x

Bersinar Lagi, 3 Bintang Brasil yang Bangkit dari Keterpurukan di Awal Musim Liga Inggris 2022/23

Rabu, 12 Oktober 2022 11:07 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Roberto Firmino saat laga Liga Inggris antara Liverpool vs Brighton & Hove Albion

INDOSPORT. COM - Bagai berputarnya roda kehidupan, sejumlah pemain asal Brasil terlihat mampu bangkit dari keterpurukan di jalannya awal musim Liga Inggris 2022/23.

Gelaran Premier League musim ini dihiasi oleh 29 pemain asing berkebangsaan Brasil yang tersebar di berbagai klub.

Kehadiran mereka semua yang tentu saja memiliki teknik olah bola jempolan, membuat berlangsungnya kompetisi makin bertambah seru.

Apalagi, terselip kisah menarik dari beberapa bintang Brasil yang belakangan tampil begitu cemerlang dan menjadi pusat perhatian.

Baca Juga

Performa apik yang diperlihatkan, menjadi pertanda bahwa mereka telah berhasil bangkit menemukan sentuhan emasnya lagi dalam merumput.

Padahal, kalau menengok musim-musim sebelumnya, nasib beberapa bintang Brasil tersebut kerap mendapat kritik pedas akibat tak bisa memberikan kinerja apik.

Berkat kerja keras dan ketekunan, mereka akhirnya mampu membungkam segala kritikan lewat kecemerlangan performa di awal musim Liga Inggris 2022/23.

Lantas, siapa sajakah para bintang Brasil yang INDOSPORT maksud sedari tadi? Simak ulasan lengkap kami berikut ini!


1. 1. Gabriel Martinelli

Gabriel Martinelli (kanan) berduel dengan Trent Alexander-Arnold di laga Arsenal vs Liverpool (09/10/22). (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

Momen kebangkitan karier sepak bola Gabriel Martinelli sebenarnya sudah mulai terlihat tanda-tandanya sejak musim lalu.

Musim 2020/21, Martinelli yang masih sangat muda, mendapat banyak cibiran dari berbagai pihak, akibat sering tampil mengecewakan bersama Arsenal.

Martinelli pun sempat diisukan bakal didepak dari Emirates Stadium, lantaran potensinya selaku pemain belia diprediksi tidak akan terlalu berkembang hebat.

Kritik pedas yang menghampiri, dijawab Martinelli dengan berhasil mendapatkan menit bermain reguler mengisi posisi winger kiri Arsenal pada musim 2021/22 lalu.

Meski demikian, pemain berkebangsaan Brasil ini masih terancam dibuang The Gunners ketika musim 2021/22 rampung bergulir.

Bursa transfer musim panas 2022 berjalan, Martinelli ternyata tetap dipertahankan pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

Kepercayaan Arteta tak disia-siakan Martinelli, terbukti lewat penampilan cemerlang sang pemain pada awal musim 2022/23.

Martinelli sejauh ini sudah menghasilkan sumbangsih empat gol serta dua buah assists dari 11 kali kesempatan bertanding.

Perannya tentu turut berkontribusi besar atas kesuksesan Arsenal yang untuk sementara mampu menempati posisi puncak klasemen Liga Inggris.

Pekan lalu, Martinelli bahkan menjadi kunci sukses Arsenal ketika mengalahkan Liverpool 3-2 dalam laga lanjutan Premier League.

Pada laga tersebut, pemain berusia 21 tahun ini menunjukkan kinerja menawan dengan mencatatkan satu gol dan satu assists.

Baca Juga

2. Gabriel Jesus

Gabriel Jesus, pemain Arsel. Foto: Reuters/Paul Childs

Kala pertama kali datang ke Liga Inggris dengan gabung Manchester City pada 2017, Gabriel Jesus diselimuti status wonderkid.

Namun sinar Jesus tak pernah terlihat benderang secara maksimal sepanjang perjalanan kariernya memperkuat Man City.

Awal-awal berada di Etihad Stadium, Jesus selalu kalah saing dibanding penyerang utama Man City, Sergio Aguero.

Ketika Aguero pergi, Jesus yang harusnya menjadi solusi lini depan The Citizens, tetap tidak mampu berbuat banyak.

Alhasil, pada bursa transfer musim panas 2022 kemarin, Jesus memutuskan untuk pindah ke rival Man City di Liga Inggris, yakni Arsenal.

Ia tentu berharap kariernya akan terbina lebih baik, dan betul saja, Jesus kini mencuri perhatian berkat penampilan apiknya mengisi lini depan Meriam London.

Sejauh ini, Jesus telah tampil sebanyak sembilan kali di Liga Inggris 2022/23, yang mana ia mampu menyumbangkan lima buah gol.

Kontribusi Jesus pun berperan besar atas kesuksesan Arsenal sekarang yang untuk sementara bercokol menempati puncak klasemen Premier League.

Jesus sendiri beberapa waktu lalu mengakui, bahwa Arsenal membuatnya bisa menjalani karier dengan perasaan lebih bahagia.

Bersama Arsenal, ia diberikan kebebasan dalam mengeksplor barisan penyerangan, sehingga kehebatannya dapat berkembang maksimal.

Sedangkan ketika di Man City dulu, Jesus merasa mendapat banyak tekanan, terutama faktor ketidakcocokan dirinya dengan pelatih Pep Guardiola.


2. 3. Roberto Firmino

Pemain Liverpool, Roberto Firmino sedang berusaha melindungi bola dari rebutan pemain Benfica di Liga Champions.

Sebelum musim 2022/23 berjalan, banyak pengamat sepak bola berpendapat kalau kehebatan seorang Roberto Firmino di Liverpool benar-benar sudah habis.

Pendapat demikian mencuat tak lepas dari fakta buruknya kinerja Firmino dalam dua musim beruntun, 2020/21 hingga 2021/22.

Padahal, di musim-musim sebelumnya, peran Firmino sungguh vital bagi organisasi lini depan The Reds, membentuk trio maut bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Baca Juga

Liverpool juga baru mendatangkan penyerang mahal, Darwin Nunez, yang mungkin membuat Firmino akan makin kehilangan tempat di tim utama.

Namun, segala perkiraan tentang kehancuran karier Firmino di Liga Inggris 2022/23, kini ternyata telah terbukti salah besar.

Setidaknya berkaca pada jalannya awal musim ini, Firmino muncul sebagai pemain paling tajam yang sekarang dimiliki The Reds.

Ia saat ini tercatat sudah mampu mencetak total enam gol dari tujuh kali kesempatan bertanding membela The Kop di ajang Liga Inggris 2022/23.

Meski Firmino kembali bangkit, nasib kontras justru diperlihatkan Liverpool yang sedang begitu terseok-seok.

Liverpool kini cuma bisa menempati urutan 10 klasemen, tertinggal jauh dari tim-tim besar Liga Inggris lainnya, seperti Arsenal, Manchester City, Manchester United, dan Chelsea.

BrasilRoberto FirminoGabriel JesusLiga Inggris

Berita Terkini