x

Pro Kontra Shin Tae-yong Mundur, Pemain Timnas Indonesia Buka Suara

Kamis, 13 Oktober 2022 19:00 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Unggahan instagram Shin Tae-yong terkait dukungannya kepada Ketum PSSI dibanjiri komentar termasuk beberapa pemain Timnas Indonesia.Foto: PSSI

INDOSPORT.COM – Unggahan instagram Shin Tae-yong terkait dukungannya kepada Ketum PSSI dibanjiri komentar termasuk beberapa pemain Timnas Indonesia.

Postingan instagram Shin Tae-yong yang menyatakan dukungannya terhadap Ketum PSSI, Mochammad Iriawan menimbulkan pro kontra di kalangan netizen.

Baca Juga

Pria yang dikenal dengan julukan Iwan Bule itu didesak netizen untuk mundur dari jabatannya sebagai ketua umum PSSI.

Sementara dalam unggahannya, Shin Tae-yong mengungkapkan ia merupakan bagian dari PSSI. Jika Iwan Bule mundur, Shin Tae-yong tidak segan untuk mundur dari posisinya.

Solidaritas yang ditunjukkan Shin Tae-yong, membuat warganet terbelah menjadi dua kubu. Banyak yang menyatakan setuju namun tak sedikit yang menentangnya.

Baca Juga

Shin Tae-yong sendiri memiliki filosofi bahwa sepak bola, bahwa apapun yang terjadi dalam satu maka semua anggota turut mengupayakan, bukan hanya satu orang saja.

Pernyataan mengejutkan juru taktik asal Korea itu langsung mendapatkan puluhan ribu komentar. Banyak netizen kompak menolak Shin Tae-yong mundur.

Sementara itu di media sosial Twitter, nama Shin Tae-yong turut memasuki jajaran trending Indonesia. Bahkan tagar #STYOUT sempat memuncaki trending Twitter.

Baca Juga

Shin Tae-yong sendiri berhasil mencuri hati masyarakat Indonesia setelah kiprahnya yang cemerlang bersama Timnas Indonesia.

Ia mampu meloloskan Timnas senior dan Timnas U-20 ke ajang Piala Asia 2023. Sementara itu performa timnas dapat merata tanpa adanya embel-embel wonderkid.


1. Didukung Pemain Timnas Indonesia

Didukung Pemain Timnas Indonesia untuk Shin Tae-yong dan Iwan Bule. Foto: PSSI

Pernyataan Shin Tae-yong terkait dukungnnya kepada Iwan Bule sontak membuat kehebohan di jejaring sosial.

Unggahan instagram Shin Tae-yong dipenuhi oleh banyak komentar. Tak terkecuali pemain-pemain Timnas Indonesia dan staf pelatih.

Baca Juga

Pemain timnas Indonesia menyatakan dukungan terkait dengan keterangan Shin Tae-yong di media sosial instagram miliknya.

Beberapa pemain seperti Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Marc Klok, Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan dan Fachruddin memberi dukungan dengan menuliskan komentar berupa emoji.

Sementara itu, Asnawi secara terang-terangan menuliskan “This is true, Pak Iwan Bule masih yang terbaik untuk PSSI”.

Baca Juga

Turut menjadi sorotan, bintang Timnas Indonesia U-20 asal Yogyakarta, Hokky Caraka turut memberi dukungan kepada Shin Tae-yong.

Sementara itu staf pelatih Nova Arianto juga menyoroti Shin Tae-yong dengan memberikan kata-kata pujian di kolom komentar.

“Respect coach dan jangan pernah lelah membangun sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik,” tulis Nova dalam kolom komentar Shin Tae-yong.

Baca Juga

Sementara itu, tidak terlihat dukungan langsung petinggi-petinggi PSSI termasuk Iwan Bule terkait dengan pernyataan Shin Tae-yong.

Dalam penanganan kasus tragedi Kanjuruhan, PSSI dinilai banyak pihak tidak solid dalam menanganinya. Bahkan hanya beberapa anggota PSSI yang tampil secara langsung di hadapan publik.


2. Asnawi: Iwan Bule Masih yang Terbaik

Asnawi Mangkualam, pemain Timnas Indonesia. Foto: Instagram@asnawi_bhr

Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, mendukung Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, untuk tidak mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Diketahui, pada Sabtu (01/10/22), tragedi Kanjuruhan Arema FC vs Persebaya Surabaya terjadi. Ratusan korban meninggal dunia, mulai dari anak-anak, hingga laki-laki dan perempuan dewasa.

Ada pula ratusan korban lainnya yang dilarikan ke rumah sakit karena luka ringan hingga luka berat, termasuk masalah penglihatan.

Lantas, sejumlah investigasi dilakukan untuk mengusut tuntas penyebab dari tragedi kemanusiaan pascapertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya, Minggu (01/10/22).

Buntut panjang lainnya dari tragedi Kanjuruhan tersebut adalah desakan mundur dari beberapa pihak kepada Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.


Baca selengkapnya: Ramai Desakan Mundur dari Ketum PSSI, Asnawi: Iwan Bule Masih yang Terbaik!

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaEgy Maulana VikriAsnawi Mangkualam BaharWitan SulaemanMarc KlokIwan BuleElkan BaggottMochamad IriawanKetua Umum PSSIShin Tae-yongTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini