x

Viral, Video Suporter Arema FC Masuk ke Lapangan Sebelum Tragedi Kanjuruhan, untuk Semangati Pemain

Kamis, 6 Oktober 2022 17:01 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

INDOSPORT.COM – Sebuah video yang memperlihatkan suporter Arema FC terobos ke lapangan sebelum tragedi Kanjuruhan menjadi viral di media sosial.

Hingga saat ini seluruh mata dunia tengah menyoroti sepak bola Indonesia pasca terjadinya tragedi Kanjuruhan yang merenggut ratusan korban jiwa.

Baca Juga

Insiden nahas ini terjadi setelah Arema FC kalah 2-3 atas Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (01/10/22) akhir pekan lalu.

Awal mula kejadian ini ialah terdapat sejumlah suporter yang menerobos lapangan, kemudian diikuti oleh para penggemar lainnya.

Namun pihak polisi memutuskan untuk memukul mundur para suporter, tapi dengan menggunakan gas air mata yang ditembakkan ke berbagai titik, termasuk ke tribun penonton.

Baca Juga

Sontak para penonton dan suporter langsung panik dan berhamburan keluar. Pintu keluar yang seharusnya menjadi jalur untuk menyelamatkan diri malah ditutup rapat, sehingga orang-orang berdesakkan dan kehabisan oksigen yang bercampur gas air mata.

Belum lama ini pihak kepolisian setempat mengumumkan ada 131 orang meninggal dunia, dua di antaranya merupakan aparat polisi.

Pasca tragedi Kanjuruhan, sejumlah pihak pun saling tuding siapa yang menjadi biang kerok awal mula insiden yang merenggut ratusan jiwa ini.

Baca Juga

Di antaranya ada yang menuduh bahwa suporter pertama yang menerebos lapangan menjadi provokator awal mula tragedi Kanjuruhan untuk meluapkan kekecewaan dan kekesalannya kepada para pemain Arema FC.

Namun belum lama ini viral sebuah video yang menunjukkan bahwa suporter yang menerobos lapangan tak membuat ricuh, namun hanya memeluk dan memberikan dukungan untuk pemain Arema FC sebelum terjadinya tragedi Kanjuruhan.


1. Viral Video Suporter yang Beri Semangat untuk Pemain Arema FC

Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

Hal ini diketahui dari unggahan @dede_dedot96 di Twitter, yang mengutip video dari @ajengbiasasaja di TikTok.

Dalam cuitan itu, disebutkan bahwa dua orang suporter yang menerobos masuk lapangan bukan menjadi seorang provokator.

Baca Juga

Melainkan kedua suporter itu hanya ingin memberikan pelukan dan dukungan sekaligus menaikkan mental para pemain Arema FC usai kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya, sebelum tragedi Kanjuruhan pecah.

Pelukan dua suporter yang masuk ke lapangan itu pun dibalas dengan baik oleh para pemain Singo Edan. Sementara kondisi di area tribun cukup kondusif, dan terlihat juga aparat kepolisian masih berjaga di area pinggir lapangan.

Baca Juga

Sontak bukti video yang viral itu pun langsung diserbu beragam komentar pro dan kontra dari netizen maupun penggemar sepak bola Indonesia.

Di sisi lain, pihak FIFA dan AFC dikabarkan bakal segera kunjungi Indonesia untuk menindaklanjuti pascakejadian yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.


2. FIFA dan AFC Segera Sambangi Indonesia

Patung Singa Tegar Jawara jadi pusat jujukan warga untuk mengenang tragedi Kanjuruhan. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Perwakilan FIFA dan AFC direncanakan menyambangi Indonesia dalam waktu dekat guna menindaklanjuti pascakejadian yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kamis (06/10/22).

Kabar kedatangan FIFA dan AFC diutarakan oleh Wakil Sekjen PSSI, Maike Ira Puspita. Maaike menjelaskan kedatangan FIFA dan AFC untuk memberikan dukungan kepada PSSI usai Tragedi Kanjuruhan. 

Maaike menjelaskan PSSI saat ini memang sedang dalam posisi sulit imbas kejadian di Stadion Kanjuruhan. Untuk itu kedatangan FIFA dan AFC untuk memberikan dukungan terhadap PSSI.

Baca selengkapnya: FIFA dan AFC Segera Sambangi Indonesia Beri Dukungan Terkait Tragedi Kanjuruhan

Persebaya SurabayaKanjuruhanLiga IndonesiaArema FCTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini