x

Dibantai Malaysia dan Gagal Lolos Piala Asia U-17, Bek Timnas U-17 Beri Respons Mengejutkan

Senin, 10 Oktober 2022 14:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ilham Oktafian
Bek Timnas Indonesia U-17, Sulthan Zaky memberikan respons mengejutkan usai mengalami kekalahan menyakitkan atas Malaysia di babak Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Sabtu (09/10/22) di Stadion Pakansari, Cibinong.

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia U-17, Sulthan Zaky memberikan respons mengejutkan usai mengalami kekalahan menyakitkan atas Malaysia di babak Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Sabtu (09/10/22) di Stadion Pakansari, Cibinong. 

Pada laga semalam, Timnas U-17 sudah dibobol lima kali di babak pertama oleh penggawa Malaysia Muhammad Zainurhakimi ('18), M. Arami ('20 dan '39), M. Anjasmirza ('24), M. Afiq ('27) jadi mimpi buruk. 

Baca Juga

Di babak kedua, Indonesia hanya mampu cetak satu gol balasan dari aksi Arkhan Kaka, itupun dipenghujung pertandingan atau 90+3. 

Hasil itu membuat Indonesia gagal lolos ke babak utama Piala Asia U-17 2023. Skuad Garuda Asia kalah saing dengan enam negara lain untuk jadi runner up terbaik. 

Padahal, Timnas Indonesia U-17 sehatinya hanya butuh hasil imbang untuk lolos Piala Asia U-17 tahun depan. 

Baca Juga

Oleh sebab itu, Zaky meminta maaf. Dia mengatakan mereka sudah berusaha maksimal, tapi situasi di lapangan tak bisa diprediksi. Kekalahan semalam jadi pelajaran berharga bagi para pemain. 

"Mohon maaf atas hasil mengecewakan ini. Ini jadi pembelajaran bagi kami semua, semoga bisa bangkit ke depannya," ujarnya. 

"Ke depan, kami harus membangun mental lebih kuat lagi, lebih kerja keras dari kesalahan-kesalahan yang dibuat," imbuhnya.

Baca Juga

Zaky yang dipercaya jadi kapten pada laga semalam, menggantikan Muhammad Iqbal, menilai permainan Indonesia tak bisa berkembang karena lapangan yang becek. Hal itu mempengaruhi aliran bola. 

"Lapangan agak sedikit, habis hujan jadi lumayan licin," jelasnya.


1. Timnas Indoensia U-17 Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia

Timnas Indonesia U-17 gagal jadi enam runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 karena kalah selisih gol dari Korea Selatan, China, Afghanistan, India, Thailand, dan Laos.

Tim asuhan Bima Sakti berada di urutan ketujuh atau bawah Laos dalam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U17 2023. Itu karena hasil laga melawan peringkat keempat dan kelima fase grup tidak dihitung.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan, 10 grup pada babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 memiliki jumlah peserta yang berbeda. Oleh sebab itu, hasil yang diraih Indonesia atas Guam (14-0) dan Palestina (2-0) tidak dihitung oleh AFC.

Dalam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, keenam tim termasuk Laos dan Timnas Indonesia sejatinya sama-sama mengoleksi tiga poin.

Baca Juga

Akan tetapi, Laos unggul selisih gol (-2) jadi berhak atas peringkat keenam, sedangkan Indonesia (selisih golnya -3) jadi berada di posisi ketujuh.

Kemenangan 2-1 Laos atas Kyrgyzstan pada laga pamungkas terakhir Grup I Kualifikasi Piala Asia U-23 menjadi kunci keberhasilan mereka menggeser skuad Garuda Asia yang sempat menempati peringkat keenam runner-up terbaik.


2. Penyebab Kegagalan Timnas U-17 Lolos ke Piala Asia U-17 2023, Ikut Konser Dangdut Salah Satunya?

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia pada Kualifikasi Piala Asia U-17 grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (09/10/22).

Timnas Indonesia U-17 harus menerima nasib sial menyusul kegagalan tampil di Piala Asia U-17 2023 karena tak lolos babak kualifikasi, yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor.

Kepastian itu diketahui setelah Timnas Indonesia U-17 tak mampu merebut tiket runner-up terbaik untuk lolos, lantaran kalah di laga terakhir dari Malaysia.

Timnas Indonesia U-17 kalah menyakitkan 1-5 saat berhadapan dengan Malaysia di laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (09/10/22) kemarin.

Malaysia tampil sangat dominan dan jauh lebih solid. Mereka bahkan unggul 5-0 lebih dahulu di babak pertama.

Anak asuh Bima Sakti baru bisa mencetak gol balasan sekaligus hiburan jelang babak kedua berakhir menit ke-90+3, melalui Arkhan Kaka Putra.

Baca selengkapnya: Penyebab Kegagalan Timnas U-17 Lolos ke Piala Asia U-17 2023, Ikut Konser Dangdut Salah Satunya?

Bola InternasionalTimnas MalaysiaKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini