x

Stadion Pakansari Kerap Kebanjiran, Ketum PSSI Siapkan Antisipasi untuk Timnas Indonesia vs Curacao

Senin, 26 September 2022 16:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/09/22).

INDOSPORT.COM - Laga kedua uji coba Timnas Indonesia vs Curacao akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong pada Selasa (27/09/22). Tapi, kritik mengalir deras ke PSSI terkait pemilihan stadion tersebut. 

Pakansari dipilih untuk menggantikan Jakarta International Stadium (JIS) yang belum teruji atau siap untuk event sepak bola. Menurut PSSI, JIS masih punya beberapa kekurangan yang harus dibenahi terlebih dahulu. 

Baca Juga

Akan tetapi, Stadion Pakansari yang ada di Kabupaten Bogor itu dinilai tidak dalam keadaan oke karena drainase yang buruk.

Hal itu terlihat dalam beberapa laga Liga 1 2022 yang terpaksa ditunda sementara karena ada genangan air ketika hujan deras. 

Baca Juga

Dua kontestan Liga 1 2022, Persikabo 1973 dan RANS Nusantara FC yang bermarkas di Stadion Pakansari sudah merasakannya. Ketika lapangan tergenang air, pertandingan bahkan harus dihentikan sementara.

Menjawab protes publik sepak bola nasional, Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi. Sudah ada antisipasi, apabila hujan deras terjadi pada laga besok malam. 

Baca Juga

"Laporan Panpel kepada saya dan Sekjen PSSI, bahwa sudah antisipasi apabila ada tergenangnya air kalau hujan. Ada beberapa alat penyedot yang disiapkan," kata Ketum PSSI. 

Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI berharap laga Indonesia vs Curacao pada esok hari berjala lancar. Dia mendoakan skuad Garuda kembali meraih kemenangan. 
 


1. Ranking Timnas Indonesia Naik

Pratama Arhan, pemain Timnas Indonesia (kanan). Foto: Pratama Arhan

"Semoga Pakansari kalau hujan gak tergenang di lapangan jadi kita bisa berikan yang terbaik untuk laga nanti," ucap Ketum PSSI. 

Pada pertemuan pertama dua hari lalu, Indonesia berhasil menang atas Curacao dengan skor 3-2. Saat itu, laga dimainkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung. 

Baca Juga

Tiga gol skuad Garuda dicetak oleh Marc Klok ('18), Fachruddin Aryanto ('22) dan Dimas Drajad ('56). Sedangkan, dua gol Curacao dilesakan oleh Rangelo Janga ('6) dan Johan Bacuna ('25). 

Baca Juga

Kemenangan di laga pertama membuat Timnas Indonesia mendapat tambahan 7.41 poin. Saat ini koleksi poin Timnas Indonesia adalah 1.026,14.

Baca Juga

Dengan demikian, posisi Indonesia di ranking FIFA naik tiga peringkat dari 155 ke 153. Skuad Garuda berhasil menggeser Yaman, yang sebelumnya sudah mengoleksi 1.023,52 poin.


2. Rotasi Pemain

Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kemungkinan akan melakukan rotasi pemain untuk laga kedua kontra Curacao. Dia juga lakukan evaluasi karena lawan pasti ingin balas dendam. 
 
"Tim kita memang kurang untuk latihan pertahanan, memang ada beberapa kali kesalahan, dan itu akan lebih fokus memperbaikinya," tutur Shin Tae-yong menyoal hasil di laga pertama. 

Jika mampu memenangkan laga kedua pada dua hari mendatang, maka poin dan ranking Indonesia akan kembali berubah atau naik. Tapi, laga berikutnya tidak akan mudah karena pelatih Curacao menegaskan pasti berbenah dan balas dendam. 
 

PSSITimnas IndonesiaStadion PakansariBola InternasionalTim Nasional CuracaoMochamad Iriawan

Berita Terkini