x

Deretan Negara yang Pernah Bubarkan Federasi Sepak Bolanya, PSSI Berikutnya?

Sabtu, 15 Oktober 2022 10:26 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut deretan negara yang pernah membubarkan federasi sepak bolanya masing-masing, apakah PSSI menyusul?

INDOSPORT.COM – Berikut deretan negara di bawah naungan FIFA yang pernah membubarkan federasi sepak bolanya masing-masing. Apakah PSSI berkemungkinan akan ikut bubar jalan?

Sebagaimana diketahui, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) pada akhirnya telah menuntaskan tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk mengusut Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga

Untuk hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menekankan jika pembentukan TGIPF hanya untuk membuat laporan.

Mahfud MD menjelaskan jika tugas TGIPF telah selesai dan laporan sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2022.

Dalam laporannya, Mahfud MD mengungkapkan bahwa setelah memeriksa 32 CCTV yang berada di Stadion Kanjuruhan, tragedi jauh lebih mengerikan dari video yang beredar di dunia maya.

Baca Juga

Kendati demikian, Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah secara normatif tidak bisa mengintervensi PSSI.

Namun menurut Mahfutd, berdasarkan negara yang memiliki dasar moral dan etik serta adiluhung, sudah sepatutnya jika ketua umum PSSI dan seluruh jajaran komite eksekutif mengundurkan diri.

Hal tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas 712 korban, di mana saat laporan disusun korban meninggal dunia telah mencapai 132 orang, 96 luka berat, 484 luka sedang/ringan yang bisa mengalami dampak jangka panjang.

Baca Juga

Jika pada akhirnya Ketua dan jajaran Komite Eksekutif PSSI mundur, apakah federasi sepak bola Indonesia akan ikut dibubarkan seperti sejumlah negara-negara lainnya?

Berikut INDOSPORT akan mengulas negara-negara yang pernah membubarkan federasi sepak bola mereka.


1. Irak

Presiden Asosiasi Sepak Bola Ghana, Kwesi Nyantakyi.

Pada 2009 silam, FIFA mengungkapkan bahwa keputusan Komite Olimpiade Irak membubarkan pengurus Asosiasi Sepak Bola Irak (IFA) bertentangan dengan peraturan FIFA dan IFA.

Pembubaran itu dilakukan karena Asosiasi Sepak Bola Irak (IFA) memiliki masalah keuangan dan administrasi.

Karena adanya intervensi dari pemerintah, akibatnya FIFA hampir menjatuhkan sanksi. Meskipun pemerintah Irak kukuh jika tindakan tersebut berdasarkan hukum yang berlaku.

Baca Juga

Kenya

Perlu diketahui bahwa Kenya pernah membubarkan Federasi Sepak Bola Kenya (FKY) sebanyak dua kali, yakni pada tahun 2011 dan 2021.

Akar permasalahan dari pembubaran Federasi Sepak Bola Kenya (FKY) karena pemerintah menangkap presiden FKY, Nick Mwendwa atas tuduhan korupsi pada Jumat (12/11/21).

Sebelumnya, FKY juga pernah dibubarkan karena Menteri Olahraga Kenya, Amina Mohamed, tidak melaporkan dana dari pemerintah dan sponsor.

Akibatnya, federasi yang sebelumnya bernama Football Kenya, kemudian berganti menjadi FKF sebagai federasi sepak bola baru.

Baca Juga

Ghana

Pada 2018, Federasi Sepak Bola Ghana (GFA) dibubarkan oleh pemerintah karena tuduhan praktik korupsi dan skandal suap.

Praktik suap tersebut bermula ketika seorang reporter BBC Afrika menyamar sebagai pengusaha dari perusahaan Timur Tengah yang ingin melakukan investasi di sepak bola Ghana.

Dari laporan tersebut, Ketua Federasi Sepak Bola Ghana, Kwesi Nyantakyi, direkam telah menerima suap sekitar Rp904 juta. 


2. Mesir

Pendukung klub sepakbola Al-Ahly protes di luar kantor kejaksaan di Kairo, Mesir.

Seperti Kenya, Mesir juga pernah melakukan pembubaran federasi sepak bolanya sebanyak dua kali yakni, pada 2012 dan 2016.

Pada 2012, Federasi Sepak Bola Mesir (EFA) dibubarkan oleh Perdana Menteri Mesir, Kamal el-Ganzouri, akibat tragedi berdarah yang menyebabkan 74 korban meninggal dunia.

Baca Juga

Selain membubarkan EFA, kepala kepolisian setempat serta Gubernur Port Said memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai rasa tanggung jawab.

Kemudian pada 2016, Federasi Sepak Bola Mesir kembali dibubarkan karena maraknya kasus korupsi dan suap.

Baca Juga

Zimbabwe

Pada 2021 lalu, Federasi Sepak Bola Zimbabwe (ZIFA) dilaporkan terdapat sejumlah pelanggaran yang terjadi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Zimbabwe membentuk SRC yang ditugaskan untuk menangani masalah tersebut.

Baca Juga

Alhasil ditemukan bahwa Federasi Sepak Bola Zimbabwe (ZIFA) terlibat praktik korupsi dan tuduhan pelecehan seksual kepada wasit wanita di sana.

Dengan temuan tersebut, ZIFA pada akhirnya dibubarkan oleh pemerintah Zimbabwe. Hanya saja, pembubaran tersebut tidak mendapatkan sanksi dari FIFA yang membuat mereka tetap ikut di Piala Afrika 2021.

Demikian deretan negara yang pernah membubarkan dan membentuk ulang federasi sepak bolanya, apakah PSSI menjadi federasi selanjutnya di bawah naungan FIFA?

PSSIMahfud MDMochamad IriawanTGIPFTGIPF Tragedi Kanjuruhan

Berita Terkini