x

Liga 1 Dihentikan Sementara, Berdampak Pada Sponsor? Ini Kata Manajemen Persib Bandung

Rabu, 12 Oktober 2022 15:17 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (30/08/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Manajemen Persib Bandung, memastikan dihentikannya sementara kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, tidak berdampak terhadap kerjasama dengan pihak sponsor.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, pihak sponsor memahami dengan situasi yang terjadi saat ini, terkait dihentikannya sementara kompetisi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Sebagai informasi, kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 dihentikan sementara, usai tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22). 

Saat itu, setelah pertandingan pekan ke-11 kompetisi Liga 1 2022-2023 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, terjadi kericuhan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dengan jumlah lebih dari 100 orang.

Teddy menuturkan, perwakilan tim peserta kompetisi Liga 1 2022-2023, sudah bertemu dengan Menpora dan beberapa pihak terkait. 

Baca Juga

"Sampai saat ini dari apa yang disampaikan Pak Jokowi, Kamis kemarin dipanggil 18 klub oleh Menpora termasuk perwakilan suporter, kemudian ada dari jajaran Kemenpora ada dari Kemendagri, Kemenkes dan BNPB," kata Teddy.

Pada pertemuan tersebut, menurut Teddy membahas mengenai masa depan kompetisi Liga 1 2022-2023. Rencananya, kompetisi hanya akan dihentikan sekitar satu bulan, atau akan bergulir kembali setelah proses investigasi tragedi di Stadion Kanjuruhan selesai.

"Nah di situ disebutkan pak Menpora rencananya liga akan dihentikan selama 1 bulan, wanti-wanti 3 Minggu juga sudah beres kerjaannya. Ada 5 hal yang disebutkan itu, nah masalahnya seperti itu," ucap Teddy manambahkan.

Baca Juga

Setelah itu, perwakilan tim peserta Liga 1 2022-2023 melakukan pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.  

Pada kesempatan tersebut, tim peserta kompetisi menurut Teddy meminta kejelasan kepada PT LIB terkait kelanjutan dan mekanisme pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023.
 


1. Memahami Situasi Sepak Bola Indonesia

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (30/08/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

"Kemudian Sabtu kemarin kita ada meeting sama LIB, 18 klub. Meetingnya semua ingin kepastian, ada kejelasan liga ini mau dimulai kapan dengan mekanisme seperti apa," ujarnya.

Hasil pertemuan dengan Menpora dan PT LIB tersebut, manajemen Persib menyampaikan kepada pihak sponsor. Menurutnya, mereka bisa memahami kondisi yang terjadi saat ini, sehingga tidak berdampak terhadap kerjasama.

Baca Juga

"Jadi statusnya seperti itu. Hal hal seperti itu kita jelaskan ke sponsor," ungkap Teddy.

"Sejauh ini, sponsor menerima saja, karena itu kan situasi yang tidak diinginkan, itu kan menjadi suatu instruksi perintah dari pemerintah pusat," jelasnya.

Sementara itu, pelatih Persib, Luis Milla, mengakui tidak mudah menjaga motivasi anak asuhnya saat menunggu keputusan mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

"Jujur ini menjadi kesulitan bagi kami," kata Luis Milla setelah memimpin latihan anak asuhnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (10/10/22).

Meski demikian, mantan pelatih Timnas Indonesia ini menilai, sejauh ini anak asuhnya tetap bersemangat menjalankan program latihan yang diberikan olehnya. 

"Tapi saya merasa senang terhadap implikasi dari pemain ketika berlatih dan juga sikap yang mereka tunjukan," ungkap Luis Milla.

Baca Juga

Menurut Luis Milla, semangat yang tinggi dalam menjalankan program latihan, ditunjukkan oleh Achmad Jufriyanto dan kawan-kawan salah satunya saat berlatih di Stadion GBLA, Senin (10/10/22).

Sesi latihan tersebut, merupakan yang pertama setelah skuad Maung Bandung mendapatkan jatah libur selama tiga hari dari Luis Milla.
 


2. Tunggu Keputusan Kelanjutan Liga 1

Pelatih Persib, Luis Milla bersama pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya.

"Hari ini sebagai contohnya, mereka melakukan tugas dengan baik dan mungkin di bulan depan mereka sudah siap untuk berkompetisi lagi," ujar Luis Milla.

Sambil menunggu informasi selanjutnya terkait kelanjutan kompetisi, Luis Milla berharap anak asuhnya bisa tetap menjaga motivasinya. 

Dengan demikian, saat ada keputusan mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023, tim kebanggaan Bobotoh sudah dalam kondisi bugar dan siap untuk melakoni pertandingan.

"Tapi di bulan ini, saya menuntut pemain untuk tetap memiliki semangat dan sikap yang sama. Memang kami tidak bertanding tapi saya butuh keterlibatan dari pemain (dalam latihan)," jelasnya.
 

Persib BandungLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Teddy TjahjonoLiga 1 2022-2023

Berita Terkini