x

Juara EPA U-16 2022 Usai Kalahkan Persija, Persib Sampaikan Duka Cita Insiden Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 15:53 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Persib U-16 juara Elite Pro Academy PSSI U-16 2022. Foto: Media officer Persib

INDOSPORT.COM - Persib Bandung U-16 menjuarai Elite Pro Academy PSSI U-16 2022, setelah menaklukkan Persija dengan skor tipis 1-0 di laga final yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (02/10/22).

Gol tunggal kemenangan Persib U-16 pada partai final Elite Pro Academy PSSI U-16 2022 dicetak oleh Violano Januar, saat pertandingan memasuki menit 33.

Baca Juga

Setelah pertandingan pelatih Persib U-16, Asep Rahmat Saputra, mengaku bersyukur dengan hasil maksimal yang diraih anak asuhnya pada Elite Pro Academy PSSI U-16 2022.

Meski demikian, Asep turut mengucapkan belasungkawa atas kejadian yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, usai laga Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya, Sabtu (01/10/22) malam.

Sebagai informasi, insiden kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, menimbulkan jatuhnya korban jiwa yang jumlahnya lebih dari 100 orang.

"Tutut berduka cita untuk suporter di Kanjuruhan yang terkena musibah, kita atas Akademi Persib dan Persib 16 turut berduka cita atas meninggalnya suporter," kata Asep setelah pertandingan.

Baca Juga

Menurut Asep, insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan diharapkan jadi yang terakhir, selain itu semua pihak harus introspeksi diri agar kedepannya sepak bola Indonesia bisa lebih baik lagi.

"Sepak bola Indonesia harus lebih baik lagi mulai dari pemain suporter dan juga manajemennya, memberikan suatu pelajaran dan hikmah dibalik semua itu, agar ada perbaikan lagi di masa mendatang," ucapnya.

"Meskipun suasana berduka tapi Allah juga memberikan suatu kehormatan, kebahagian dan rezeki buat Persib 16 yang juara EPA," ujarnya menambahkan.

Baca Juga

Hasil maksimal yang diraih Persib U-16 di Elite Pro Academy PSSI U-16 2022, menurut Asep sesuai dengan target yang diinginkan, sekaligus menebus kesalahan di musim sebelumnya.

"Seperti hal yang saya inginkan, saya memang ingin menebus kesalahan di 2021, dimna Persib 18 dan 16 masuk final cuma sayang," kata Asep.


1. Penampilan Terbaik

Persib U-16 juara Elite Pro Academy PSSI U-16 2022. Foto: Media officer Persib

Pada musim ini, tiga perwakilan Persib tampil cukup bagus di Elite Pro Academy PSSI 2022, hanya saja Persib U-16 yang mampu keluar sebagai juara, setelah mengalahkan Persija.

"Dan sekarang juga satu yang berhasil juara meskipun ketiga tim U-14, U-18 masuk 16 juga, hanya 16 yang juara," ungkap Asep.

Baca Juga

Asep tak menampik, anak asuhnya sedikit memiliki beban bermain di Jakarta, meski begitu hal itu dijadikan motivasi oleh skuat Maung Ngora untuk menampilkan permainan terbaiknya.

"Sebetulnya ini jadi beban buat anak-anak, tapi ini jangan jadi beban jadi motivasi supaya apa yang kita korbankan selama ini di Jakarta," jelasnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah memberikan dukungan kepada skuat Maung Ngora, sehingga timnya bisa melalui Elite Pro Academy 2022 dengan hasil maksimal.

Baca Juga

"Dan saya juga berterima kasih kepada semuanya yang selalu mendukung sehingga bisa tim ini lancar Alhamdulillah dari putaran pertama hingga ketiga, walaupun sempat mengalami kekalahan tapi buka berarti kita menyerah tapi ini proses," ucapnya.

"Di sepakbola kita juga harus merasakan menang seri kalah, semua itu bekal buat mereka agar kedepan lebih matang," ujarnya.


2. Kontribusi untuk Timnas

Persib U-16 juara Elite Pro Academy PSSI U-16 2022. Foto: Media officer Persib

Asep merasa optimis, jika pembinaan terus dilakukan secara maksimal, maka Persib bisa memberikan kontribusi bagi sepak bola Indonesia terutama untuk timnas.

"Kalau ini dibina terus insya Allah Persib akan memberikan kontribusi terhadap sepak bola Indonesia," harapnya.

Baca Juga

Kunci keberhasilan Persib U-16 pada Elite Pro Academy PSSI U-16 2022, menurut Asep, diantaranya kerja keras dan kekompakan. Sehingga, target meraih hasil maksimal bisa tercapai.

"Kuncinya memang dari awal berikan motivasi kepada anak-anak. apakah mau pulang dengan merunduk atau pulang dengan menangis bahagia, karena kalian sudah memberikan yang terbaik menciptakan sejarah baru kita bisa menjadi juara Nusantara open dan EPA," ujarnya.

Baca Juga

"Terima kasih juga telah diberikan kepercayaan dari manajemen ini, jadi tantangan buat saya untuk memberikan yang terbaik. Intinya kita harus selalu kebersamaan, disiplin, peduli, intinya kita harus memberikan semua itu dengan hati," pungkasnya.

Persija JakartaKanjuruhanPSSIAremaniaPersib U-16Liga IndonesiaArema FCElite Pro Academy (EPA) Liga U-16

Berita Terkini