x

3 Calon Pengganti Steven Gerrard di Aston Villa, Ada Pelatih Top yang Terdepak dari Liga Inggris

Jumat, 14 Oktober 2022 17:17 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Juru taktik Aston Villa, Steven Gerrard. Foto: Action Images via Reuters/Molly Darlington.

INDOSPORT.COM - Nasib Steven Gerrard di klub Liga Inggris (Premier League), Aston Villa, sampai saat ini masih jadi perbincangan.

Mengawali perjalanannya sebagai juru taktik The Villa dengan penuh ekspektasi, sosok yang akrab disapa Stevie G ini belum mampu mengangkat derajat tim yang diasuhnya ke tempat yang lebih baik.

Baca Juga

Sebagai informasi, Aston Villa untuk sekarang bertengger di peringkat 16 klasemen Liga Inggris dengan 9 poin.

Hasil-hasil yang kurang memuaskan dari besutan legenda Liverpool ini pun memunculkan rumor ia bisa dipecat Aston Villa dalam waktu dekat.

Isu ini sejatinya sudah sempat bergulir beberapa waktu lalu saat klub kesayangan Pangeran William tersebut mengalami periode sulit pada awal musim 2022-2023.

Baca Juga

Kini tidak berapa lama, wacana pemecatan Steven Gerrard kembali mencuat ke permukaan, terutama setelah para suporter menggaungkan chant untuk meminta para petinggi mendepaknya dari klub.

Pemilik Aston Villa, Nassef Onsi Sawiris, beserta Wes Edens dikabarkan sedang menimbang-nimbang apakah ingin mempertahankan sang manajer atau tidak.

Sebuah sumber membeberkan kepada Football Insider bahwa dua bos tersebut bisa saja memecat Steven Gerrard sebelum Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Selain itu, Sawiris dan Edens juga diklaim tahu ada sejumlah kelompok suporter yang menyuarakan chant pemecatan Steven Gerrard di laga kontra Nottingham Forest tempo hari.

Kurang lebih, chant tersebut berbunyi “Kami ingin Gerrard out.”


1. Ada Mantan Tottenham Hotspur

Mantan pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino. Foto: Justin Setterfield/Getty Images.

Di tengah isu tentang pemecatan Steven Gerrard ini, tidak ayal kemudian muncul sejumlah nama yang dikaitkan sebagai calon penggantinya di Aston Villa.

Dari sekian kandidat, bahkan ada para pelatih yang pernah terdepak dari Liga Inggris beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Mauricio Pochettino

Angkat kaki dari Tottenham Hotspur kemudian merapat ke raksasa Liga Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

Namun baru sebentar menangani PSG, ia sudah didepak lagi karena dianggap tidak mampu membawa tim menuju kejayaan yang diidam-idamkan para bos.

Seperti diketahui, PSG selama ini dikenal sebagai klub yang berambisi besar meraih gelar juara di Liga Champions.

Baca Juga

Sampai-sampai, hasil cemerlang di Liga Prancis nampak belum memuaskan di mata Nasser Al-Khelaifi dan kolega.

Alhasil, Mauricio Pochettino pun terpaksa angkat kaki meski berhasil mempersembahkan gelar Liga Prancis untuk klub raksasa Prancis tersebut.

Setelah meninggalkan PSG, ia kemudian dikaitkan dengan sejumlah klub termasuk Chelsea dan Nice. Namun sejumlah kabar menyebut, tawaran itu ditolak mentah-mentah oleh yang bersangkutan.

Baca Juga

Dengan sepak terjang dan track record Mauricio Pochettino yang cukup lumayan bersama Tottenham Hotspur, tidak mengherankan apabila ada klub Liga Inggris yang kemudian meminati jasanya.

Karena bagaimanapun juga, ia adalah juru taktik yang sudah cukup berpengalaman di kompetisi ini, dan tentunya familier dengan klub-klub peserta yang dulu menjadi kompetitor The Lilywhites.


2. Unai Emery dan Brendan Rodgers

Pelatih Villarreal yang dulu pernah menangani Arsenal, Unai Emery. Foto: REUTERS-Pablo Morano

Unai Emery

Kandidat pengganti Steven Gerrard selanjutnya adalah Unai Emery. Ya, satu lagi pelatih yang pernah mencari nafkah di Liga Inggris.

Meski begitu, sepak terjangnya di Arsenal terbilang tidak terlalu mentereng, apalagi jika dibandingkan dengan rapornya saat menukangi klub Liga Spanyol, Sevilla dan Villarreal.

Baca Juga

Berkat dua klub tersebut, Unai Emery secara tidak langsung menyandang predikat pelatih ‘spesialis’ juara Liga Europa.

Kini, ia juga dikaitkan dengan Aston Villa sebagai calon juru taktik selanjutnya apabila Steven Gerrard jadi dipecat.

Hanya saja, Unai Emery masih terikat kontrak dengan Villarreal sampai musim panas tahun depan, yang tentunya membuat Aston Villa harus menyediakan biaya penebusan klausul.

Baca Juga

Brendan Rodgers

Jika Mauricio Pochettino dan Unai Emery adalah pelatih yang terdepak dari Liga Inggris, berbeda hal dengan Brendan Rodgers yang saat ini masih menangani Leicester City.

Mendengar namanya masuk sebagai calon pengganti Steven Gerrard di Aston Villa, publik mungkin akan bertanya-tanya.

Bagaimana bisa pelatih yang saat ini timnya berada di zona degradasi, direkrut untuk memperbaiki tim lain yang tidak kalah memprihatinkannya di klasemen?

Baca Juga

Ya, Leicester City sampai detik ini masih terpuruk di dasar klasemen dan hanya berselisih 5 poin dari Aston Villa di peringkat 16.

Meski begitu, Brendan Rodgers punya rapor cukup baik di Liga Inggris karena pernah nyaris juara bersama Liverpool.

Aston VillaSteven GerrardMauricio PochettinoUnai EmeryLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini