x

4 Kuda Hitam Paling Menyeramkan di Sejarah Piala Dunia, Ada Korea Selatan

Jumat, 7 Oktober 2022 19:14 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia merupakan kompetisi sepak bola paling bergengsi di muka bumi ini. Secara keseluruhan, terdapat 4 kuda hitam paling menyeramkan sepanjang sejarah, salah satunya Korea Selatan. 

Piala Dunia pertama kali digelar oleh FIFA pada tahun 1930 dan sudah didominasi dengan negara-negara yang punya para pemain berkualitas. 

Baca Juga

Bahkan tercipta mitos bahwa Piala Dunia sepanjang sejarah dikuasai oleh tim-tim nasional negara dari Eropa dan Amerika Selatan saja. 

Kedua benua itu memang punya perkembangan sepak bola yang pesat. Jadi, wajar negara-negara dari Eropa dan Amerika Selatan tidak hanya sekali juara dunia. 

Kita bisa sebut Brasil, yang sudah menjuarai Piala Dunia sebanyak lima kali, disusul oleh Argentina dan Uruguay dengan masing-masing dua gelar. 

Baca Juga

Sementara dari Eropa, Jerman dan Italia juga sama-sama sudah menjuarai ajang bergengsi di bumi ini sebanyak empat kali. 

Ada juga Prancis yang sudah pernah mengangkat trofi Piala Dunia sebanyak dua kali. 

Karena saking kuatnya negara-negara besar tersebut, bisa terhitung jari ada kuda hitam yang mampu menjuarai Piala Dunia. 

Baca Juga

Namun kuda hitam tetaplah kuda hitam, meski jarang juara, mereka mampu berbicara banyak alias menyulitkan negara-negara unggulan. 

Siapa sajakah kuda hitam paling menyeramkan sepanjang sejarah Piala Dunia? Simak selengkapnya di bawah ini. 


1. Tim Kuda Hitam Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Kapten Kroasia, Luka Modric.

1. Bulgaria

Yang pertama adalah Bulgaria, sebuah negara kecil bahkan bukan langganan Piala Dunia. Mereka sangat jarang ikutan kompetisi empat tahunan ini. 

Namun, pernah suatu kali Bulgaria mengejutkan publik sepak bola dunia ketika tampil di Piala Dunia 1994. 

Kompetisi yang kala itu digelar di Amerika Serikat, menjadi saksi Bulgaria yang dibela oleh Hristo Stoichkov mampu menaklukkan Jerman dan menembus babak semifinal. 

Baca Juga

2. Uruguay

Selanutnya adalah tim kuda hitam yang tidak hanya mengejutkan, tapi juga menjadi juara Piala Dunia. 

Namun momen ketika Uruguay juara, Piala Dunia masih berisikan beberapa tim saja karena efek Perang Dunia. 

Terbukti, ketika jumlah peserta kembali normal, Uruguay zaman sekarang sulit melaju jauh di Piala Dunia. 

Namun, kita harus ingat, Uruguay pernah mengejutkan di Piala Dunia 2010 silam. Mereka berhasil lolos ke semifinal, meski pulang dari kompetisi dengan titel peringkat ketiga. 

Baca Juga

3. Kroasia

Kroasia juga mirip dengan Bulgaria, bukan negara yang kental dengan kultur sepak bola. Apalagi Kroasia baru berdiri sebagai sebuah negara merdeka pada 1991 silam. 

Tapi Kroasia berhasil mengejutkan dunia dengan berhasil merebut titel peringkat ketiga di Piala Dunia 1998. 

Bahkan rekor pribadi tersebut dipecahkan oleh Timnas Kroasia generasi Luka Modric dkk, ketika menembus final Piala Dunia 2018. Namun sayang, mereka harus kalah dari Prancis. 


2. Korea Selatan Pernah Kejutkan Piala Dunia

Selebrasi pemain KoreanSelatan, Ahn Jung-Hwang usai menjebol gawang Italia di Piala Dunia 2002

4. Korea Selatan

Korea Selatan bisa dibilang hanya tim hore saja, alias jarang melaju jauh di kompetisi Piala Dunia. Tapi pada edisi 2002 silam, mereka membuktikan diri. 

Sebagai wakil Asia yang bisa dibilang paling kuat, Korea Selatan yang kala itu diperkuat Park-ji Sung mampu menembus babak semifinal. 

Bahkan, dengan status tuan rumah bersama Jepang, mereka mampu mengalahkan tim-tim unggulan Piala Dunia seperti Italia dan Spanyol.

Baca Juga

Korsel sukses mencapai semifinal usai mendepak Spanyol di babak delapan besar. Laju bagus Korsel terhenti di babak semifinal saat melawan Jerman. 

Mereka kalah tipis 0-1 di babak semifinal akibat gol tunggal Michael Ballack, dan meraih posisi 4 usai kalah dari Turki dengan skor 3-4.

KroasiaUruguayPiala DuniaKorea SelatanPiala Dunia 2022Bola Internasional

Berita Terkini