x

Ada Dybala, 4 Bintang di Liga Italia yang Terancam Tak Bisa Tampil di Piala Dunia 2022 karena Cedera

Kamis, 13 Oktober 2022 14:54 WIB
Editor: Juni Adi
Paulo Dybala saat laga Liga Europa antara AS Roma vs Real Betis.

INDOSPORT.COM - Ada beberapa bintang top di Liga Italia yang sedang meringkuk di kamar medis, merenungi nasib bisa atau tidak main di Piala Dunia 2022.

Para pecinta sepak bola di dunia akhir tahun ini akan dimanjakan oleh turnamen paling bergengsi dan ditunggu-tunggu yakni Piala Dunia 2022. 

Baca Juga

Setelah hampir menunggu empat tahun, Piala Dunia 2022 akan segera dimulia pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang di Qatar.

Ini merupakan Piala Dunia edisi kedua yang akan digelar di Asia setelah 20 tahun lalu saat Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah di tahun 2002 silam.

Tak hanya itu, Piala Dunia 2022 Qatar juag mencatatkan sejarah baru yaitu dengan digelarnya pertama kali di musim panas untuk Asia, dan musim dingin di Eropa.

Baca Juga

Biasanya FIFA selalu menggelar Piala Dunia di pertengahan tahun, saat kompetisi-kompetisi di Eropa berakhir rentang Juni hingga Juli.

Sementara untuk jumlah peserta masih sama yaitu 32 negara. Siapa-siapa yang lolos juga sudah ketahuan, menyusul babak kualifikasi selesai digelar.

Nama-nama negara besar seperti Brasil, Prancis, Argentina, Jerman masih menjadi favorit untuk diunggulkan.

Baca Juga

Sayangnya, Piala Dunia 2022 ini sedikit hambar lantaran jawara Eropa EURO 2020, Italia, tak bisa lolos setelah mereka kalah di babak play-off.

Selain itu, faktor lain yang juga akan membuat Piala Dunia 2022 ini kurang bumbu adalah absennya sejumlah pemain bintang top Eropa. 

Salah satunya dari bintang-bintang yang berkarier di Liga Italia. Mereka terancam tidak bisa berpartisipasi karena cedera.

Terbaru pemain yang sedang istirahat adalah Paulo Dybala. Ia mengalami cedera saat membela AS Roma melawan Lecce di Liga Italia akhir pekan kemarin.

Mantan penyerang Juventus itu dihantam pemain lawan dengan cukup keras dan mungkin harus absen cukup lama. Dybala lantas harus ditarik keluar lima menit berselang.

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, tidak bisa memastikan kondisi cedera pemainnya, hanya lewat pengamatan awal dia melihat kondisinya sangat buruk.

Pertandingan sendiri berakhir dengan kemenangan AS Roma 2-1. Paulo Dybala mencetak gol kemenangan di awal babak kedua (48').

Penampakan cedera Dybala memang cukup mengerikan, ia juga terlihat sangat emosional saat ditarik keluar.

Bukan tanpa alasan, karena dirinya berpotensi akan absen di Piala Dunia 2022 membela Argentina, yang akan digelar mulai bulan November nanti.

Selain Paulo Dybala ada beberapa bintang top lain di Liga Italia yang juga sedang meringkuk di kamar medis, merenungi nasib bisa atau tidak main di Piala Dunia 2022. Siapa saja mereka?


1. Mike Maignan

Kiper AC Milan Mike Maignan pada laga saat melawan Inter Milan. (05/02/22). FOTO REUTERS/Daniele Mascolo

Selain Paul Pogba, timnas Prancis juga kemungkinan besar tidak akan diperkuat oleh salah satu kiper andalannya, Mike Maignan di Piala Dunia 2022.

Sang pemain saat ini sedang meringkuk di ruang medis karena cedera saat bermain untuk Les Bleus di UEFA Nations League beberapa waktu lalu.

Maignan tampil sebagai starter untuk Prancis ketika mereka menghadapi Austria beberapa waktu lalu, namun ia ditarik keluar di babak kedua, dengan Alphonse Areola menggantikan posisinya.

Prancis sejak itu mengonfirmasi bahwa Maignan mengalami cedera pada betis kirinya, yang membuatnya harus absen membela AC Milan dan juga timnas Prancis di Piala Dunia 2022.

Cedera ini juga menghambat Maignan untuk mencuri posisi utama Hugo Lloris, yang kebetulan sedang tidak fit di beberapa pertandingan.

Georginio Wijnaldum

Georginio Wijnaldum baru gabung Roma pada musim panas lalu dengan status pinjaman dari Paris Saint-Germain. Kedatangan pemain internasional Belanda itu disambut dengan antusiasme tinggi oleh suporter Roma.

Wijnaldum kemudian melakukan debutnya dengan masuk sebagai pemain pengganti di pekan pertama melawan Salernitana. Dia main selama 12 menit.

Selang beberapa hari kemudian, Minggu (21/8), Wijnaldum mengalami cedera dalam sebuah sesi latihan. Dia dikonfirmasi mengalami retak pada tulang keringnya.

Meski memilih untuk tidak operasi, Wijnaldum diperkirakan akan absen selama lima bulan. Situasi tersebut membuat pemain berusia 31 tahun itu sangat sedih.

Selain tidak bisa membela klub, Wijnaldum juga absen memperkuat timnas Belanda di Piala Dunia 2022.


2. Romelu Lukaku

Paul Pogba pada laga saat melawan Brighton & Hove Albion di stadion Old Trafford. FOTO: REUTERS/Peter Powell

Romelu Lukaku memutuskan untuk kembali ke Inter Milan dengan status pinjaman, setelah gagal menunjukan tajinya bersama Chelsea musim lalu.

Ini merupakan periode Lukaku membela Inter Milan, ia pun berharap bisa menemukan permainan terbaiknya seperti periode pertama.

Pada periode pertama, Lukaku tampil tajam dengan membuat 30 gol dan 10 assist dari 44 pertandingan.

Namun di periode kedua tidak berjalan mulus. Di awal kompetisi musim ini, Lukaku tampil gacor setelah sang striker sukses mencetak 1 gol dan 1 assist di 2 laga awal Serie A.

Akan tetapi performanya mulai menurun seiring cedera otot yang dialaminya. Striker 29 tahun itu sudah absen membela Inter sejak bulan Agustus.

Hingga saat ini, kondisi Lukaku masih diragukan tampil karena belum diketahui kapan ia bisa kembali merumput.

Kondisi itu juga membuat ia khawatir tidak bisa membela Belgia di Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar.

Paul Pogba

Paul Pogba memutuskan untuk kembali ke Juventus musim panas lalu usai kontraknya tak diperpanjang oleh Manchester United.

Namun ia gagal membuat kesan cemerlang di periode keduanya membela Juventus, lantaran sejak awal musim masih berkutat dengan penyembuhan cedera.

Paul Pogba alami cedera ligamen lutut pada laga pramusim lalu sehingga harus absen 6-8 pekan. Itu terjadi di akhir bulan Agustus kemarin.

Pogba pun sudah absen di awal musim ini bersama Juventus. Pemain berusia 29 tahun itu pun sudah jalani operasi.

Paul Pogba dinilai akan sembuh paling cepat pada Januari 2023 mendatang. Pihak Juventus enggan memainkannya buru-buru.

Dilansir dari Mirror, kabar buruk buat Pogba datang dari Timnas Prancis. Pelatih Didier Deschamps menegaskan tidak akan membawa pemain yang sedang tidak fit ke Piala Dunia 2022 Qatar!
 

FIFAPaul PogbaAS RomaRomelu LukakuPaulo DybalaPiala Dunia 2022Georginio WijnaldumLiga ItaliaTRIVIAMike MaignanTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini