x

Shin Tae-yong buat Timnas Indonesia Semakin Terbang Tinggi, Media Korea Bangga Bukan Main

Senin, 26 September 2022 11:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Kemampuan Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia terbang tinggi di peringkat FIFA dengan mengalahkan Curacao membuat media negara asalnya, Korea Selatan, bangga.

INDSPORT.COM – Kemampuan Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia terbang tinggi di peringkat FIFA dengan mengalahkan Curacao membuat media negara asalnya, Korea Selatan, bangga.

Media Korea Selatan, Xportnews, pada hari Minggu (25/09/22), menulis sebuah artikel yang menggambarkan kekaguman mereka pada sosok Shin Tae-yong.

Baca Juga

Sang maestro Timnas Garuda tersebut digambarkan oleh media tersebut kembali mengeluarkan ‘sihir’ yang luar biasa di pertandingan FIFA Matchday.

“’Sihir’ Shin Tae-yong lagi…. (Timnas Indonesia) mengalahkan Curacao 3-2, yang (peringkatnya) 71 lebih tinggi dalam peringkat FIFA,” tulis media ini.

Ungkapan rasa bangga media Xportnews ini bukan tanpa sebab. Shin Tae-yong memang baru saja membawa Timnas Indonesia mengalahkan Curacao di FIFA Matchday pada Sabtu (24/09/22).

Baca Juga

Kemenangan ini sangatlah mengejutkan bagi media tersebut mengingat lawan Shin Tae-yong kali ini peringkatnya jauh di atas Timnas Indonesia.

Curacao, yang bagian dari CONCACAF, berada di peringkat ke-84 sedangkan Timnas Indonesia peringkat 155 pada peringkat FIFA. Selisih ranking dunia kedua tim ini adalah 71 anak tangga.

Bertanding di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Timnas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan FIFA Matchday atas Curacao dengan skor tipis 3-2.

Baca Juga

Skuat Garuda awalnya sempat tertinggal lebih dulu dari Curacao melalui gol yang dicetak oleh Rangelo Maria Janga (7').

Namun, timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Marc Klok (18') dan balik unggul 2-1 melalui Fachruddin Aryanto (23').


1. Media Korea Soroti Taktik Shin Tae-yong Hadapi Curacao

Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/09/22).

Tak lama berselang, Curacao berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Juninho Gracilelo Bacuna (25').

Indonesia tak menyerah dan akhirnya bisa mengamankan kemenangan, setelah pada menit ke-56 Dimas Drajad mengubah skor menjadi 3-2.

Baca Juga

Kemenangan ini diperkirakan akan membuat Timnas Indonesia naik tiga anak tangga di peringkat FIFA dunia, dari posisi sebelumnya setelah mendapat suntikan poin +7,41. 

Media ini juga menyoroti pernyataan Shin Tae-yong usai pertandingan yang menyadari bahwa anak didiknya punya kelemahan dari ranking dan segi fisik dibandingkan Curacao.

Namun demikian, Shin tae-yong menekankan bahwa Elkan Baggott dkk mampu tampil percaya diri dan menunjukkan daya juangnya untuk memenangkan laga tersebut.

Baca Juga

“Pertama-tama, Curacao FIFA rankingnya memang di atas kita, jauh ya, secara postur tubuh pun memang lebih baik dari tim Indonesia,” kata Shin Tae-yong setelah pertandingan.

“Memang banyak hal yang menyusahkan tim kita, sampai gol pertama pun kita kemasukan, tapi tetap kita bisa membalikkan skor dan memang punya kehausan terhadap menang di kandang,” katanya.

“Curacao adalah pemain dengan kondisi fisik yang baik di Amerika Utara dan Tengah. Kami tidak menyerah dan bertarung di depan, kami tidak menyerah dan mereka meminta kami untuk bertarung dengan adil. Kami udah menunjukkan kerja keras,” ujar Shin Tae-yong kepada awak media.

Baca Juga

Selanjutnya, media ini menunggu kelanjutan tuah ‘sihir’ Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia saat berambisi memenangkan Piala AFF 2022 pada bulan Desember mendatang.


2. Media Korea Menanti Tuah Shin Tae-yong di Piala AFF 2022

Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Tahun lalu, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong hanya puas sebagai runner-up usai dikalahkan Thailand di partai final.

“Shin Tae-yong, yang sayangnya hanya jadi runner-up setelah kalah dari Thailand di Piala AFF 2020, menegaskan daya saingnya melawan Curacao yang sedang tumbuh, mencapai perempat final di Piala Emas CONCACAF 2021,” tulis media ini.

Timnas Indonesia berpeluang menambah poin untuk kembali mendongkrak ranking FIFA jika mereka berhasil mengalahkan Curacao di pertemuan kedua FIFA matchday.

Pertandingan leg kedua Timnas Indonesia vs Curacao dijadwalkan akan berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, pada Selasa (27/09/22).

FIFAKorea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini