x

Bedah Formasi Mengerikan Persib Jika Boyong Jonathan Bauman: Siap Bersaing di Piala AFC?

Kamis, 6 Oktober 2022 20:01 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Bedah formasi yang bakal diterapkan klub Liga 1, Persib Bandung, andai mereka berencana datangkan kembali eks mesin gol asal Argentina, Jonathan Bauman.

INDOSPORT.COM – Melihat formasi yang bakal diterapkan klub Liga 1 Indonesia, Persib Bandung, andai mereka berencana datangkan kembali eks mesin gol asal Argentina, Jonathan Bauman.

Nama Jonathan Bauman belakangan jadi perbincangan hangat para pecinta sepak bola nasional, terutama buat penggemar klub Persib Bandung.

Baca Juga

Pasalnya, pemain berusia 31 tahun tersebut baru saja membawa timnya menjuarai Copa Sudamericana 2022 usai mengalahkan raksasa Liga Brasil, Sao Paulo di partai final.

Pada laga puncak kompetisi tertinggi kedua antar klub benua Amerika Latin tersebut, Independiente del Valle yang diperkuat Jonathan Bauman berhasil menang dengan skor 2-0.

Tak hanya meraih gelar juara, di musim lalu Jonathan Bauman juga mampu menyabet gelar top skor Ecuadorian Serie A atau kasta tertinggi Liga Ekuador bersama Independiente del Valle.

Baca Juga

Berkat sederet prestasi tersebut, tak heran jika nama Jonathan Bauman kini jadi sorotan terutama bagi para fans Persib Bandung yang sempat rasakan servisnya di Liga 1.

Jonathan Bauman sempat memperkuat Persib pada musim 2018 silam. Mandul di dua laga awal, sang striker langsung unjuk gigi dengan cetak empat gol beruntun dari pekan ke-5 hingga 10.

Di akhir musim, Jonathan Bauman berhasil mengumpulkan 12 gol dan memberikan 8 assists dari 26 pertandingan buat Maung Bandung.

Baca Juga

Sayangnya, meski gemilang di musim debut Liga 1 bersama Persib, karier Jonathan Bauman malah tak bertahan lama di Indonesia dan dilepas manajemen pada akhir kompetisi.

Sejauh ini memang tidak ada pernyataan resmi ataupun rumor terkait kedatangan Jonathan Bauman ke Persib, namun dengan prestasi gemilangnya di Liga Ekuador dipastikan bakal membuat tim manapun di Liga 1 semakin perkasa.

Andai bergabung ke Persib pada jeda transfer nanti, Jonathan Bauman bisa membentuk trio lini serang mematikan dan akan membawa Pangeran Biru rajai kompetisi domestik.


1. Formasi Persib Bersama Jonathan Bauman

Pelatih Persib, Luis Milla bersama pemainnya Rachmat Irianto, saat konferensi pers jelang lawan Persija Jakarta.

Melansir dari laman Transfermakt, diketahui bahwa Jonathan Bauman tak hanya mampu bermain sebagai striker tunggal melainkan juga melebar di posisi winger dan second striker.

Dengan kemampuan tersebut, maka Jonathan Bauman akan sangat cocok dengan komposisi skuat Persib yang dilatih Luis Milla sekarang.

Baca Juga

Namun kehadiran Jonathan Bauman berpotensi mencoret satu slot pemain asing Persib. Jika melihat daftar yang ada, nama Nick Kuipers tampaknya layak untuk dilepas meski sang bek tampil gemilang.

Walau harus kehilangan Nick Kuipers, namun Persib masih punya sederet bek tangguh sekelas Rachmat Irianto, Victor Igbonefo serta Daisuke Sato yang juga bisa dimainkan sebagai center back.

Sehingga melepas Nick Kuipers untuk memberikan ruang kepada Jonathan Bauman, merupakan keputusan terbaik untuk Persib pada bursa transfer nanti.

Baca Juga

Dengan datangnya Jonathan Bauman, praktis Persib bakal bermain all out attack lantaran mereka punya barisan penyerang ganas yang siap bawa Maung Bandung pesta gol.

Berkaca dari gaya main Luis Milla yang kental dengan umpan-umpan pendek dan memaksimalkan kecepatan para sayap, maka taktik 4-4-2 jadi formasi yang paling layak diterapkan Persib Bandung.

Pada formasi ini, empat pemain bertahan Persib akan ditempati oleh Daisuke Sato, Rachmat Irianto, Achmad Jufriyanto serta Henhen Herdiana.

Baca Juga

Keempatnya akan mengawal gawang Persib yang dijaga Reky Rahayu. Pemain asal Tangerang ini memang sukses mendapatkan tempat utama di bawah kepelatihan Luis Milla.

Berlanjut ke posisi gelandang, ada duet pemain Timnas Indonesia yakni Marc Klok dan Ricky Kambuaya yang bakal menjadi pengatur tempo serangan serta penjaga kedalaman di lini tengah.


2. Duet Jonathan Bauman dan David da Silva

Selebrasi gol David da Silva ke gawang Barito Putera.

Membantu penyerangan dari sektor sayap, ada Febri Hariyadi serta Ciro Alves yang akan memainkan peran winger atau Inverted Winger.

Kedua pemain tersebut tak cuma bergerak di sisi pinggir, namun juga mampu merangsek ke kotak penalti untuk melakukan cutting inside.

Baca Juga

Berbekal kecepatan serta akurasi tembakan, kehadiran Febri Hariyadi dan Ciro Alves jelas bakal jadi ancaman serius buat pertahanan lawan.

Tak hanya Febri Hariyadi dan Ciro Alves, ada duet mematikan lain yakni Jonathan Bauman dan David da Silva yang dipastikan kian membuat Persib mudah cetak gol.

Saat masih berseragam Persib, Jonathan Bauman memang sering dipasangkan dengan satu striker lain dan sukses menampilkan performa apik.

Andai dirinya kembali ke Persib musim ini, maka Jonathan Bauman akan bertandem dengan salah satu mesin gol Liga 1 asal Brasil, David da Silva.

Dengan duet keduanya ditambah kecepatan para sayap, Persib diprediksi bakal mampu rajai Liga 1 dan bersaing di ajang Piala AFC musim depan.

Persib BandungLiga 1Jonathan Bauman

Berita Terkini