x

Anak Eks Tandem Bambang Pamungkas Bersinar di Timnas U-16, Apa Kata Bima Sakti?

Senin, 1 Agustus 2022 12:02 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, meminta Arkhan Kaka Putra Purwanto tak cepat puas meski berkontribusi besar dalam kemenangan 2-0 atas Filipina dalam laga pembuka Piala AFF U-16 2022.

Putra mantan striker timnas Indonesia era 2000-an sekaligus tandem Bambang Pamungkas, Purwanto Suwondo, ini mencetak satu gol pada menit ke-38 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7/22).

Baca Juga

Sebelum itu, umpan silang Kaka dari sektor kanan penyerangan timnas Indonesia U-16 salah diantisipasi kapten Filipina, Jared Alexander Reyes Pena, hingga masuk ke gawangnya sendiri.

Performa perdana di Piala AFF U-16 2022. menjadi modal Arkhan Kaka beserta teman-temannya dalam menggapai karier sebagai pesepak bola profesional yang sukses kelak.

"Kaka ini masih berproses, bukan cuma dia saja, melainkan semua pemain. Tetap rendah hati, harus tetap belajar, serta tidak boleh cepat puas," kata Bima Sakti.

Prestasi Kaka mendapat sorotan karena dia termasuk pemain termuda di skuat timnas U-16. Pemain asal Blitar ini lahir pada 2 September 2007.

Baca Juga

Bima Sakti pun kemudian mengungkap sebuah janji yang diucapkan Kaka kepada tim pelatih timnas Indonesia U-16 beberapa waktu lalu.

"Kaka pemain kelahiran 2007, bersama Seva. Saya pikir ia punya prospek. Apalagi, dia janji sama saya untuk lebih hebat dari bapaknya. Bapaknya termasuk mantan pemain timnas juga, Purwanto. Kini,. Kaka jadi striker juga, sama-sama striker," tutur Bima Sakti.

Bima Sakti tak lupa mengungkapkan sebuah fakta yang cukup mengejutkan. Pemain bernomor punggung 8 ini sempat dicoret dari skuat timnas U-16.

Baca Juga

Pencoretan itu dilakukan pada proses seleksi awal  Mei 2021. Kala itu, timnas U-16 menyeleksi 169 nama, termasuk Kaka yang datang dari Blitar.

"Setelah sempat kami coret, ternyata dia bisa bangkit saat ikut Elite Pro Academy. Dia menjadi salah satu top skor dari tim Bhayangkara FC," papar Bima Sakti.


1. Enggan Jemawa

Aksi di laga Timnas Indonesia U-16 kontra Filipina U-16 di Piala AFF U-16 2022 (31/07/22). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Sementara itu, Kaka mengaku senang bisa berkontribusi atas kemenangan timnas U-16. Namun, ia menolak ketika satu gol dan satu sepakan yang berbuah gol bunuh diri Filipina membuatnya disebut sebagai pahlawan tunggal.

"Alhamdulillah kemenangan ini didapatkan berkat kerja sama tim bukan hanya saya. Semua pemain, ofisial, dan pelatih," kata Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Baca Juga

"Syukur alhamdulillah, Allah telah mengabulkan doa kita. Semua sudah kerja keras. Semua kami pasrahkan kepada Allah," tandasnya.

Agenda berikutnya, timnas Indonesia U-16 akan meladeni Singapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8/22) pukul 20.00 WIB.

Baca Juga

Kemenangan atas Filipina diharapkan bisa menyedot animo penonton yang lebih besar setelah laga pertama hanya disaksikan sekitar 1.500 orang saja.


2. Evaluasi Lawan Filipina

Aksi Timnas Indonesia U-16 kontra Filipina U-16 di Piala AFF U-16 2022 (31/07/22). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Timnas U-16 punya dua sesi latihan sebelum melawan Singapura. Bima Sakti memberi catatan soal penyelesaian akhir yang belum sempurna.

"Alhamdulillah yang penting menang dulu, walau sebenarnya ada banyak peluang, tapi tak berbuah gol. Mudah-mudahan di laga selanjutnya bisa dibenahi," kata Bima Sakti usai pertandingan.

Bima Sakti sudah memprediksi hal seperti ini akan terjadi. Para pemain lepas kendali hingga kurang menjaga tempo permainan pada babak pertama.

Baca Juga

Memasuki babak kedua, permainan timnas Indonesia U-16 mulai terlihat lebih rapi. Namun, satu catatan tebal adalah penyelesaian akhir yang kurang sempurna.

"Saya pikir wajar karena mereka baru pertama kali bermain di level internasional. Kami bersyukur bisa menang 2-0," tutur Bima Sakti.

FilipinaTimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaBima SaktiLiga IndonesiaBola IndonesiaPurwantoBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini