x

Bima Sakti Janjikan Timnas Indonesia U-17 Tampil Habis-habisan demi Kalahkan Malaysia

Sabtu, 8 Oktober 2022 17:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti menyatakan kemenangan adalah harga mati saat lawan Malaysia, Minggu (09/10/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti menyatakan kemenangan adalah harga mati saat lawan Malaysia, Minggu (09/10/22) di Stadion Pakansari, Cibinong. Laga itu menentukan juara Grup Kualifikasi Piala Asia U-17 2022.

Malaysia adalah lawan terakhir dan pelatih Timnas U-17, Bima Sakti mengatakan akan persiapan timnya dengan baik. Dia mengincar kemenangan untuk kunci posisi juara Grup B.

Baca Juga

"Besok kami akan tampilkan permainan terbaik. Untuk pemain kami lihat kondisi, ada pemain yang harus kami kasih kesempatan bermain," buka Bima Sakti.

"Tapi kami tak mau draw karena kami mau menang. Ini pertandingan terakhir," tegasnya. 

Baca Juga

Bima Sakti mengingatkan anak asuhnya agar bermain tanpa beban. Mereka harus bisa menguasai jalannya laga agar hisa terapkan taktik dan strategi dengan baik. 

Yang paling utama bagi Timnas U-17 adalah recovery. Pasalnya, jadwal pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 sangat padat atau hanya istarahat sehari.

Baca Juga

"Memang kami harus banyak perbaikan lawan Malaysia nanti. Itu ibarat laga final. Kami akan evaluasi dan kami akan siasati bagaimana recovery pemain agar cepat pulih," ujar Bima Sakti

"Kami akan bermain nothing to lose, ini laga terakhir dan kita tuan rumah. Tapi mereka juga lasti sama masalahnya adalah recovery pemain," kata pelatih 46 tahun itu. 


1. Tanpa kapten Tim

Starting eleven Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22).

Untuk lawan Malaysia, Timnas U-17 tidak akan diperkuat kapten tim, Muhammad Iqbal. Bek tengah itu absen karena akumulasi kartu kuning dan juga alami cedera.

Selain itu, bek sayap, Azzaky Esa Erlangga, juga mengalami cedera pada kakinya. Dia bahkan tidak bisa berjalan normal usai laga vs Palestina dan harus dibopong pemain lain.

Baca Juga

Pelatih Bima Sakti pun telah menyiapkan pemain pengganti untuk keduanya. Semua pemain Timnas U-17 dikatakan miliki kualitas yang sama jadi tim pelatih tidak perlu khawatir, meski ada pemain yang cedera. 

Posisi Muhammad Iqbal dan Azzaky Esa bisa digantikan oleh Andre Pangestu, Femas Aprian Crespo dan Muhammad Afazriel. Mereka sebelumnya juga diturunkan lawan Palestina.

Baca Juga

Saat ini, Timnas U-17 berada di puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Tim Merah Putih kumpulkan 9 poin dari 3 laga dengan catatan 19 gol memasukan dan kebobolan 2 gol. 

Timnas Indonesia U-17 berhasil menggeser posisi Malaysia yang baru raih tujuh poin dari tiga pertandingan. Tim Harimau Muda sempat berada diurutan pertama klasemen sementara pascamenang atas Uni Emirat Arab dengan skor 3-2. 


2. Belum Puas

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Palestina pada Kualifikasi Piala Asia U-17 grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (07/10/22).

Sebelumnya Timnas Indonesia U-17 meraih kemenangan atas Palestina dengan skor 2-0 pada laga ketiga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Jumat (07/10/22) di Stadion Pakansari, Cibinong.

Meski meraih kemenangan, namun menurut pelatih Bima Sakti permainan skuad Garuda Asia disebut kurang maksimal.

Meski begitu Bima Sakti bersyukur timnya amankn tiga poin penting. Namun, dia menilai permainan anak asuhnya alami penurunan, dibanding dua laga sebelumnya lawan Uni Emirat Arab dan Guam. 

"Syukur alhamdulillah, meski agak menurun performa pemain. Yang penting menang dan fokus untuk laga selanjutnya lawan Malaysia," buka Bima Sakti. 

"Dari kemarin sampai tadi, memang keliatan tanda-tanda bahwa performa menurun, jadi banyak PR untuk lawan Malaysia," kata pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. 

PSSIMalaysiaBima SaktiLiga IndonesiaMuhammad IqbalKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini