x

Latihan Kedua Timnas U-20 di Turki, Shin Tae-yong Genjot Materi Dasar

Selasa, 18 Oktober 2022 18:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 mulai menjalani latihan intens setelah dua hari berada di Turki. Pelatih Shin Tae-yong meminta anak asuhnya menjalankan materi latihan dasar, yakni passing, pada Senin (17/10/22).

Sebanyak 34 pemain yang dibawa ke Turki diminta berkelompok melakukan passing, dilanjut melewati beberapa rintangan. Marselino Ferdinan dkk. juga diinstruksikan untuk menjaga fokus. 

Baca Juga

“Passing satu-dua, fokus,” teriak asisten pelatih timnas Indonesia U-20, Nova Arianto, dalam tayangan latihan di kanal YouTube PSSI.

Sebelumnya, Shin Tae-yong hanya memberikan latihan recovery pada Minggu (16/10/22) setelah melewati perjalanan jauh dari Jakarta menuju Turki.

Pemusatan latihan di Turki merupakan bagian dari persiapan timnas untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Baca Juga

Akan ada beberapa laga uji coba internasional untuk timnas U-20 selama TC di Eropa. PSSI telah berkomunikasi dengan sejumlah klub dan negara Eropa untuk uji tanding.

"Sejumlah negara Eropa akan menjadi lawan uji coba timnas Indonesia U-20 saat pemusatan latihan di Turki dan Spanyol," tutur Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. 

Baca Juga

Selain di Turki, timnas Indonesia U-20 juga akan berlatih di Spanyol. Shin Tae-yong meminta para pemain untuk disiplin selama berada di sana.

"Usai lolos ke Piala Asia U-20 2023, timnas Indonesia kami programkan untuk menjalani pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. Pemain harus bekerja keras, disiplin, fokus dan meningkatkan kemampuannya," kata Shin Tae-yong.


1. Pesan Ketum PSSI

Presiden FIFA, Gianni Infantino usai melakukan pertemuan dengan Ketum PSSI Mochammad Iriawan sekita hampir 2 jam di kantor PSSI GBK Arena, Selasa (18/10/22).

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengingatkan pemain untuk berlatih serius. Mereka dibiayai negara, jadi wajib menunjukan tanggung jawab.

"Saya ingin selama mereka melakukan pemusatan latihan di Turki dan Spanyol bisa jaga diri. Ikuti instruksi pelatih dan jangan berbuat aneh-aneh yang bisa mencoreng tim maupun bangsa Indonesia secara keseluruhan," ujar Iriawan.

Baca Juga

Spanyol dan Turki sebelumnya sudah pernah menjadi destinasi latihan timnas Indonesia U-19 era Pratama Arhan dkk. pada 2020. Ada beberapa lawan yang dihadapi kala itu, yakni Gimnastic Tarragona, Lleida Esportiu, Sabadell U-19 dan Ceuta U-19 (klub Spanyol).

Tak hanya persiapan untuk Piala Dunia U-20 2023, pemusatan latihan di Turki dan Spanyol juga menjadi pemanasan sebelum Piala Asia U-20 2023. 

Baca Juga

Pasalnya, Piala Asia U-20 bergulir lebih awal, yakni Maret tahun depan, sedangkan Piala Dunia U-20 dimainkan pada Mei 2023. 

SpanyolPSSIPiala Dunia U-20TurkiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20One Football

Berita Terkini