x

Liga 1: Seto Lebih Optimis Saat PSS Sleman Hadapi Persita, Ze Valente Sudah Kembali?

Kamis, 29 September 2022 03:52 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Foto: PSS Sleman

INDOSPORT.COM - PSS Sleman lebih optimis menatap laga melawan Persita Tangerang pada lanjutan Liga 1 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (29/9/22). Beberapa nama yang sempat cedera sudah kembali, termasuk Ze Valente.

Ze Valente merupakan roh dari permainan tim PSS Sleman. Gelandang asal Portugal ini menjadi penyalur bola yang bagus dari lini belakang ke depan.

Baca Juga

Dalam dua laga terakhir, Ze Valente absen karena mengalami cedera hamstring. Terlihat absennya Ze Valente sedikit mengurangi mobilitas lini tengah.

Saat melawan Persita Tangerang, Ze Valente kemungkinan besar sudah main lagi. Ze Valente mencetak enam gol saat PSS memberondong gawang tim BNNP DIY dengan 18 gol, Jumat (23/9/22) lalu.

Selain Ze Valente, ada beberapa nama yang bakal come back. Salah satunya mantan bek Timnas Indonesia, Dedi Gusmawan. Pemain yang pernah berkarir di Liga Myanmar ini menyusul Purwaka Yudi yang pulih dari cedera.

Baca Juga

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, menjadi lebih optimis ketika banyak pemain menghiasi timnya. Dalam satu posisi, Seto punya beberapa opsi untuk diturunkan.

"Saya pikir kondisi tim akan semakin baik dengan bergabungnya beberapa pemain yang kemarin sempat cedera. Walaupun belum 100 persen, tapi minimal ini memberi banyak pilihan," ucap Seto, Rabu (28/9/22).

Seto tak menyebut apakah Ze Valente sudah siap main lagi di Liga 1, setelah produktif pada laga uji coba. Pelatih berlisensi AFC Pro itu hanya menunggu rekomendasi tim medis terkait siapa saja yang siap melawan Persita.

Baca Juga

Pihaknya tak ingin, hanya gara-gara satu partai saja, PSS Sleman bisa rugi dalam jangka panjang. Dari pekan sebelas sampai selesai putaran pertama, jadwal Liga 1 sangat padat.

"Ada beberapa yang masih latihan terpisah, tapi kondisinya sudah lebih baik dari sebelumnya. Kita akan tunggu rekomendasi dari medis tentang siapa saja yang bisa tampil," tutur Seto.


1. Persita Tim Berkualitas

Pertandingan antara PSS Sleman vs Persita Tangerang di laga BRI Liga 1 2022.

Bicara soal Persita, Seto menilai Ramiro Fergonzi dkk. merupakan tim yang berkualitas. Mereka bukanlah tim yang mudah dikalahkan seperti saat Piala Presiden 2022 lalu.

Buktinya, Persita kini nangkring di posisi enam dengan 19 poin. Tujuh poin di antaranya didapat dari hasil lima laga tandang.

Baca Juga

"Persita dalam tren yang bagus. Ini yang harus kita waspadai. Kita coba mengantisipasi pada masa persiapan kemarin. Harapannya pemain bisa paham dengan apa yang akan kita lakukan," jelas Seto.

Seto juga turut memuji tangan dingin Alfredo Vera. Meski musim lalu harus menelan pil pahit ketika degradasi bersama Persipura Jayapura, namun Seto menilai sentuhan Alfredo Vera sangat terlihat.

"Coach Vera pegang beberapa tim di Indonesia cukup bagus. Walau musim kemarin sempat ini (degradasi), tapi cara bermainnya sangat bagus," ucap Seto.

Baca Juga

Ditambahkan bek PSS, Dedi Gusmawan, para pemain dalam kondisi siap tempur menuju laga melawan Persita. Ia berharap situasi ini bisa bertahan sampai wasit meniup peluit tanda laga dimulai.

"Kita dari para pemain sudah siap. Semoga sampai pertandingan nanti kita tetap sehat dan bisa menjalankan instruksi pelatih," ujar Dedi.

Bagi Dedi, laga ini cukup spesial. Musim lalu, ia merupakan bagian dari Pendekar Cisadane yang dilatih Widodo Cahyono Putro. Dedi melihat Persita musim ini sangat berbeda.

Baca Juga

"Saya lihat persita musim ini berbeda dengan musim kemarin. Semua pemain patut diwaspadai," ungkap Dedi.

Dalam laga ini, PSS masih tak akan mendapat dukungan penuh dari suporter setianya. Baik dari Slemania maupun Brigata Curva Sud sama-sama rehat dari stadion selama bulan September ini, imbas meninggalnya dua anggota BCS pada Agustus lalu.


2. Persita Kehilangan Striker Ganas Jelang Lawan PSS Sleman

Striker Persita Tangerang, Ramiro Fergonzi. Foto: Persita Tangerang

Persita Tangerang dipastikan tidak bisa memainkan striker asing, Ramiro Fergonzi dipekan ke-11 Liga 1 2022 melawan PSS Sleman, Kamis (29/09/22), mendatang di Stadion Maguwoharjo.

Pemain asal Argentina itu dilaporkan mengalami cedera di paha kiri. 'Kesialan' itu didapatnya saat sesi latihan tim beberapa hari lalu.

Baca selengkapnya: Persita Tangerang Dipastikan Kehilangan Striker Ganasnya saat Lawan PSS Sleman

Persita TangerangPSS SlemanLiga IndonesiaSeto NurdiantoroLiga 1Ze Valente

Berita Terkini