x

Resmi! Dua Pemain Asli Indonesia Gabung Klub Eropa Musim Ini

Rabu, 28 September 2022 20:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Transfer kejutan terjadi pada jeda internasional bulan ini, di mana dua pemain asli Indonesia resmi memperkuat klub Eropa untuk gelaran kompetisi musim 22/23.

INDOSPORT.COM – Transfer kejutan terjadi pada jeda internasional bulan ini, di mana dua pemain asli Indonesia resmi memperkuat klub Eropa untuk gelaran kompetisi musim 22/23.

Pasca kemenangan beruntun Timnas Indonesia atas Curacao di ajang FIFA Matchday beberapa waktu lalu, kabar gembira kembali datang untuk pecinta sepak bola nasional setelah dua pemain Tanah Air resmi bergabung ke klub Eropa.

Baca Juga

Dua pemain tersebut adalah Benito Benyamin yang berasal dari Medan, serta Ahmad Fadhil Saddam Lubis asal Jakarta.

Kedua pemain yang masih berusia 22 dan 19 tahun tersebut dikabarkan resmi memperkuat klub NK Zvijezda Gradacac, tim yang mentas di Prva Liga FBiH atau kasta kedua Liga Bosnia.

Menurut penuturan Alex Talpes selaku agen kedua pemain, baik Benito Benyamin atau Ahmad Fadhil Soddam Lubis akan mendapat kontrak di NK Zvijezda Gradacac selama satu musim.

Baca Juga

“Benito Benyamin dan Ahmad Fadhil Soddam Lubis gabung NK Zvijezda Gradacac yang tampil di Prva Liga Federasi atau Bosnia Liga 2,” ucap Alex Talpes kepada INDOSPORT.

“Mereka berdua akan mendapat kontrak satu musim sampai 30 Juni 2023 nanti,” tambahnya.

Dari kedua pemain diatas, sosok Ahmad Fadhil Saddam Lubis mungkin cukup dikenal oleh publik lantaran pengalamannya yang sempat menjalani trial di klub Bosnia bulan Agustus lalu.

Baca Juga

Diketahui, bahwa pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sempat melakoni trial bersama NK Romari, klub yang tampil di kasta ketiga Liga Bosnia-Herzegovina.

Selain itu, Ahmad Fadhil Saddam Lubis juga punya pengalaman di kompetisi nasional dengan memperkuat akademi Persija Jakarta pada 2018.


1. Lanjutkan Tren Pemain Indonesia di Bosnia

Ahmad Fadhil Soddam Lubis, pemain Indonesia yang Gabung NK Zvijezda Gradacac di Liga Bosnia

Dengan bergabungnya Benito Benyamin dan Ahmad Fadhil Soddam Lubis ke NK Zvijezda Gradacac yang tampil di Liga Bosnia, membuat Indonesia kembali melanjutkan tren ekspor pemain ke kompetisi negara tersebut.

Sebelum Benito Benyamin dan Ahmad Fadhil Saddam, memang sempat banyak bertebaran pemain-pemain Indonesia yang mentas di Liga Bosnia mulai dari Ronal Setmot, Iner Sontany, Nicolas Diaz hingga Pedriansyah.

Baca Juga

Meski mayoritas pemain tersebut belum catatkan debut di kompetisi resmi, namun pekan awal September kemarin Pedriansyah akhirnya sukses membuat sejarah dengan jadi pesepakbola Indonesia pertama yang bermain di kompetisi resmi Liga Bosnia.

Melansir dari laman resmi kompetisi kasta ketiga Liga Bosnia, diketahui bahwa Pedriansyah turun memperkuat FK Buducnost Pilica di lanjutan pekan ketujuh hari Sabtu (17/09/22) lalu.

Menghadapi FC Hercegovac dalam laga kandang, Prediansyah turun sebagai pemain pengganti pada babak kedua dan bermain selama tiga menit.

Baca Juga

Meski hanya sebentar, namun Prediansyah turut membantu timnya meraih angka penuh setelah FK Buducnost Pilica mengalahkan Buducnost dengan skor 2-0.

Dengan tambahan tiga angka, membuat FK Buducnost Pilica berhasil merangsek naik ke posisi 9 klasemen sementara.

FK Buducnost Pilica masih selisih 6 poin dari FK Jedinstvo Brodac yang kini memuncaki klasemen dan tim yang berpotensi promosi ke kasta kedua Liga Bosnia.

Baca Juga

Sedangkan bagi Prediansyah, sang wingback sukses catatkan rekor sebagai pemain Indonesia pertama yang berhasil tampil di laga resmi Liga Bosnia.

“Prediansyah debut bersama FK Buducnost Pilica. Dia jad pemain Indonesia pertama yang bermain di Liga Bosnia,” ucap Alex Talpes kepada INDOSPORT.


2. Striker Papua Dipastikan Bertahan dan Siap Debut di Eropa Musim Depan

Ronal Setmot Saat Diperkenalkan Sebagai Pemain Baru FK Borac Kozarska Dubica

Meski tak dapat menit bermain di laga resmi sepanjang musim lalu, pemain asal Papua ini dipastikan bakal tetap bertahan dan siap debut bersama klub Eropa musim depan.

Adalah Ronal Setmot, pemain asal Papua tersebut memang sempat membuat kejutan di bursa transfer musim dingin tahun lalu lantaran memutuskan hijrah ke kompetisi Eropa.

Baca Juga

Pada bursa transfer musim dingin kemarin, Ronal Setmot yang sempat memperkuat Persipura itu hengkang ke klub FK Borac Kozarska Dubica yang mentas di ajang First League of RS atau kasta kedua Liga Bosnia.

Bersama FK Borac Kozarska Dubica, Ronal Setmot bakal mendapat kontrak selama satu tahun atau hingga gelaran Liga Bosnia musim 2023 mendatang.

Namun sayang, sejak hengkang ke Bosnia pemain berusia 28 tahun tersebut belum pernah catatkan satu pertandingan resmi bersama FK Borac Kozarska Dubica.

Baca selengkapnya: Striker Papua Dipastikan Bertahan dan Siap Debut di Eropa Musim Depan

Bursa TransferBosnia-Herzegovina

Berita Terkini