x

Gagal ke Piala Asia, 4 Pemain Timnas Indonesia U-17 yang Layak Direkrut Garuda Select ke Inggris

Kamis, 13 Oktober 2022 13:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22).

INDOSPORT.COM - Meski gagal ke Piala Asia U-17 2023, berikut adalah empat pilar Timnas Indonesia U-17 yang tampil dominan dan layak direkrut Garuda Select ke Inggris.

Timnas Indonesia U-17 gagal ke Piala Asia U-17 2023 karena kalah dari Malaysia di babak penentuan kualifikasi Grup B, Minggu (9/10/22), sehingga finis sebagai runner-up.

Baca Juga

Kekalahan ini membuat perjalanan Timnas U-17 selesai. Para pemain akhirnya resmi dibubarkan oleh pelatih Bima Sakti, dan dikembalikan ke klub masing-masing.

Namun, ada beberapa pemain potensial yang sayang jika hanya bermain di dalam negeri. Alumni Timnas U-17 bisa saja lolos seleksi Garuda Select dan main di Inggris.

Berikut INDOSPORT.com merangkum empat pemain jebolan Timnas U-17 yang layak direkrut dalam program Garuda Select.

Baca Juga

1. Arkhan Kaka Putra

Arkhan Kaka Putra Purwanto merupakan pemain andalan lini depan Timnas Indonesia U-17 di sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Ia berhasil mencetak total tujuh gol.

Salah satu penampilan terbaiknya adalah melesakkan quattrick atau empat gol langsung dalam satu pertandingan, saat menghadapi Guam. Garuda menang 14-0.

Arkhan Kaka hanya kalah selisih satu gol dari top skorer Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Nestory Irankunda (Australia) dan Wang Yudong (China) yang mencetak 8 gol.

Baca Juga

Di bawah Arkhan Kaka, ada nama Reza Ghandipour (Iran) dan Homare Tokuda (Jepang) dengan 6 gol. Tetapi, mereka bukanlah pemain asal Asia Tenggara.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Arkhan Kaka adalah striker paling tajam di Asia Tenggara, di angkatannya. Potensinya harus diasah lewat program Garuda Select.


1. 2. Andrika Fathir Rachman

Kiper Timnas U-16, Andrika Fathir Rachman di semifinal Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22).

Andrika Fathir Rachman adalah kiper kepercayaan Bima Sakti, sejak di Timnas Indonesia U-16, hingga mengarungi ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Bogor.

Andrika tak tergantikan di bawah mistar gawang Garuda Muda. Hasilnya, ia sukses mencatatkan cleansheet di laga vs Guam, dan kebobolan 2 gol vs Uni Emirat Arab.

Baca Juga

Andrika kembali mencatatkan cleansheet atau tanpa kebobolan saat menghadapi Palestina. Pengalaman bermain di Eropa akan menempanya semakin matang.

Maka, Andrika Fathir Rachman menjadi salah satu yang paling direkomendasikan untuk ikut serta dalam program Garuda Select dan beruji coba melawan tim Eropa.

Baca Juga

3. Habil Akbar

Pemain bernama lengkap Habil Abdillah Yafi Prasasti Akbar ini memberikan warna dalam permainan Timnas Indonesia U-17. Sebagai bek, ia terkenal tangguh sekaligus cepat.

Habil Akbar sangat disiplin menjaga area pertahanan. Selain itu, ia juga tidak segan berjibaku menghadapi penyerang lawan yang memiliki postur lebih besar darinya.

Tak hanya menjaga pertahanan, Habil Akbar juga bisa diandalkan dalam mencetak gol. Ia menyumbangkan dua gol di fase kualifikasi.

Baca Juga

Satu gol yang dicetak Habil ke gawang Palestina juga terbilang indah. Ia melepas tembakan kaki kanan, kemudian bersarang ke pojok kiri gawang dari kiper Palestina.

Jika mendapat binaan dari pelatih Garuda Select, Des Walker, mantan bek Timnas Inggris, potensi Habil bisa semakin terlihat.


2. 4. Kafiatur Rizky

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Kafiatur Rizky usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22).

Muhammad Kafiatur Rizky merupakan dirijen lapangan tengah Timnas Indonesia U-17. Sang pemain juga tak tergantikan di posisinya sebagai gelandang serang.

Muhammad Kafiatur Rizky adalah pemain yang andal saat mengatur ritme permainan Timnas U-17. Selain itu, Kafiatur juga piawai membagi bola dan membantu pertahanan.

Konon, pemain berusia 16 tahun itu adalah tipikal gelandang versatile. Artinya, Kafiatur Rizky ialah tipe pemain yang bisa bermain sama baik di semua area lapangan tengah.

Jika mendapat polesan dari Dennis Wise, Direktur Garuda Select sekaligus mantan pemain Chelsea, maka kualitas Kafiatur dijamin akan semakin moncer lagi.

Bahkan, tak menutup kemungkinan jika Kafiatur bisa melanjutkan karir di klub luar negeri, seperti gelandang Garuda Select lain, Brylian Aldama dan David Maulana.

InggrisTimnas U-17Timnas IndonesiaBola InternasionalGaruda SelectBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-17Muhammad Kafiatur RizkyTimnas Indonesia U-17Arkhan Kaka

Berita Terkini