x

Sepak Terjang 5 Negara Asia di Piala Dunia, Termasuk Indonesia Tempo Dulu

Kamis, 29 September 2022 20:13 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat sepak terjang sejumlah negara Asia di Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSOPORT.COM - Sejumlah negara Asia dipastikan berpartisipasi di gelaran Piala Dunia 2022 Qatar, seperti sang tuan rumah, Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Arab Saudi.

Namun jauh sebelum edisi tahun ini, hajatan Piala Dunia sudah pernah diikuti banyak negara Benua Kuning termasuk Indonesia.

Baca Juga

Kini, jelang perhelatan di Qatar, mari mengingat sejenak sepak terjang negara-negara asal Asia yang pernah berpartisipasi di Piala Dunia sepanjang sejarah.

Dari sekian negara tersebut, berikut ada lima yang akan dibahas di artikel ini. Salah satunya Indonesia tempo dulu yang masih bernama Hindia-Belanda.

Korea Selatan

Mari mulai dari negara Asia yang paling banyak tampil di Piala Dunia. Sejauh ini, Korea Selatan sudah 11 kali berpartisipasi di kompetisi akbar empat tahunan tersebut.

Baca Juga

Dari 11 penampilan itu, hasil terbaik yang mereka peroleh adalah peringkat empat di edisi 2002 silam, saat menjadi tuan rumah bersama sang tetangga, Jepang.

Raihan tersebut pun membawa euforia yang luar biasa bagi publik Negeri Ginseng. Apalagi, setelah Park Ji-sung dkk berhasil menumbangkan Spanyol dengan dramatis di perempat final.

Skor sama kuat 0-0 yang tetap bergeming sampai extra time berakhir, membuat kedua tim melangkah ke babak adu penalti.

Baca Juga

Ganas! Lima eksekutor Timnas Korea Selatan termasuk Park Ji-sung berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

Tiket ke semifinal Piala Dunia 2002 pun berhasil mereka raih setelah unggul 5-3 atas Spanyol, yang kehilangan momen saat Joaquin gagal mengeksekusi bola ke gawang Korea Selatan dengan sempurna.


1. Selain Korea Selatan, Negara Mana Lagi?

Melihat sepak terjang sejumlah negara Asia di Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

Namun di semifinal, langkah Korea Selatan sayangnya harus terhenti di tangan Jerman yang menekuk mereka dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Michael Ballack sudah cukup mengirim anak-anak asuh Guus Hiddink ke partai perebutan tempat ketiga melawan Turki.

Baca Juga

Korea Selatan pada akhirnya finis di peringkat empat setelah kalah di laga melawan Turki tersebut dengan skor 2-3.

Jepang

Beranjak ke negara Asia kedua yang sering tampil di Piala Dunia. Tidak beda jauh dari Korea Selatan, Jepang juga memiliki kekuatan sepak bola yang kuat di jajaran negara Benua Kuning.

Sebut saja Shinji Kagawa, Yasuhito Endo, Shinji Okazaki, Keisuke Honda, atau pemain muda macam Takefusa Kubo, adalah sejumlah nama yang cukup dikenal publik melalui sepak terjang mereka di lapangan.

Baca Juga

Namun nasib Jepang di Piala Dunia sejauh ini tidak terlalu mengesankan. Meski turut jadi tuan rumah di edisi 2002, mereka tidak melaju jauh seperti Korea Selatan.

Raihan terbaiknya di Piala Dunia 2002 hanya sampai di 16 besar, usai ditekuk di Turki dengan skor tipis 1-0.

Korea Utara

Selanjutnya ada negara yang dianggap ‘tertutup’ terhadap dunia luar, Korea Utara. Meski begitu, tim sepak bola negara ini pernah menuai kesuksesan di Piala Dunia 1966.

Baca Juga

Saat itu, mereka menghadapi skuad Timnas Portugal yang berisikan legenda macam Eusebio. Sayang, Korea Utara kalah di perempat final dengan skor 3-5.

Sejauh ini, ‘tetangga’ Korea Selatan tersebut sudah berpartisipasi dua kali di kompetisi Piala Dunia.

 

2. Ada Indonesia Tempo Dulu

Melihat sepak terjang sejumlah negara Asia di Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

Indonesia (Dutch East Indies)

Pada masa dulu, Indonesia yang masih bernama Hindia Belanda pernah mencatat rekor hebat sebagai negara Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia.

Peristiwa tersebut terjadi sudah lama sekali, yakni pada tahun 1938. Bahkan untuk lolos, Indonesia yang memakai nama Dutch East Indies tidak perlu melalui fase kualifikasi.

Baca Juga

Saat itu, benua-benua yang belum pernah berpartisipasi di Piala Dunia sejak tahun 1930 mendapat undangan, termasuk Asia.

Awalnya, Jepang adalah wakil yang dikirim Asia untuk bermain di Piala Dunia 1938 namun kemudian tempatnya digantikan oleh Indonesia.

Namun lolos tanpa melalui kualifikasi tidak menjadikan langkah Indonesia menjadi mudah. Pasalnya, mereka harus menghadapi Hungaria di pertandingan pertama.

Baca Juga

Berhubung dahulu Piala Dunia langsung menganut sistem gugur di pertandingan pertama, Indonesia alias Dutch East Indies yang takluk di tangan Hungaria harus rela tersingkir cepat dari kompetisi.

Tidak tanggung-tanggung, Hungaria membabat habis Dutch East Indies dengan skor telak 6-0 di Reims, Pracis.

Australia

Lanjut ke negara yang ‘nebeng’ embel-embel Asia saat berlaga di kompetisi-kompetisi kontinental, Australia.

Baca Juga

Sepanjang sejarah, Australia sudah berpartispasi di enam gelaran Piala Dunia. Jumlah ini sama banyaknya dengan Iran dan Arab Saudi.

Hanya saja, Australia masih unggul dengan raihan terbaiknya sampai putaran kedua kompetisi.

AustraliaJepangPiala DuniaIndonesiaKorea SelatanKorea UtaraPiala Dunia 2022Bola InternasionalOne Football

Berita Terkini