x

Cetak Quattrick di Kualifikasi Piala Asia U-17, Arkhan Kaka Samai Rekor Sang Ayah

Jumat, 7 Oktober 2022 10:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Arkhan Kaka Putra Purwanto (nomor 8) pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22).

INDOSPORT.COM - Arkhan Kaka Putra Purwanto mencetak quattrick atau empat gol langsung di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, sehingga menyamai rekor sang ayah.

Arkhan Kaka menjadi salah satu bintang kemenangan timnas Indonesia U-17 saat menghadapi Guam dan Uni Emirat Arab, pada babak Kualifikasi Piala Asia U-17.

Baca Juga

Saat menghadapi Guam, Arkhan mencetak empat gol, sedangkan saat berjumpa Uni Emirat Arab, ia melesakkan dua gol, dan menjadi penentu kemenangan Garuda.

Total enam gol sudah dilesakkan pemain kelahiran Blitar, 2 September 2007 itu. Ia menjadi top skorer sementara, tidak hanya di Grup B, tetapi di sepuluh grup yang ada.

Namun, tak banyak yang mengetahui jika Arkhan Kaka memiliki naluri untuk menjadi predator di lapangan hijau, karena sang ayah juga merupakan seorang striker tajam.

Baca Juga

Arkhan Kaka adalah anak dari Purwanto Suwondo, mantan penyerang Timnas Indonesia dan di sejumlah klub Tanah Air.

Purwanto Suwondo merupakan mantan penyerang timnas Indonesia yang lahir pada 15 Mei 1977 silam di Lampung.

Meski lahir di Lampung, Purwanto justru mengawali kiprahnya di sepak bola di Blitar. Klub pertamanya adalah PSBI Blitar 1928.

Baca Juga

Purwanto pernah membela belasan klub di Tanah Air, seperti Persija Jakarta, Persitara Jakarta Utara, Persijatim, Pelita Jaya, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Arema, Persidafon Dafonsoro.

Selain itu, Purwanto Suwondo juga pernah memperkuat tim-tim asal Pulau Sumatera, seperti Lampung Utara, Lampung Tengah, dan yang bekesan adalah Semen Padang.


1. Purwanto Suwondo Sang Pencetak Quattrick

Purwanto Suwondo, pelatih Persatu Tuban.

Bukan tanpa alasan jika Semen Padang menjadi tim yang paling berkesan bagi Purwanto Suwondo, ayah dari Arkhan Kaka, penyerang gacor Timnas Indonesia U-17.

Sebab, saat memperkuat Semen Padang, Purwanto Suwondo menemukan permainan terbaiknya, menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di Liga Indonesia pada masanya.

Baca Juga

Pada satu kesempatan, Purwanto pernah mencetak hattrick atau empat gol langsung ke gawang Persijatim Jakarta Timur, pada ajang Divisi Utama Liga Indonesia 2001.

Baca Juga

Bahkan, ketika membela skuat Kabau Sirah, Purwanto Suwondo akhirnya mendapatkan kesempatan dipanggil ke Timnas Indonesia.

Bersama skuat Timnas Indonesia, Purwanto pernah diandalkan tim Merah Putih di ajang SEA Games di Malaysia dan juga Vietnam.

Kemudian, Purwanto juga kerap menjadi andalan saat Timnas Indonesia melakoni laga internasional di kawasan Asia hingga Eropa.

Baca Juga

Di Timnas Indonesia sendiri, Purwanto bermain bersama para penyerang beken lainnya, mulai dari Bambang Pamungkas, Elie Aiboy, hingga Kurniawan Dwi Yulianto.

Maka dari itu, wajar jika Arkhan Kaka Putra Purwanto sempat melakukan selebrasi ala Bambang Pamungkas, ketika ia mencetak gol ciamik ke gawang Uni Emirat Arab.


2. Selebrasi Ala Bambang Pamungkas

Selebrasi striker Persija, Bambang Pamungkas usai mencetak gol ke gawang Semen Padang. Herry ibrahim/INDOSPORT

Arkhan Kaka mengatakan tidak ada alasan khusus mengapa ia melakukan selebrasi ala Bambang Pamungkas saat mencetak gol.

Namun, pesepak bola 15 tahun itu ingin mengingat sosok sang ayah, Purwanto Suwondo, yang pernah satu tim dengan Bambang Pamungkas di Timnas Indonesia.

"Tadi refleks saja, dan karena Bepe (Bambang Pamungkas) adalah rekan ayah saya di Timnas, jadi saya menghormatinya," ungkap Arkhan dalam sesi konferensi pers.

"Target (berapa gol) tidak ada, yang penting tim menang dan lolos Piala Asia," ucapnya.

Selanjutnya Timnas Indonesia akan bersua Palestina U-17 pada Jumat (7/10). Kemudian Arkhan Kaka dkk akan menghadapi Timnas Malaysia U-17 pada hari Minggu (9/10).

Semen PadangBambang PamungkasTimnas U-17Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17Arkhan Kaka

Berita Terkini