x

Media Malaysia Ratapi Kemalangan Timnas Indonesia U-17 Tak Lolos Piala Asia

Senin, 10 Oktober 2022 14:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 usai kalah dari Malaysia menjadi sorotan media di Negeri Jiran.

INDOSPORT.COM – Kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 usai kalah dari Malaysia menjadi sorotan media di Negeri Jiran.

Media asal Malaysia, Vocketfc.com, melalui artikel yang terbit pada hari Senin (10/10/22) menyebut Timnas Indonesia U-17 baru saja ditimpa kemalangan tertubi-tubi.

Baca Juga

Pasalnya, selain dipermalukan wakil negaranya, Timnas Malaysia U-17, Garuda Asia juga harus mengubur mimpi untuk melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2023 mendatang.

Nasib malang terus menimpa skuat muda Indonesia yang takluk 1-5 di tangan Malaysia tadi malam ketika secara regulasi gagal lolos ke babak final Piala Asia U-17 2023,” tulis media ini.

Media ini menggarisbawahi bahwa kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final Piala Asia U-17 itu karena regulasi penentuan posisi enam runner-up terbaik.

Baca Juga

Sementara skuad asuhan Bima Sakti Tukiman dipastikan tidak masuk dalam daftar enam tim runner-up grup terbaik yang akan mendampingi juara grup ke putaran final yang akan digelar pada Mei tahun depan.

Karena grup B memiliki lima tim, poin dari pertemuan melawan tim di tempat keempat dan kelima tidak dihitung untuk menemukan runner-up terbaik,” lanjut media ini dalam ulasannya.

Berkaca dari regulasi tersebut, kemenangan 14-0 atasu Guam dan 2-1 atas Palestina, yang mana kedua tim tersebut menempati dua posisi terbawah,  tidak masuk dalam hitungan.

Baca Juga

Oleh karenanya, Vocketfc.com menyimpulkan bahwa Timnas Indonesia hanya mampu mengoleksi tiga poin dari kemenangan Uni Emirat Arab 3-2 dan kalah dari Malaysia.

Timnas Indonesia pun hanya tertinggal tipis dari Laos yang memastikan tiket terakhir di enam runner-up grup terbaik, dengan memiliki -2 (2 gol dan 4 kebobolan) sementara Garuda Asia –3 (4 gol dan 7 kebobolan).


1. Malaysia Lolos Piala Asia U-17 Ketujuh, Timnas Indonesia Merana

Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia

“Jelas dan tidak perlu dibantah bahwa kekalahan dengan selisih besar dari Malaysia menjadi faktor utama kegagalan Indonesia (ke Piala Asia U-17 2023),” tulis media ini.

Seperti diketahui, hasil mengejutkan dialami Timnas Indonesia U-17 saat melawan Malaysia pada partai pamungkas babak penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Minggu (09/10/22) malam WIB.

Baca Juga

Bertanding di Stadion Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Timnas Indonesia dipukul telak Malaysia dengan skor 1-5.

Bermain di Stadion Pakansari, Bogor, Timnas Indonesia sejatinya hanya butuh 1 poin alias imbang untuk bisa mematikan tiket lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Akan tetapi, Arkhan Kaka dkk malah bermain sangat buruk dalam duel semalam. Mereka kebobolan lima kali oleh Malaysia lewat aksi Zainurhakimi Zain (17'), Arami Wafiy (20', 38' penalti), Anjasmirza Saharudin (23'), dan Afiq Danish (26').

Timnas Indonesia U-17 baru bisa memperkecil ketertinggalan saat  Arkhan Kaka mencetak gol pada menit ke-92 memanfaatkan bola rebound hasil tepisan Farish Farhan.

Baca Juga

Gol dari Arkhan Kaka tersebut sekaligus menjadi penutup laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dan Indonesia kalah 1-5 dari Malaysia.

Kekalahan telak dari Malaysia membuat Timnas Indonesia U-17 yang sebelumnya berada di puncak klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 harus turun ke posisi kedua.

Sementara Malaysia yang menjadi juara Grup B memastikan lolos ke Piala Asia U-17 untuk ketujuh kalinya setelah sebelumnya berhasil lolos pada edisi 1986, 1988, 1990, 2008, edisi 2010 dan 2018.

Baca Juga

Dengan selesainya seluruh babak kualifikasi yang melibatkan 10 grup, 4 negara  Asia Tenggara memastikan lolos, yakni Malaysia (juara grup B), Vietnam (juara grup F), Thailand (runner-up terbaik kelima) dan Laos (runner-up terbaik keenam).

Sementara itu, 12 tim lainnya yang juga lolos terdiri dari Jepang, Tajikistan, Korea Selatan, Australia, India, Iran, Yaman, Afghanistan, Arab Saudi, China, Uzbekistan, dan Qatar.


2. Timnas Indonesia Gagal Lolos, Bima Sakti Minta Maaf

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti membawa jersey mendiang Alfin Lestaluhu saat sesi jumpa pers.

Kekalahan dari Malaysia sangat mengejutkan, terlebih Timnas Indonesia selalu menang di tiga laga terakhir. Menanggapi kekalahan ini, pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti memohon maaf atas hasil ini.

"Pertama, saya menyampaikan mohon maaf kepada semua pecinta sepakbola Indonesia atas hasil tidak memuaskan ini," ucap Bima Sakti selepas laga.

Bima pun tidak menutupi bahwa dengan hasil ini membuat dia dan timnya sangat sedih dan kecewa. Akan tetapi, dirinya tetap meminta dengan hasil ini para pemainnya bisa mengambil pelajaran.

"Kecewa sedih pasti, saya bilang ke pemain agar bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen ini untuk mereka ke depan," jelas Bima.

"Karena karir mereka masih panjang. Ini tanggung jawab saya sebagai pelatih," tutup Bima.


Baca selengkapnya: Timnas Indonesia U-17 Dibantai Malaysia, Bima Sakti: Saya Mohon Maaf!

MalaysiaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas MalaysiaBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini