x

5 Penjaga Gawang yang Layak Dinanti Kesaktiannya di Piala Dunia 2022

Senin, 24 Oktober 2022 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Thibaut Courtois (kanan), saat bermain untuk Timnas Belgia. Foto: LLUIS GENE/POOL/AFP via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Melihat potensi sejumlah penjaga gawang yang bakal bersinar di Piala Dunia 2022, termasuk andalan Real Madrid, Thibaut Courtois.

Sebanyak 32 tim saat ini tengah mempersiapkan diri untuk berlaga di putaran grup bulan November nanti, dalam upayanya menjadi yang terbaik di kompetisi akbar FIFA empat tahunan ini.

Baca Juga

Dari 32 tim yang terbagi dalam 8 grup tersebut, sejumlah negara seperti Brasil, Inggris, Portugal, pun tidak ayal menjelma sebagai kandidat juara atau setidaknya lolos sampai semifinal.

Qatar selaku tuan rumah menghuni Grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda, sedangkan para tim unggulan yang menduduki peringkat-peringkat tinggi FIFA, tersebar di sejumlah grup berbeda.

Bahkan bisa dibilang, sebaran kekuatan grup Piala Dunia 2022 termasuk merata - dibuktikan dengan tidak adanya grup neraka yang benar-benar ‘neraka’ meski beranggotakan sejumlah tim favorit.

Baca Juga

Mencetak banyak gol tentu misi utama para kontestan demi memastikan kemenangan ada di tangan mereka.

Akan tetapi, peran kiper sampai kapan pun juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka juga punya kontribusi penting dalam menjaga gawang tim agar tetap perawan.

Belum lagi, saat tim harus beranjak ke babak adu penalti yang pastinya menegangkan. Kemampuan seorang penjaga gawang pun akan benar-benar diuji - terlepas para eksekutor yang menendang bola.

Baca Juga

Untuk itu, mari mengintip sejenak calon-calon kiper yang punya peluang bersinar di Piala Dunia 2022 nanti bersama timnas negaranya.

Siapa saja?


1. Ada Andalan Belgia dan Argentina

Thibaut Courtois (kanan), saat bermain untuk Timnas Belgia. Foto: LLUIS GENE/POOL/AFP via Getty Images.

Thibaut Courtois

Meski sempat membuat banyak suporter sakit hati saat angkat kaki dari Chelsea, kiper Timnas Belgia ini telah menunjukkan kapabilitasnya bersama raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Tidak jarang, ia menunjukkan penampilan luar biasa sampai membuat pemain lawan kewalahan saat berusaha membobol gawangnya.

Baca Juga

Percobaan demi percobaan dibuat, namun gawang Real Madrid sangat sulit ditembus. Ambil saja satu contoh saat pertandingan final Liga Champions 2021-2022 melawan Liverpool.

Thibaut Courtois tampil sebagai salah satu kontibutor berharga dalam kemenangan Los Blancos saat itu di Paris.

Saat Vinicius Jr berhasil mencatatkan gol, sang kiper menjaga pertahanan terakhir tim dengan sangat baik hingga seorang Mohamed Salah saja pun dibuat tidak berkutik.

Baca Juga

Emiliano Martinez

Salah satu pemain Timnas Argentina yang berkontribusi penting dalam keberhasilan Lionel Messi cs menjuarai Copa America 2021.

Ia melakukan penyelamatan berharga dan mencetak clean sheet di final.

Bahkan, penampilannya yang impresif sepanjang turnamen membuatnya dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik Copa America 2021.

Baca Juga

Setelah itu, sepak terjangnya bersama Timnas Argentina juga mengundang decak kagum dari publik, termasuk membantu tim mencatatkan rekor tanpa kalah di 35 pertandingan beruntun.

Mereka bahkan membekuk Italia dengan skor 3-0 di Finalissima beberapa waktu lalu. Kini, Emiliano Martinez pun siap menggebrak panggung Piala Dunia 2022 dan menunjukkan kembali kehebatannya.

 

2. Ada Kiper Tangguh Jerman dan Duo Hebat Brasil

Manuel Neuer adalah kiper tangguh Timnas Jerman dan Bayern Munchen. Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach.

Manuel Neuer

Bukan nama yang asing jika membahas daftar penjaga gawang terbaik di seluruh dunia. Sepak terjang pemain yang satu ini pun sudah sangat teruji dari masa ke masa.

Tidak hanya lihai menghalau bola, Manue Neuer juga terkenal dengan kemampuannya melakukan sweeping dengan penuh keberanian.

Baca Juga

Tidak heran tentunya, apabila ia akhirnya dinobatkan sebagai sweeper keeper terbaik yang pernah ada di jagat sepak bola.

Piala Dunia 2022 pun akan jadi panggung besar baginya untuk membawa Timnas Jerman melaju jauh di turnamen.

Hanya saja, Hansi Flick selaku pelatih utama mungkin akan sedikit pusing lantaran ia juga punya opsi kiper bagus dalam diri Marc-Andre ter Stegen. Mari kita lihat saja nanti.

Baca Juga

Ederson dan Alisson Becker

Dilema dan kegalauan serupa mungkin juga akan dirasakan pelatih Timnas Brasil, Tite, yang memiliki dua kiper andal di timnya, Ederson dan Alisson Becker.

Dua pemain ini sama-sama tampil apik sebagai andalan di klub masing-masing, Manchester City dan Liverpool.

Mereka adalah kiper utama bagi Pep Guardiola dan Jurgen Klopp, namun di sisi lain bakal membuat Tite pusing tujuh keliling di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Siapa pun yang nanti mendapat kesempatan yang lebih besar untuk unjuk gigi di Qatar, Timnas Brasil patut lega dan bangga, bahwa mereka punya dua penjaga gawang yang semuanya bisa diandalkan.

Pilih Ederson atau Alisson?

Thibaut CourtoisManuel NeuerPiala Dunia 2022KiperEmiliano MartinezBola InternasionalEdersonAlisson BeckerOne FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini