x

Umumkan Pensiun, Ini 5 Momen Paling Spesial Gonzalo Higuain Sepanjang Kariernya

Selasa, 4 Oktober 2022 16:06 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gonzalo Higuain saat membela klub MLS, Inter Miami. Foto: Jasen Vinlove-USA TODAY Sports/File Photo via Reuters.

INDOSPORT.COM - Pemain Inter Miami, Gonzalo Higuain, baru saja mengngkap keputusannya untuk pensiun.

Keputusan ini sekaligus menandakan berakhirnya karier 17 pemain asal Argentina ini di level klub setelah mundur dari timnas pada 2019 lalu.

Baca Juga

Ya, Gonzalo Higuain telah memutuskan angkat kaki dari Timnas Argentina usai berbicara dengan sang pelatih, Lionel Scaloni.

“Waktu saya bersama Argentina telah selesai,” ucapnya kepada Fox Sports seperti penah diwartakan laman The Guardian.

Bahkan saat mengumumkan pensiun dari Timnas Argentina, mantan pemain Juventus tersebut juga turut ‘menyenggol’ pihak-pihak yang selama ini selalu mengkritik pedas penampilan dirinya di tim.

Baca Juga

“Orang-orang akan senang, mulai sekarang saya akan mengamati tim dari luar. Saya sudah berbicara dengan Scaloni dan mengungkapkan sudut pandang saya,” lanjutnya lagi.

Setelah pensiun dari Timnas Argentina, Gonzalo Higuain praktis hanya disibukkan dengan kegiatan-kegiatannya di level klub.

Namun kini ia pada akhirnya harus melepas kesibukan tersebut usai memutuskan gantung sepatu di klub Major League Soccer (MLS), Inter Miami.

Baca Juga

“Striker Argentina, Gonzalo Higuain, telah mengumumkan pensiun pada hari ini dan mengakhiri karier bintangnya pada akhir musim MLS 2022,” ungkap klub dalam pernyataan resminya di media sosial.

Meski sudah mengumumkan pensiun, sang pemain masih akan memperkuat Inter Miami di dua laga pamungkas mereka di MLS, yakni melawan Orlando City dan Montreal.


1. Pernah Bersinar di Banyak Klub Eropa

Gonzalo Higuain saat membela klub MLS, Inter Miami. Foto: Jasen Vinlove-USA TODAY Sports/File Photo via Reuters.

Selama berkarier sebagai pesepak bola, Gonzalo Higuain sudah mencicipi banyak kesuksesan bersama tim-tim Eropa seperti Real Madrid, Napoli, Juventus, dan Chelsea.

Setelah puas dengan itu semua, ia lalu memilih angkat kaki dan menjajal kompetisi MLS. Klub David Beckham, Inter Miami, adalah pelabuhan yang dipilihnya setelah menyudahi karier di Juventus pada 2020.

Baca Juga

Hanya saja, popularitas MLS yang tidak seramai liga-liga top Eropa seperti menenggelamkan namanya di kalangan para penggemar sepak bola.

Akan tetapi, MLS-lah yang pada akhirnya menjadi panggung terakhir Gonzalo Higuain setelah sempat dikabarkan akan pensiun beberapa bulan lalu.

Nah berikut ini redaksi berita olaharga INDOSPORT.com telah merangkum lima momen terbaik sang pemain selama 17 tahun kariernya di dunia si kulit bundar.

Baca Juga

Cetak Sejarah di Real Madrid

Momen pertama adalah keberhasilannya masuk buku sejarah raksasa Liga Spanyol, Real Madrid, pada tahun 2010 silam.

Pada saat itu, ia mencatatkan gol ke-700 Real Madrid di Liga Champions saat menghadapi wakil Italia, AC Milan. Gol keramat itu terjadi pada menit ke-45 memanfaatkan umpan dari Angel Di Maria.

Di pertandingan yang digelar pada November 2010 tersebut, Real Madrid dan AC Milan sama-sama bermain imbang dengan mencetak dua gol.

Baca Juga

Meski Real Madrid tidak menang, di sisi Gonzalo Higuain berhasil menjadikan hari itu spesial baginya dengan raihan gol Real Madrid yang ke-700 di Liga Champions.

Sebelum Gonzalo Higuain, mereka yang juga mencatatkan namanya sebagai pencetak gol bersejarah Real Madrid di Liga Champions adalah David Beckham (600), Guti (500), dan yang lainnya.

 

2. Momen Spesial Gonzalo Higuain Lainnya

Gonzalo Higuain saat membela klub MLS, Inter Miami. Foto: Jasen Vinlove-USA TODAY Sports/File Photo via Reuters.

Pecah Rekor di Liga Italia

Dari Real Madrid, mari beralih ke masa-masa Gonzalo Higuain membela Napoli di Liga Italia pada muaim 2014-2015.

Dengan hattrick kontra Frosinone, ia berhasil mencatatkan 36 gol yang ternyata memecahkan rekor di kancah Serie A.

Baca Juga

Sebelumnya, pemegang rekor terbanyak di kompetisi ini adalah Gunnar Nordahl (AC Milan), dengan raihan 35 gol pada musim 1949-1950.

Sebanyak 36 gol sejatinya pernah dicetak oleh Gino Rossetti (Torino) pada musim 1928-1929, namun pada waktu itu ia masih bermain di Divisione Nazionale dan kompetisi Serie A belum resmi dilahirkan.

Piala Dunia

Satu lagi momen penting dalam karier Gonzalo Higuain yakni bersama Timnas Argentina di Piala Dunia 2014, di mana gol tunggalnya berhasil membawa La Albiceleste lolos dari perempat final.

Baca Juga

Gol itu pun menjadi spesial lantaran jadi penentu keberhasilan Timnas Argentina lolos ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah 24 tahun.

Transfer ke Juventus

Kepindahan Gonzalo Higuain ke Juventus pada dari Napoli pada 2016 mencatatkan namanya sebagai salah satu transfer termahal yang pernah terjadi di Serie A Liga Italia.

Namun nilai transfernya yang mencapai 90 juta euro tersebut masih belum bisa mengalahkan angka Cristiano Ronaldo saat pindah dari Real Madrid, 100 juta euro.

Baca Juga

Gol Juara Real Madrid

Tampil dari bangku cadangan sebagai supersub, Gonzalo Higuain menjadi penentu kemenangan Real Madrid di pertandingan tersebut untuk menggondol gelar juara Liga Spanyol 2007-2008.

Jika tidak ada golnya, Real Madrid nampaknya harus menunda pesta juara mereka musim itu, padahal selanjutnya mereka dijadwalkan berjumpa Barcelona di laga El Clasico.

Gonzalo HiguainMajor League Soccer (MLS)Bola InternasionalInter MiamiOne Football

Berita Terkini