan kolega, sehingga statistik itu dinilai sangat kurang, jelas!

Selain itu, Ondrej Kudel juga jarang menyentuh bola yakni hanya 28 kali saja. Sebagai pemain belakang, itu sangat mengecewakan.

Bandingkan dengan tandem duetnya di lini belakang, David Zima. Pemain berusia 21 tahun itu menorehkan 3 sapuan, 4 blok, 3 intersep dan 1 tekel sukses.

Akibat hasil minor ini, Ceko terpaksa harus menghuni dasar klasemen Grup B UEFA Nations League musim ini dengan 4 poin. Pada laga terakhir, Kudela dan koleganya harus melawan tuan rumah Swiss, Rabu (28/9/22).


2. Ondrej Kudela Pernah Hadapi Lionel Messi

Aksi Lionel Messi di laga Liga Champions antara Maccabi Haifa vs PSG REUTERS/Ronen Zvulun

Sebelum menghadapi Cristiano Ronaldo, Ondrej Kudela pernah berhapan dengan sejumlah bintang sepak bola ternama lainnya salah satunya megabintang lain, Lionel Messi.

Momen itu terjadi pada musim 2019/2020 di ajang Liga Champions. Ondrej Kudela, yang masih membela Slavia Praha, pernah menghadapi Barcelona di fase grup.

Baca Juga

Dua kali Kudela melawan Messi di Liga Champions saat itu. Pertama bermain di Praha, saat kalah 1-2. Kemudian, pertemuan selanjutnya terjadi di Camp Nou, ketika Kudela dkk bisa menahan imbang sang raksasa tanpa gol.

Di fase grup yang sama kala itu, Kudela harus melawan bintang-bintang top dari Inter Milan dan Borussia Dortmund, yang juga tergabung dengan Barcelona di Grup F.

Baca Juga

Slavia Praha sendiri akhirnya kalah bersaing, dengan tersingkir sebagai juru kunci grup.

Musim ini, Ondrej Kudela direkrut Persija Jakarta. Bermain untuk klub Indonesia itu, ia sudah bermain 10 kali di Liga 1 dan membuat satu gol, semuanya dalam 90 menit alias selalu tampil penuh.

Cristiano RonaldoPortugalLionel MessiPersija JakartaCekoLiga 1UEFA Nations LeagueOndrej Kudela

Berita Terkini