x

Kesempatan Emas, 12 Pemain Terbaik NYXS BLiSPI Cup Dikirim ke Barcelona

Minggu, 16 Oktober 2022 15:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Ketua BLiSPI Pusat, Subagja Suihan (kanan), didampingi Pembina BLiSPI Sumut, Tengku Amri Fadli (tengah) dan Ketua BLiSPI Sumut, Syafril.

INDOSPORT.COM - Badan Liga Sepak bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) memberikan penawaran terbaik di usianya yang memasuki ke-10 tahun. Mereka akan mengirim pemenang BLiSPI Cup ke Barcelona.

Memasuki tahun ke-10, organisasi yang mewadahi kompetisi usia dini itu memberikan kesempatan kepada anak muda Indonesia U-12 untuk merasakan atmosfer pertandingan level internasional di Barcelona.

Mereka yang akan dikirim adalah pemain terbaik hasil pantuan tim talent scouting BLiSPI dan NYXS selama NYXS BLiSPI Cup di Sentul bulan depan. 

Baca Juga

Rencana besar BLiSPI ini terkuak pada acara penandatanganan kerja sama antara NYXS dengan BLiSPI di Jakarta, Sabtu (15/10/22). NYXS merupakan platform olahraga yang bertujuan untuk menghubungkan komunitas fandom dengan atlet muda dengan inisiatif dampak sosial.

Hadir dalam acara tersebut adalah CEO NYXS Tony Kim, Panitia Pelaksana NYXC BLiSPI Cup Bajga Suihan, Direktur ASEAN NYXS Khairul Asyraf, serta pendiri BLiSPI Teguh Rahardjo.

Turut Hadir pula Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, dan Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta. Acara ini juga dihadiri perwakilan BLiSPI di 34 provinsi. 

Baca Juga

"Program Road to Barcelona adalah kali pertama dilakukan BLiSPI setelah 10 tahun berjalan. Patut disyukuri karena tujuan kami adalah membantu pesepak bola muda untuk bisa mengembangkan bakat sepak bolanya," ujar Bajga Suihan.
 
"Dengan bermain di Barcelona, mereka akan belajar banyak bagaimana melawan pesepakbola dari negara lain. Seperti dari Academy Barcelona, PSG, Valencia, Real Madrid, dsb. Semacam ajang Piala Dunia-nya U-12," cetusnya.

Dikarenakan ini program spektakuler, lanjut Bagja, tak sembarang pemain bisa ambil bagian. Program Road to Barcelona diikuti pemain muda dengan kelahiran 2010-2011, diawali Seri Provinsi pada 21 Oktober-5 November mendatang. 

Baca Juga

Juara dari masing-masing provinsi melaju ke Seri Nasional yang digelar di Sentul pada 10-12 November nanti. Nantinya ada talent scouting lokal dari BLiSPI dan scouting asal Spanyol dari NYXS. 

Mereka akan memilih 12 pemain terbaik yang akan dibawa ke Barcelona untuk bersaing di TicTac Cup pada 13-19 Desember 2022. 

"Sebelum ke Barcelona nanti anak-anak akan trainjng camp dulu. TC dilaksanakan seminggu setelah Seri Nasional usai," jelas Bagja.


1. Apresiasi Kemenpora

Raden Isnanta, Deputi III Kemenpora, Bidang Pembudayaan Olahraga.

CEO NYXS Tony Kim menjelaskan, kesempatan bertanding di Barcelona bagus untuk anak usia dini. Apalagi, banyak academy terbaik dunia terlibat di sana nanti. 

"Saya berharap nanti bisa bersaing dan memenangi pertandingan karena saya berharap kesempatan ini dimanfaatkan betul oleh para pemain muda karena banyak tim bagus di Barcelona nanti," jelas Kim yang asal Korea Selatan ini.

Diakui Kim, senang dapat memberikan kesempatan ini kepada talenta muda Indonesia untuk bekerja keras dan dipilih untuk mewakili negara untuk turnamen tingkat atas yang memiliki talenta Eropa.

Baca Juga

"Negara ini memiliki sejumlah besar talenta yang telah mencapai tingkat prestasi olahraga yang sangat baik secara regional dan global dan kami pikir NYXS dapat membantu lebih banyak talenta muda lokal keluar dari Indonesia," jelas Tony Kim. 

"Selain itu, dengan kejadian sedih di Kanjuruhan baru-baru ini, kami berharap NYXS BLiSPI Cup dapat membantu membawa kembali hal positif sekaligus semangat bagi masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, apresiasi program Road to Barcelona. Ini karena prosesnya diawali dari bawah, yaitu dari daerah menuju Jakarta dalam mencari talenta. 

Baca Juga

Pola yang dikembangkan BLiSPI yang sudah berjalan 10 tahun menghasilkan banyak pemain top, terutama Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang selalu menjadi langganan Timnas Indonesia di segala kategori usia. 

Lalu Supriadi, Bagas, Bagus Kahfi, David Maulana yang bagian dari skuat timnas Indonesia U-16 saat juara Piala AFF 2018 bersama Fakhri Husaini. Terakhir ada tujuh pemain jadi andalan timnas Indonesia U-16 saat juara bersama Bima Sakti.

"Sekitar 16 pemain dari produk BLiSPI menjadi pemain timnas Indonesia di tiga generasi. Apresiasi kepada BLiSPI yang terus semangat menggali potensi talenta muda di 34 provinsi," tandas Raden Isnanta.

BarcelonaKementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)Liga IndonesiaBola IndonesiaTimnas PelajarOne Football

Berita Terkini