x

4 Pemain Jebolan Akademi Atletico Madrid yang Kini Berkarier di Klub-klub Raksasa Liga Inggris

Selasa, 18 Oktober 2022 15:35 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Thomas Partey saat menjalani debut di laga Manchester City vs Arsenal

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain jebolan akademi Atletico Madrid, kini diketahui sedang berkarier di klub-klub raksasa Liga Inggris.

Reputasi Atletico Madrid memang disegani sebagai salah satu tim besar Liga Spanyol. Sedekade terakhir, sudah dua kali Los Rojiblancos merajai LaLiga, musim 2013/14 dan musim 2020/21.

Bahkan, Atletico beberapa kali mampu mengguncang pentas sepak bola Eropa. Musim 2013/14 dan musim 2015/16, skuat asuhan pelatih Diego Simeone mampu menembus partai final Liga Champions (meski berujung akhirnya kekalahan dan harus puas sebagai runner-up).

Baca Juga

Khusus di pentas Liga Europa, prestasi Atletico terlihat lebih sukses lagi. Mereka telah tiga kali merasakan gelar juara, masing-masing musim 2009/10, 2011/12, serta 2017/18.

Terlepas dari segala pencapaian mentereng itu, Atletico juga terlihat memiliki kualitas akademi sepak bola yang lumayan. Sejumlah pemain binaan mereka, kini diketahui sukses berkarier di tim-tim besar Liga Inggris.

INDOSPORT lantas coba mengulas deretan pemain jebolan akademi Atletico Madrid yang saat ini sedang membela klub-klub raksasa Premier League. Simak ulasannya!


1. 1. David de Gea

Penjaga gawang Manchester United, David De Gea.

David de Gea kini sedang menjalani karier bersama klub raksasa Liga Inggris, Manchester United. Ia sudah membela MU sejak musim panas 2011 lalu.

Karier panjang De Gea di Old Trafford ternyata berjalan mengesankan. Ia berulang kali meraih pujian dan penghargaan individu berkat performa apiknya dalam mengawal gawang.

Latar belakang De Gea sendiri diketahui merupakan pemain jebolan akademi Atletico Madrid. Sejak dini, ia dibina di sana, hingga promosi ke tim senior Atletico pada musim panas 2009.

Ketika memperkuat tim senior Atletico, De Gea tercatat tampil sebanyak 84 kali. Ia turut berperan dalam keberhasilan Atletico kala menjuarai Liga Europa musim 2009/10.

Kebersamaan De Gea dengan Atletico berakhir pada musim panas 2011, ketika Man United mengajaknya bergabung. MU membeli De Gea seharga 25 juta euro.

Baca Juga

2. Thomas Partey

Pemain baru Arsenal, Thomas Partey.

Thomas Partey merupakan gelandang tengah yang kini menjadi andalan bagi klub raksasa Liga Inggris, Arsenal.

Peran Partey musim ini terasa begitu spesial, karena berkontribusi besar mengantarkan Meriam London memuncaki klasemen sementara Premier League.

Karier Partey sendiri diketahui termasuk salah satu pemain yang dulu pernah dibina oleh akademi sepak bola Atletico.

Ia ditempa di sana sejak junior, sempat dipinjamkan ke klub-klub lain, hingga dipromosikan pelatih Atletico ke tim utama pada musim panas 2015.

Ketika sudah menembus tim utama, peran Partey perlahan mampu menjadi tulang punggung lini tengah Atletico.

Partey bahkan ikut terlibat dalam keberhasilan Atletico menjuarai dua ajang bergengsi, yakni Liga Spanyol 2020/21 dan Liga Europa 2017/18.

Kebersamaan Partey dengan Atletico lantas berakhir pada musim panas 2020, lantaran ia menerima ajakan Arsenal pindah ke Emirates Stadium.


2. 3. Rodri

Erling Haaland dan Jack Grealish merayakan gol di laga Wolves vs Manchester City. Foto: REUTERS/Peter Powell.

Rodri merupakan sosok gelandang tengah yang karier sepak bolanya dulu pernah dibina oleh akademi Atletico Madrid.

Ia dibina di sana sejak level junior, tapi kemudian dilepas ke Villarreal pada 2013, ketika dirinya memasuki jenjang U-17.

Kemampuan Rodri ternyata berkembang pesat bersama Villarreal, dan dipromosikan masuk ke tim utama pada 2016.

Baca Juga

Dua tahun memperkuat tim utama Villarreal, Rodri pulang lagi ke klub lamanya, ditebus Atletico seharga 20 juta euro.

Hanya setahun berselang, Rodri harus meninggalkan Atletico untuk kedua kalinya, karena ia dipinang oleh raksasa Liga Inggris, Manchester City.

Hingga sekarang, Rodri masih menjalani karier bersama The Citizens dan meraih banyak kesuksesan, seperti dua kali menjuarai Liga Inggris.

Atletico MadridLiga InggrisBola InternasionalThomas Partey

Berita Terkini