x

Sepakat Berpisah dengan Barcelona, Ini Deretan Calon Kuat Klub Baru Frenkie de Jong

Selasa, 18 Oktober 2022 14:25 WIB
Editor: Ilham Oktafian
Frenkie de Jong dan Barcelona dilaporkan sepakat berpisah pada bursa transfer musim dingin 2023 mendatang. Berikut 3 calon kuat klub baru eks Ajax Amsterdam tersebut.

INDOSPORT.COM - Frenkie de Jong dan Barcelona dilaporkan sepakat berpisah pada bursa transfer musim dingin 2023 mendatang. Berikut 3 calon kuat klub baru eks Ajax Amsterdam tersebut.

Sejatinya, isu hengkangnya Frenkie de Jong bukanlah barang baru. Sejak musim lalu, nasibnya di Camp Nou terus diungkit-ungkit.

Baca Juga

Namun, kini rumor tersebut kian menjadi-jadi setelah Barcelona mengalami musim yang jauh dari kata memuaskan di tahun kedua rezim Xavi Hernandez.

Di pentas domestik misalnya, Blaugrana baru saja mengalami kekalahan melakukan dari seteru abadinya, Real Madrid. Barcelona dihajar 3-1 dalam laga yang berlangsung di Santiago Bernabeu itu.

Kekalahan tersebut mempersulit asa Blaugrana menjuarai titel LaLiga. Pasalnya, kini kedua kesebelasan berjarak 3 angka dengan Real Madrid yang memuncaki takhta klasemen.

Baca Juga

Berkaca pada sejarah, Los Blancos akan sulit dihentikan jika sudah menduduki papan teratas. Terlebih, performa Barcelona musim ini masih angin-anginan.

Tak cuma jeblok di pentas domestik, di Eropa pun demikian. Barcelona butuh keajaiban untuk lolos ke fase gugur setelah tercecer di papan ketiga di bawah Bayern Munchen dan Inter Milan.

Blaugrana wajib hukumnya menyapu 2 laga sisa, termasuk menjamu Bayern Munchen sembari berharap I Nerazzurri terpeleset. Penampilan Barcelona rupanya bikin para petinggi klub geram.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan, musim panas lalu Barcelona sudah jor-joran di saat klub masih dilanda krisis, sayangnya hasilnya masih jauh dari kata memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan pelik ini, Fichajes mengklaim jika Barcelona akan menjual pemain dalam waktu dekat.

Frenkie de Jong menjadi nama teratas dalam daftar. Menurut media yang berbasis di Spanyol itu, De Jong pun setuju untuk berpisah lantaran klubnya di ambang tak lolos fase 16 besar. Berikut 3 calon kuat klub baru De Jong.


1. 1. Chelsea

Frenkie de Jong

Klub pertama yang berpotensi besar mendapatkan service De Jong adalah Chelsea. Alasannya jelas, The Blues ditunjang dana yang melimpah dari Todd Boehly.

Menurut rumor yang berkembang, Barcelona akan menghargai De Jong dengan mahar yang sama di saga transfer musim panas lalu, yakni sekitar 75-80 juta euro.

Baca Juga

Jumlah setara Rp1,2 Triliun tersebut dirasa tak akan jadi persoalan bagi Chelsea yang sudah berinvestasi besar-besaran sejak ditinggal Roman Abramovich.

Di samping alasan finansial, The Blues sendiri memang membutuhkan gelandang seperti Frenkie de Jong untuk menambal kepergian Jorginho dan N'Golo Kante.

Diketahui jika kedua pemain ini tak akan disodori perpanjangan kontrak dan Chelsea akan melepasnya secara gratisan akhir musim ini.

Baca Juga

Chelsea diisukan akan fokus menggaet 2 gelandang anyar. Dan De Jong bisa menjadi salah satu dari dua nama tersebut.

De Jong diyakini akan mau pindah ke Stamfoed Bridge. Pasalnya, di bawah tangan dingin Graham Potter Chelsea tampil mengganas dan belum tersentuh kekalahan, baik di Liga Inggris maupun Liga Champions.

Prospek yang menjanjikan tersebut bisa membuat De Jong luluh andai The Blues benar-benar melayangkan proposal untuk menebusnya.

Baca Juga

Sejatinya, rumor merapatnya De Jong ke Chelsea sudah terjadi sejak musim lalu, saat Tim Biru London masih diampu Thomas Tuchel.

Namun kala itu kepindahannya gagal terwujud setelah De Jong memprioritaskan untuk tinggal di Camp Nou. Padahal Chelsea sudah menyiapkan anggaran untuk memboyongnya.


2. 2. Manchester United

Pemain Barcelona, Frenkie De Jong, saat dikawal ketat pemain Victoria Plzen di Liga Champions.

Setan Merah menjadi klub berikutnya yang berpotensi jadi pelabuhan baru De Jong. Bukan tanpa sebab, Erik ten Hag sudah menjadikannya target nomor satu sejak ia ditunjuk jado pelatih anyar Manchester United.

Bahkan, musim panas lalu kepindahan De Jong nyaris terwujud andai Manchester United main di Liga Champions.

Baca Juga

Kini dengam situasi Barcelona yang tengah amburadul, De Jong bisa mengubah keputusannya dan bisa reuni dengan Ten Hag.

Nantinya, ia bisa menjadi pengganti Christian Eriksen yang sudah memasuki usia senja. Atau De Jong bisa menggantikan Casemiro yang masih belum nyetel dengan Setan Merah.

Diyakini, De Jong akan langsung padu jika bergabung dengan Manchester United. Ten Hag yang sudah mengenalnya sejak di Ajax Amsterdam akan kembali menjadikannya sebagai pusat permainan.

Baca Juga

3. Liverpool

Klub selanjutnya yang diprediksi bakal dituju De Jong adalah Liverpool. Sama seperti Chelsea, saat ini The Reds membutuhkan gelandang anyar untuk menggantikan peran Jordan Henderson dan James Milner.

Di samping itu, kedatangan gelandang anyar juga dapat mengatasi krisis cedera yang dialami oleh pasukan Jurgen Klopp.

Diketahui saat ini stok pemain tengah Liverpool tak banyak. Arthur Melo yang baru diboyong dari Juventus divonis menderita cedera yang mengharuskannya absen hingga 3 bulan lamanya.

Baca Juga

Situasi tersebut diperparah dengan belum kembalinya nama-nama lain seperti Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain hingga Curtis Jones. Tak ayal, jika The Reds mengalami masalah serius dalam hal kedalaman skuat.

De Jong bisa mengatasi permasalahan The Reds. Terlebih, Jurgen Klopp juga diisukan menjadi pengagum berat De Jong. Masih harus dilihat apakah petinggi Liverpool mau menggelontorkan dana segar untuk membawa De Jong ke Anfield.

Bursa TransferManchester UnitedLiverpoolChelseaBarcelonaFrenkie de Jong

Berita Terkini